10 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Bisa Lakukan di Rumah

Selasa, 09 Juni 2020 13:22 Penulis: Nurul Wahida
10 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Bisa Lakukan di Rumah
Cara membersihkan karang gigi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Karang gigi membandel dan mengeras sebagian besar bisa menyebabkan risiko kesehatan pada gigi jika tak diatasi segera. Selain itu adanya karang gigi juga dapat mengganggu penampilan serta membuat rasa percaya diri menurun. Namun sebenarnya ada cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras secara alami. Cara ini bahkan bisa dilakukan secara rutin di rumah.

Karang gigi merupakan plak pada gigi yang mengeras dan terbentuk dari bakteri yang bercampur dengan protein serta sisa makanan. Karang gigi tersebut muncul dan melapisi gigi terutama pada sela-sela gusi serta garis gigi. Biasanya karang gigi tersebut berwarna kekuningan hingga cokelat.

Apabila karang gigi tidak segera dibersihkan secara teratur dapat dimungkinkan menyebabkan masalah pada gigi. Salah satunya adalah gigi berlubang, sebab bakteri tersebut bisa saja merusak email gigi. Sehingga membersihkan karang gigi secara teratur perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Lalu bagaimana cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras?

Adapun cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras bisa dilakukan secara alami. Untuk mengetahui cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras, yuk simak beberapa ulasan di bawah ini. Berikut cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras secara alami bersumber dari halaman webmd.com, carefreedental.com.

 

1. Gunakan Soda Kue

Cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras secara alami salah satunya dapat dilakukan memakai soda kue. Meski terbilang sederhana, soda kue rupanya miliki kandungan yang bersifat abrasif untuk membersihkan plak gigi sehingga efektif untuk menghilangkan karang gigi. Caranya cukup mudah untuk dilakukan di rumah, berikut langkahnya:

- Siapkan satu sendok makan soda kue.

- Ambil sedikit garam.

- Campurkan kedua bahan tersebut, lalu ambil sikat gigi dan celupkan ke dalam campuran bahan.

- Gunakan untuk menggosok gigi lalu bilas sampai bersih seperti biasanya.

2. Gunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras selanjutnya bisa memakai pasta gigi yang mengandung fluoride. Zat ini sebenarnya berperan untuk mencegah gigi berlubang serta gigi rusak yang biasanya disebabkan oleh bakteri pada karang gigi.

Sejumlah produk di pasaran memiliki kandungan fluoride yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun fluoride tersebut tidak boleh digunakan untuk anak-anak serta jangan ditelan.

3. Rutin Sikat Gigi

Sikat gigi bukan saja bermanfaat agar nafas tetap segar, namun dapat juga digunakan untuk membersihkan karang gigi. Kalian bisa melakukan perawatan membersihkan karang gigi tersebut dengan menyikat gigi secara rutin.

Tentunya sikat gigi rutin ini bisa mencegah karang gigi yang membandel serta mengeras. Setidaknya lakukan sikat gigi setelah makan dengan rutin agar mengurangi munculnya karang gigi. Sikat gigi tersebut bisa sebaiknya dilakukan secara merata dan menyeluruh selama kurang lebih 3 menit.

4. Lidah Buaya dan Gliserin

Bukan rahasia lagi manfaat lidah buaya sangat baik untuk kesehatan. salah satunya bisa digunakan sebagai cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras. Untuk menggunakannya kalian bisa ikuti beberapa langkah berikut:

- Siapkan secangkir air dan secangkir soda kue.

- Siapkan satu sendok teh gel lidah buaya.

- Tambah minyak atsiri lemon.

- Empat sendok teh gliserin sayuran.

- Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu gunakan sebagai pasta menggosok gigi.

- Lakukan sikat gigi secara rutin dan dapatkan gigi putih bersih terbebas dari karang gigi.

5. Gunakan Kulit Jeruk

Cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras dapat juga menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk ini bisa dipakai untuk menggosokkan langsung ke gigi yang miliki karang membandel. Cara lainnya juga bisa digunakan dengan cara menghaluskan karang gigi tersebut lalu menempelkan pada karang gigi tersebut. Diamkan beberapa saat lalu bersihkan gigi dengan air.

6. Scrub Biji Wijen

Biji wijen yang biasanya digunakan untuk bahan makanan, rupanya bisa dipakai sebagai cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras. Untuk menggunakan biji wijen tersebut ikuti beberapa langkah berikut:

- Siapkan biji wijen secukupnya.

- Kunyah biji wijen tersebut namun jangan menelannya.

- Gosok menggunakan sikat gigi kering saat biji wijen masih ada di mulut.

- Cara ini bisa digunakan sebagai scrub untuk membersihkan karang gigi.

- Namun hati-hati saat menggosok agar tak melukai gusi.

7. Mengunyah Buah Ara

Buah ara mungkin sedikit asing terdengar, namun manfaatnya bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras. Namun sebelum mengonsumsi buah ara sebaiknya ketahui dulu apakah kalian memiliki alergi tertentu pada buah ini. Sebab pada beberapa orang buah ini dapat menyebabkan alergi yang disebabkan oleh lateks atau serbuk pohon ara.

Kalian bisa mengunyah buah ara tersebut secara perlahan untuk memicu produksi air liur yang miliki sifat anti bakteri. Cara ini dapat membuat karang gigi perlahan mulai pudar.

8. Berkumur dengan Cuka

Mungkin terasa tidak enak berkumur dengan cuka yang miliki rasa asam serta bau tak sedap. Namun rupanya cara tersebut bisa membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras. Untuk menggunakan cuka sebagai cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras berikut langkahnya:

- Siapkan dua sendok makan cuka.

- Siapkan satu sendok makan garam.

- Empat ons air.

- Campurkan semua bahan tersebut lalu gunakan untuk berkumur.

- Selanjutnya bilas dan lakukan setiap 2 -3 hari sekali agar mendapatkan hasil maksimal.

9. Konsumsi Buah dan Sayur

Untuk mendukung dan mencegah munculnya masalah pada gigi konsumsi buah dan sayur menjadi kombinasi yang tepat agar kesehatan tetap terjaga. Salah satunya dapat mencegah munculnya karang gigi. Beberapa buah yang sehat untuk menjaga kesehatan gigi seperti apel, seledri, wortel, serta paprika.

10. Hindari Merokok

Dunia kesehatan sudah sering mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan salah satunya mempengaruhi kesehatan gigi. Tentunya agar kesehatan gigi tetap terjaga dan terhindar dari karang gigi, pastikan untuk menghindari aktivitas merokok.

Nah itulah 10 cara membersihkan karang gigi agar tidak membandel dan mengeras dengan secara alami serta bisa lakukan di rumah. Namun cara di atas harus dilakukan secara hati-hati serta akan lebih baik konsultasikan dengan tenaga medis di bidangnya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI