7 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Cepat dan Alami

Rabu, 22 April 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Cepat dan Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara menghilangkan karang gigi secara cepat dan alami menjadi pilihan pertama sebelum mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke dokter gigi. Karang gigi bisa membuat pemandangan gigi terlihat kurang sedap dipandang. Selain itu, karang gigi dapat menyebabkan bau mulut, sehingga orang menjadi tidak percaya diri ketika melakukan interaksi.

Tidak hanya itu, jika kalian membiarkan karang gigi tanpa membersihkannya, hal ini dapat mengancam kesehatan. Karang gigi atau yang sering disebut dengan kalkulus gigi adalah sebuah plak yang mengeras pada gigi. Biasanya, karang gigi terdapat di bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi.

Karang gigi dapat muncul karena sisa-sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan secara sempurna,oleh sebabnya, karang gigi pun akan mudah terbentuk. Plak ini menempel pada lapisan gigi dan membawa bakteri yang dapat merusak nya dan mengakibatkan gigi berlubang.

Penting untuk terus menjaga kebersihan gigi agar karang gigi tidak muncul. Jika kalian memiliki karang gigi yang membandel, berikut cara menghilangkan karang gigi secara cepat dan alami:

 

1. Gosok Menggunakan Kulit Jeruk

Jika biasanya setelah memakan jeruk, tentu akan membuang kulitnya. Namun ternyata, kulit jeruk merupakan salah satu cara menghilangkan karang secara alami. Kandungan asam yang dimiliki kulit jeruk dapat membantu mengatasi masalah karang gigi. Kalian dapat menggosokkan kulit jeruk ke karang gigi selama 2-3 menit. Selain itu, kamu juga bisa membuat kulit jeruk menjadi pasta dan mengoleskannya pada karang gigi.

2. Konsumsi Buah Stroberi

Cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami selanjutnya yaitu dengan rajin mengonsumsi buah strawberry. Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya dapat menghilangkan karang gigi. Mengonsumsi buah strawberry secara rajin, tentu dapat membantu menghilangkan karang gigi yang menempel.

3. Menggunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Pasta gigi dengan kandungan fluoride salah satu cara menghilangkan karang gigi dengan mudah. Fluoride mampu mencegah karang gigi berkembang. Tidak hanya fluoride, kalian bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan karang gigi dengan efektif.

4. Menggunakan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut bisa menggunakan baking soda dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Caranya, kalian cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Kemudian basahi sikat gigi terlebih dahulu, setelah itu campurkan dengan baking soda yang sudah dibuat. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih dapat menghilangkan karang gigi dan bau mulut yang tidak sedap. Penggunaan daun sirih cukup mudah, caranya, kalian cukup mengambil selembar daun sirih, setelah itu, kalian tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi jangan terlalu halus lalu kunyah. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menggunakan Jus Lemon

Asam pada jus lemon mampu membantu menghancurkan karang gigi sekaligus dapat memutihkan gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon. Kemudian sikat gigi secara perlahan dan biarkan selama 1 menit. Setelah itu, bilas dengan bersih. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena dapat menimbulkan erosi pada gigi.

7. Mengunyah Biji Wijen

Mengunyah segenggam biji wijen dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi dengan efektif. Pengaplikasiannya dengan memasukkan segenggam biji wijen dan gosok gigi menggunakan sikat kering. Biji wijen ini bertujuan sebagai scrub alami yang dapat mengurangi karang gigi.

Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk membantu menghilangkan karang gigi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI