7 Manfaat Ampas Teh untuk Kehidupan Sehari-Hari, Bantu Urusan Rumah Tangga

Senin, 08 Juni 2020 13:11 Penulis: Dhia Amira
7 Manfaat Ampas Teh untuk Kehidupan Sehari-Hari, Bantu Urusan Rumah Tangga
Manfaat sisa teh (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Teh merupakan salah satu minuman favorit yang terbuat dari daun teh dan menjadi salah satu minuman kesehatan. Teh memiliki banyak jenis, dan jenis tersebut dilihat dari tanaman serta bagian dari tanaman tersebut. Ada teh yang terbuat dari pucuk pilihan, bagian yang banyak terkena sinar matahari, bagian batang, atau bagian dari daun teh yang telah terkena dua kali penyaringan. Tak hanya minumannya saja yang memiliki banyak manfaat, ternyata manfaat ampas teh juga sangat baik bila digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Selain dari daun teh, ada pula teh yang terbuat dari tanaman bunga seperti teh berjenis chamomile, teh hibiscus, dan masih banyak lagi yang tentunya juga memiliki banyak manfaat. Sudah mengetahui bahwa sisa teh banyak digunakan sebagai produk kecantikan.

Tetapi selain untuk kecantikan, manfaat ampas teh juga bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari loh. Apa saja manfaat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 manfaat sisa teh untuk kehidupan sehari-hari yang wajib diketahui bila kalian pecinta teh.

 

1. Menghilangkan Kerak Hitam Pada Wajan

Manfaat ampas teh yang pertama yaitu dapat menghilangkan kerak hitam pada wajan atau gosong. Bila kalian memiliki wajan atau barang-barang rumah tangga yang terkena kerak gosong akibat memasak, maka kalian dapat menggunakan sisa teh untuk menghilangkannya. Dan tentu saja gosong pada wajan atau peralatan masak akan hilang dengan mudah tanpa harus digosok secara berulang-ulang dengan keras.

Caranya yaitu, rendam wajan dengan air yang telah diberikan sisa teh berupa ampas, semakin banyak teh semakin baik. Lalu biarkan semalaman, maka bekas gosong yang sulit untuk dibersihkan akan menghilang. Bila masih ada sisa-sisa yang menempel sedikit, maka bisa kalian sikat secara perlahan. Dan selesai, peralatan masak kalian akan menjadi seperti baru.

2. Membuat Sepatu Lebih mengkilat

Selain dapat membuat wajan seperti baru, ternyata manfaat ampas teh selanjutnya yaitu dapat membuat sepatu nampak seperti baru juga. Bila kalian memiliki sepatu kulit, maka kalian bisa menggunakan sisa teh untuk membuat sepatu tersebut terlihat baru kembali. Dan tentu saja cara ini sama seperti kalian akan semir sepatu. Hanya saja teh merupakan bahan alami yang aman digunakan untuk merawat sepatu kalian.

Dan cara yang digunakan cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan sisa teh berupa ampas pada sepatu kalian, lalu gosok secara perlahan dan menyeluruh. Bila sudah, lap sepatu menggunakan kain yang kering dan sepatu akan terlihat seperti baru serta mengkilat.

3. Membersihkan Kaca

Tak hanya membuat sepatu mengkilat dan juga baru, ternyata manfaat ampas teh juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca loh. Biasanya bila kita membersihkan kaca hanya dengan menggunakan air, maka kaca masih terlihat tidak bersih bahkan akan membuat bekas air pada kaca. Hal itu tentu akan membuat kaca terlihat tidak mengkilat dan bersih. Walaupun sudah banyak bahan kimia yang bisa membersihkan kaca, tak ada salahnya bila kita menggunakan bahan alami untuk membersihkan kaca dengan mudah.

Dan cara menggunakannya yaitu, siapkan sebuah botol dan isi dengan air serta sisa teh berupa ampasnya, lalu kocok secara perlahan agar teh dan air tercampur. Lalu semprotkan air teh tersebut pada kaca, dan lap kaca menggunakan kertas ataupun koran, maka kaca kalian akan bersih dengan seketika.

4. Meredakan Iritasi

Selain berguna untuk peralatan, ternyata ampas teh juga dapat meredakan iritasi pada kulit loh. Hal ini karena, teh merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk menyejukkan serta mendinginkan kulit yang terkena iritasi. Iritasi tersebut seperti terbakar matahari atau tak sengaja memegang benda panas tanpa menimbulkan luka bakar, maka kalian bisa menggunakan sisa teh sebagai penanganan awal serta pengobatan yang bisa digunakan.

Pertama, bila kalian ada sisa teh kantung maka jangan dibuang. beri sedikit air dingin dan oleskan pada kulit yang terkena iritasi selama 30 menit, maka kulit yang terkena iritasi akan mereda. Bila keesokan harinya belum membaik, maka dapat kalian lakukan lagi hingga iritasi menghilang.

5. Mengurangi Kantung Mata

Ternyata manfaat ampas teh selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai produk kecantikan untuk mengurangi kantung mata. Bila kalian memiliki kantung mata yang berlebihan di usia muda, atau takut memiliki kantung mata maka kalian dapat menggunakan sisa teh untuk mengurangi kantung mata. Hal ini bukanlah mitos ya KLovers, karena dalam sisa teh terkandung flavonoid yang merupakan antioksidan serta tanin untuk mengurangi kelenjar mata yang membengkak.

Cara menggunakan sisa teh pada mata bengkak cukup mudah, kalian hanya perlu kompres mata kalian menggunakan teh kantong sisa selama 30 menit, bila sudah bisa kalian angkat dan bersihkan. Lakukan hal tersebut 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Meredakan Minyak Berlebih

Selain mengurangi kantung mata, manfaat ampas teh selanjutnya yaitu dapat meredakan minyak berlebih pada wajah. Bila kalian memiliki kondisi wajah dengan minyak berlebih, maka menggunakan sisa teh akan mengurangi minyak tersebut. Hal ini karena di dalam ampas teh terdapat bioaktif dengan sifat anti bakteri yang dapat mengecilkan pori-pori sehingga minyak berlebih bisa berkurang. Tak hanya itu saja, kantung teh ini juga dapat menghilangkan jerawat pada kulit akibat pori-pori besar dan minyak berlebih.

Dan cara menggunakannya yaitu, Pertama basahi ampas teh sisa dengan menggunakan air hangat. Lalu berikan madu dan aduk rata, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

7. Menyuburkan Tanaman

Dan manfaat ampas teh yang terakhir yaitu untuk menyuburkan tanaman. Bila kalian suka dengan bercocok tanam, maka kalian bisa menggunakan teh sebagai pupuk untuk tanaman kalian. Hal tersebut karena, sisa teh berupa teh kantung akan menciptakan bakteri asam sehingga menghambat penguraian. Dan proses ini juga sama seperti pupus kompos yang sering digunakan. Maka dari itu tak ada salahnya menggunakan sisa teh untuk menyuburkan tanaman kalian.

Dan caranya cukup mudah, kalian hanya perlu meletakkan kantung teh tersebut di dalam pot berisi tanah dan tanaman, maka sisa teh tersebut dapat mengurai menjadi asam yang bisa menyuburkan tanaman kalian.

Itulah 7 manfaat ampas teh untuk kehidupan sehari-hari kalian. Tak hanya membuat barang terlihat baru, membersihkan rumah, serta menjadi obat kecantikan alami, nyatanya teh juga dapat menyuburkan tanaman. Itulah mengapa teh memiliki segudang manfaat kesehatan, kecantikan serta kehidupan bagi manusia yang memanfaatkannya dengan baik.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI