Tak Banyak yang Tahu, 8 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan - Bisa Jadi Antidepresan

Minggu, 09 Agustus 2020 10:22 Penulis: Puput Saputro
Tak Banyak yang Tahu, 8 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan - Bisa Jadi Antidepresan
Manfaat Kapulaga (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kapulaga merupakan salah satu rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan khas nusantara. Pada masakan, kapulaga bisa memberikan sensasi segar dan menyegarkan pada makanan. Selain digunakan sebagai bumbu, rempah-rempah ini juga kerap digunakan sebagai obat tradisional. Tak mengherankan, sebab memang terdapat beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan.

Namun, selama ini kapulaga memang lebih sering digunakan sebagai bahan masakan. Oleh karena itu, tak banyak orang yang tahu apa saja manfaat dari tanaman yang dimanfaatkan bagian bijinya ini. Padahal, kapulaga mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahkan, tak hanya kesehatan fisik saja, melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan mental atau psikis.

Lantas, apa sajakah manfaat kapulaga untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Baik untuk Pencernaan

Dikenal sebagai rempah-rempah berbentuk biji, kapulaga ternyata menyimpan banyak kandungan serat yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, serat merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan agar pencernaan tetap lancar. Mengonsumsi kapulaga dipercaya bisa mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Bahkan, konsumsi kapulaga secara rutin juga dipercaya akan memberi manfaat yang lebih luar biasa. Pasalnya, kapulaga dipercaya bisa mengatasi wasir atau pembuluh darah di area dubur yang membengkak, mengontrol asam lambung, mengobati sakit perut, dan meningkatkan nafsu makan.

2. Bersifat Antiinflamasi

Kapulaga mempunyai sifat antiinflamasi. Artinya, rempah-rempah ini sangat berkhasiat dalam menghentikan peradangan. Bahkan, yang sudah bersifat kronis sekalipun. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang memanfaatkan kapulaga untuk mencegah penyakit kronis, seperti kanker, hipertensi, bahkan diabetes melitus. Selain itu, dengan sifat antiinflamasi yang dimiliki, kapulaga jadi cukup efektif mengatasi berbagai nyeri, seperti sakit kepala, nyeri sendi, dan nyeri otot.

3. Menjaga Kesehatan Mulut dan Saluran Tenggorokan

Seperti yang sudah disinggung di awal, pada makanan atau minuman kapulaga memberikan sensasi pedas, hangat, dan menyegarkan. Efek ini akan sangat cocok untuk melegakan tenggorokan, serta untuk membersihkan mulut.

Tak hanya itu, sifat antiinflamasi yang terdapat dalam kapulaga juga membuatnya efektif untuk mengobati sariawan, sakit gigi, gusi bengkak, bahkan radang tenggorokan. Meminum air rebusan kapulaga juga diyakini akan membuat napas menjadi lebih segar. Sehingga cocok bagi kalian yang mengalami masalah bau mulut.

4. Baik untuk Tulang

Dalam kapulaga, terdapat kandungan vitamin C dan mangan yang baik untuk kesehatan tulang. Keduanya sangat bermanfaat untuk membuat tulang tetap sehat dan padat. Konsumsi kapulaga secara rutin dipercaya bisa membuat tulang senantiasa kuat dan terhindar dari ancaman osteoporosis.

5. Baik untuk Ginjal dan Saluran Kencing

Manfaat kapulaga berikutnya berkaitan dengan kesehatan ginjal dan saluran kencing. Kapulaga mempunyai sifat diuretik, sehingga akan berguna bagi ginjal dan saluran kencing. Konsumsi kapulaga dipercaya bisa menjaga kesehatan ginjal, karena akan menjauhkan kita dari risiko peradangan di area ginjal. Selain itu, kapulaga juga diyakini bisa menjaga kelancaran saluran kencing.

6. Mengatasi Stres

Meski tidak termasuk penyakit yang menyerang secara fisik, stres tetap tak bisa dianggap sepele. Terlebih, jika kalian termasuk orang yang mudah merasa stres karena tuntutan pekerjaan atau permasalahan hidup lainnya. Sebab, meski menyerang otak atau psikis, stres juga bisa berakibat pada kesehatan fisik. Itulah sebabnya, stres harus segera mungkin di atasi.

Untungnya, manfaat kapulaga salah satunya ialah bisa mengatasi stres. Ya, kapulaga ternyata mempunyai sifat antidepresan yang bisa meredakan stres. Pasalnya, menghirup aroma harum dari rempah-rempah ini dipercaya bisa memberi efek rileks dan menenangkan.

7. Melegakan Pernapasan

Selain memberi efek rileks, aroma menyegarkan kapulaga ternyata juga berkhasiat untuk melegakan pernapasan. Dilansir dari healthline.com, Kandungan senyawa dalam kapulaga diyakini bisa melancarkan aliran udara ke paru-paru, sehingga pernapasan lebih menjadi lega dan lancar. Bahkan, kandungan senyawa dalam kapulaga juga disebut-sebut berpotensi untuk mengobati asma.

8. Mengatasi Ejakulasi Dini

Kapulaga ternyata bisa jadi rempah atau herbal yang baik untuk dikonsumsi pria yang mengalami masalah seksualitas, seperti ejakulasi dini. Sebab, ternyata, kapulaga bisa jadi salah satu cara untuk mengatasinya. Hal ini dikarenakan kapulaga mempunyai sifat afrosidiak yang dipercaya bisa mencegah ejakulasi dini. Bahkan, tak hanya itu saja sifat ini juga diyakini bisa meningkatkan seksualitas pada pria.

Nah itulah di antaranya beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan. Terbukti, rempah-rempah satu ini tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan. Bagaimana apa kalian tertarik mencoba manfaatnya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI