10 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Jum'at, 27 November 2020 18:33 Penulis: Dhia Amira
10 Manfaat Kismis Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Manfaat kismis (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kismis merupakan anggur kering yang sering kita temui pada bolu, roti, hingga sereal. Rasanya yang manis dan asam membuat kismis sangat disukai banyak kalangan. Bahkan kismis menjadi salah satu pendamping untuk makanan manis yang populer. Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata manfaat kismis untuk kesehatan tubuh ada banyak loh KLovers.

Kismis sendiri sudah ada sejak abad ke-11 sebelum masehi dan menjadi makanan yang baik dikonsumsi hingga saat ini. Tak hanya memiliki bentuk yang tidak cantik, nyatanya sudah banyak yang membuktikan khasiat kismis juga sangat bagi dalam memberikan kesehatan hingga menutrisi tubuh.

Penasaran apa saja ya kira-kira manfaat kismis untuk kesehatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat kismis bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kismis yang pertama yaitu untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang sehat, menjadi salah satu tanda tubuh yang sehat pula. Hal ini karena kismis memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tidak heran bila kismis dapat melancarkan pencernaan. Serat pada kismis dapat membantu pencernaan agar lancar dan terhindar dari sembelit yang parah.

Kalian bisa mengonsumsi kismis di pagi hari sebagai makanan untuk sarapan agar pencernaan kalian lancar. Selain melancarkan pencernaan kismis juga dapat memberikan rasa kenyang sementara, karena kandungan serat serta gula lebih di pagi hari dibanding dengan protein.

 

 

2. Anti Kanker

Manfaat kismis yang kedua yaitu menjadi anti kanker, hal ini karena di dalam kismis terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan inilah yang akan melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyerang tubuh. Bila sel tubuh terserang maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya yaitu kanker.

Selain itu antioksidan juga sangat baik untuk metabolisme tubuh. Hal ini karena antioksida dapat menambah dan memperkuat metabolisme tubuh dan membuat tubuh menjadi sehat. Sehingga tidak ada salahnya mengonsumsi kismis secara rutin dengan takaran yang baik dan tidak berlebihan untuk menghindari risiko terkena penyakit kanker.

 

 

3. Mencegah Anemia

Selain anti kanker, ternyata kismis juga dapat mencegah anemia loh KLovers. Hal ini karena di dalam kismis terdapat kandungan zat besi yang cukup untuk tubuh. Anemia sendiri disebabkan oleh kurangnya kadar hemoglobin di dalam tubuh, sementara itu zat besi adalah mineral yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobin.

Itulah mengapa bila seseorang memiliki penyakit anemia harus mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi. Selain itu kismis juga baik untuk ibu hamil, karena ibu hamil yang kekurangan zat besi lebih rentan mengalami proses persalinan prematur dan melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Tak itu saja, bila seorang ibu hamil kekurangan mineral maka akan rentan terkena infeksi, yang akan membahayakan ibu dan juga sang bayi. Tetapi perlu diingat bahwa jangan mengonsumsi kismis secara berlebihan, karena kandungan gula pada kismis juga sangat tinggi. Konsumsi dengan takaran yang benar agar kismis dapat bermanfaat dengan baik di dalam tubuh.

 

 

4. Kesehatan Tulang dan Gigi

Kesehatan tulang dan gigi memang sangatlah penting, apalagi bagi anak dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena, tulang dan gigi yang sehat mampu mengurangi risiko pengeroposan untuk masa yang akan datang. Selain mengonsumsi susu, kalian juga bisa loh mendapatkan nutrisi tulang dan gigi dengan manfaat kismis.

Hal tersebut karena, kismis memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti, asam oleanolat, asam linoleat, dan asam linolenat yang memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini dapat bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

Selain itu, kismis mengandung kalsium dan boron. Kedua mineral ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian kalian. Bahkan mineral ini juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia.

 

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung memang menjadi salah satu organ vital yang penting untuk dijaga kesehatannya. Selain berolahraga, pola hidup sehat yang lainnya yaitu mengonsumsi makanan yang sehat bagi jantung. Dan makanan tersebut salah satunya ada kismis. hal itu karena, kismis memiliki kandungan antioksida berupa fenol dan polifenol yang tinggi dalam menangkal radikal bebas.

Radikal bebas berlebih yang dibiarkan begitu saja akan berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA kalian. Kondisi ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu, kismis adalah makanan rendah sodium yang juga mengandung sumber kalium yang baik, yang membantu pembuluh darah rileks.

 

 

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Tak hanya itu kesehatan tubuh saja, nyatanya manfaat kismis yang lainnya juga dapat menjaga kesehatan untuk kulit loh. Selain karena antioksidan yang baik untuk kulit, ada pula kandungan selenium, zinc, dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan kulit kalian. Dan membuat kulit terlihat lebih cerah, halus dan juga segar.

Selain dikonsumsi langsung secara rutin, kalian juga bisa menjadikan kismis sebagai masker wajah. Caranya kalian hanya perlu menghaluskan kismis dengan yogurt atau madu hingga membentuk adonan. Kemudian diamkan di kulkas sejenak agar adonan dingin, lalu oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Bila sudah 30 menit, bilas wajah dengan air bersih.

 

 

7. Mengendalikan pH Tubuh

Tubuh memang memiliki pH, dan harus dikendalikan dalam kadar normal. Itu karena jika kondisi cairan tubuh terlalu asam atau terlalu basa, hal ini akan berdampak pada fungsi organ tubuh dan kerja metabolisme tubuh. Sebab, organ-organ tubuh hanya bisa berfungsi pada kondisi pH tertentu saja.

Dan kadar tersebut berkisar dari 0 hingga 14. Dengan rincian 0 yang paling asam, 7 netral dan 14 yang paling basa. Sehingga salah satu cara tubuh mengatur pH dengan baik dan alami adalah mengonsumsi kismis. Itu karena kismis kaya akan mineral yang bersifat basah atau alkalin, seperti potasium, zat besi, tembaga, dan magnesium, yang mampu menetralkan keasaman di dalam tubuh kalian.

 

 

8. Menetralkan Asam Lambung

Asam pada lambung memang dapat dialami oleh siapa saja. Dan hal ini terjadi karena seseorang salah mengonsumsi makanan, atau terlambat untuk makan sehingga asam lambung naik. Namun tenang, kalian bisa kok menurunkan asam lambung dengan menggunakan manfaat kismis. Itu karena di dalam kismis terdapat mineral yang bersifat basa seperti potasium, zat besi, tembaga, dan magnesium, yang mampu menetralkan keasaman di perut.

Sehingga bila kalian merasakan asam lambung naik, maka kalian bisa langsung mengonsumsi kismis sebagai penanganan awal secara alami. Dan kismis juga baik digunakan untuk seseorang yang sedang diet. Karena serat dan kadar gula yang tinggi pada kismis dapat memberikan rasa kenyang serta energi lebih pada tubuh. Lalu kandungan asam yang ada pada kismis juga mampu menangani asam lambung ketika terlambat untuk makan.

 

 

9. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kismis yang selanjutnya yaitu, mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Tekanan darah yang tinggi memang sangat berbahaya bagi tubuh, bila naik maka akan membuat seseorang terkena penyakit stroke hingga jantung. Ada banyak sekali makanan yang baik dalam menurunkan tekanan darah, salah satunya kismis.

Hal tersebut karena, kismis mengandung potasium yang mampu mengurangi risiko terkena stroke. Kalian bisa mengonsumsi kismis sebanyak tiga kali sehari agar menurunkan tekanan darah. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal ya KLovers.

 

 

10. Menjaga Kesehatan Mata

Dan manfaat kismis yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan pada mata dengan baik. Hal ini karena kandungan antioksidan polifenol yang terdapat dalam kismis mampu melindungi sel mata dari radikal bebas. Serta mencegah mata terkena penyakit, seperti katarak maupun berkurangnya penglihatan karena faktor usia.

Kalian biasa mengonsumsi kismis dari sekarang untuk menghindari penyakit mata, dan dapat menjadi salah satu makanan untuk para lansia yang ingin memberikan kesehatan pada mata mereka. Tetapi perlu diingat bahwa tidak mengonsumsi secara berlebihan dan harus dengan takaran yang baik untuk tubuh.

Itulah 10 manfaat kismis bagi kesehatan tubuh. Perlu diingat juga bahwa kismis tidak akan bermanfaat dengan maksimal bila tidak dibarengi dengan olahraga serta pola hidup yang sehat. Jadi selamat mencoba KLovers.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI