10 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Bisa Langsung Diterapkan

Kamis, 05 November 2020 14:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mencegah Kanker Payudara Sejak Dini, Bisa Langsung Diterapkan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mendengar penyakit kanker payudara, tentu saja menjadi momok tersendiri bagi kaum hawa. Sebab, penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama kematian yang paling banyak. Kanker payudara sendiri merupakan kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Pada mulanya kanker payudara terjadi ketika sel-sel di payudara tumbuh di luar kendali. Sel-sel ini kemudian membentuk tumor dan terasa sebagai benjolan. Kanker payudara dapat terjadi pada pria maupun wanita, namun hal ini lebih umum terjadi pada wanita.

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kanker payudara. Namun, banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kanker payudara. Faktor tersebut meliputi faktor keturunan atau genetik, faktor usia, faktor kehamilan, dan lain sebagainya. Meski terdengar begitu menakutkan, namun tentunya jangan selalu berpikir mengerikan. Ada baiknya untuk selalu mencari solusi di balik penyakit kanker payudara, salah satunya mengetahui cara mencegah kanker payudara. Tentu saja hal ini akan membuat kalian lebih waspada dan lebih peduli dengan kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana cara mencegah kanker payudara? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Cara mencegah kanker payudara yang pertama yaitu bisa dilakukan dengan tetap menjaga berat badan supaya tetap ideal. Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Perlu diketahui jika wanita yang obesitas setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara 20-40 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang mempunyai berat badan normal. Dengan begitu, mulailah konsumsi makanan diet yang dapat mengontrol berat badan kalian dan juga kesehatan tubuh.

 

2. Olahraga Minimal 30 Menit Sehari

Selanjutnya, cara mencegah kanker payudara yaitu pastikan untuk hidup sehat dengan berolahraga. Ada baiknya, kalian menyempatkan waktu minimal 30 menit dalam sehari. Selain membuat tubuh bugar, olahraga juga bermanfaat untuk menghindari diri dari kanker termasuk kanker payudara.

Hal ini karena lemak tidak akan menumpuk dalam tubuh sehingga produksi hormon estrogen yang berlebih tidak terjadi. Seperti yang diketahui jika sel kanker payudara yang terpapar oleh estrogen maka akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Oleh sebabnya, jangan melupakan olahraga ya.

 

3. Konsumsi Buah dan Sayuran

Cara mencegah kanker payudara secara alami dapat kalian lakukan dengan mengonsumsi buah buahan. Kandungan vitamin pada buah-buahan dapat membantu menyehatkan tubuh kalian. Selain buah-buahan, kalian juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi sayuran. Sudah bukan rahasia lagi, jika sayuran memiliki antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pemicu kanker payudara. Untuk itu mulai sekarang kalian harus membiasakan mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya.

 

4. Hindari Merokok

Tak hanya laki-laki saja yang merokok, namun sering kita jumpai jika merokok pun banyak dilakukan oleh wanita.  Padahal, wanita yang merokok akan lebih besar terkena kanker payudara, termasuk perokok pasif. Nah, untuk menghindarinya, kalian juga harus mulai menerapkan pola hidup sehat dengan menghindari diri untuk merokok serta menghindari pula menghisap asap rokok.

 

5. Hindari Alkohol

Selain menghindari merokok, cara mencegah kanker payudara yaitu bisa dengan menghindari alkohol. Sebab, semakin banyak alkohol yang kalian minum, semakin besar pula risiko kalian terkena kanker payudara. Bahkan, potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika kalian biasa minum alkohol setiap harinya. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitannya antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. oleh sebab itu, mulai sekarang sayangi tubuh kalian dengan menghindari mengonsumsi alkohol.

 

6. Menyusui

Ternyata menyusui tidak hanya baik bagi sang bayi, tetapi juga baik bagi sang ibu lho. Sebab, dengan aktif menyusui maka sang ibu akan terhindar dari kanker payudara. Adapun beberapa faktor mengapa wanita menyusui lebih kecil terkena kanker payudara. Hal tersebut lantaran menyusui membuat sel payudara aktif memproduksi setiap waktu. Hal ini membatasi kemampuan sel-sel payudara untuk berbuat menyimpang termasuk munculnya sel kanker. Jadi salah satu cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan aktif menyusui ya.

 

7. Jangan Terlalu Stres

Banyaknya beban pikiran membuat wanita terkadang lebih mudah stres. Perlu kalian ketahui jika stres menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Oleh sebabnya, atur pikiran dan emosi supaya tidak mudah stres, hingga cemas berlebihan. Stres dan depresi justru membuat sel kanker pada tubuh bisa semakin cepat tumbuh dan berkembang. Usahakan untuk selalu senang, tenang dan bahagia. Perasaan bahagia itulah yang dapat mencegah kanker.

 

8. Mengonsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak memberikan manfaat bagi tubuh manusia, termasuk mengatasi sel kanker payudara. Minyak zaitun pada dasarnya kaya akan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara kadar lemak sehat dalam tubuh punya peran dalam memerangi radikal bebas. Sehingga konsumsi minyak zaitun dianjurkan demi mencegah kanker payudara.

Kalian bisa melakukan diet Mediterania, dimana menyajikan banyak salad, buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, keju dan campuran minyak zaitun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

 

9. Mengonsumsi Ikan

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya secara mudah yaitu dengan rutin mengonsumsi ikan. kalian bisa mengonsumsi jenis ikan seperti salmon dan tuna yang kaya akan mineral. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan tersebut sangat menyehatkan. Selain mencegah kanker, mengonsumsi ikan juga membantu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis.

 

10. Konsumsi Biji-bijian

Biji-bijian utuh termasuk salah satu makanan pencegah kanker payudara yang mungkin belum banyak diketahui. Makanan biji-bijian utuh ini mengandung karbohidrat kompleks, fitokimia, serat, vitamin, dan mineral yang berpotensi mencegah kanker payudara. Adapun makanan yang termasuk biji-bijian utuh yaitu beras merah, gandum, beras hitam, sorgum, dan jagung.

Jangan lupa untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dan melakukan kontrol kesehatan pada dokter ya.Jangan lupa untuk selalu melakukan gaya hidup sehat dan melakukan kontrol kesehatan pada dokter ya. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI