6 Cara Mencegah Kanker Payudara, Wanita Wajib Tahu!

Senin, 20 Juli 2020 16:55 Penulis: Dita Tamara
6 Cara Mencegah Kanker Payudara, Wanita Wajib Tahu!
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kanker payudara tentunya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita ini memang salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan yang menyebabkan kematian. Adapun beberapa faktor penyebab kanker payudara seperti faktor genetik, faktor usia, faktor kehamilan, dan beberapa faktor lainnya.

Penyakit kanker pada dasarnya menjadi permasalahan serius di seluruh dunia. Penyakit berbahaya ini mulanya terjadi ketika sel-sel di payudara tumbuh di luar kendali. Lalu, sel-sel ini kemudian membentuk tumor dan munculnya benjolan. Nah, tumor yang tumbuh ganas itu akhirnya menjadi kanker.

Meski hingga saat ini belum diketahui pasti apa penyebab kanker payudara, namun satu hal yang diketahui kanker payudara selalu disebabkan oleh kerusakan pada sel DNA dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara. Namun jangan terlalu khawatir, ada banyak cara mencegah kanker payudara yang dapat diusahakan sendiri. Berikut ini cara mencegah kanker payudara yang bisa kalian terapkan mulai dari sekarang.

 

1. Aktif Menyusui

Kanker payudara sebenarnya bisa menyerang siapa saja, namun ibu yang tidak menyusui bayinya berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Menurut penelitian, wanita yang aktif menyusui selama kurang lebih 1 tahun memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terkena kanker payudara.

Adapun beberapa faktor mengapa wanita menyusui lebih kecil terkena kanker payudara. Hal tersebut lantaran menyusui membuat sel payudara aktif memproduksi setiap waktu. Hal ini membatasi kemampuan sel-sel payudara untuk berbuat menyimpang.

Selain itu, wanita menyusui memiliki siklus menstruasi yang lebih sedikit. Akibatnya, kadar hormon estrogen dalam tubuh lebih rendah. Hormon estrogen merupakan salah satu hal yang berperan memicu kanker payudara. Jadi, menyusui bisa jadi salah satu cara mencegah kanker payudara.

2. Kurangi Pil KB

Pil KB secara umum terbagi menjadi 2 tipe, yaitu pil kombinasi dimana memiliki dua hormon seksual wanita, estrogen dan progesteron. Sedangkan jenis lainnya, pil mini, mengandung progesteron. Namun kebanyakan orang lebih banyak mengonsumsi pil KB tipe kombinasi yang memiliki efek lain yaitu kanker payudara.

Tingginya kadar hormon reproduksi telah lama diketahui sebagai salah satu faktor risiko kanker pada wanita. Penggunaan pil kb secara rutin dapat meningkatkan kadar hormon dalam tubuh. Dari sinilah muncul teori bahwa efek pil KB dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker salah satunya yaitu kanker payudara.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selanjutnya, cara mencegah kanker payudara bisa dilakukan dengan tetap menjaga berat badan supaya tetap ideal. Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Perlu diketahui jika wanita yang obesitas setelah masa menopause memiliki risiko terkena kanker payudara 20-40 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang mempunyai berat badan normal. Dengan begitu, mulailah konsumsi makanan diet yang dapat mengontrol berat badan kalian dan juga kesehatan tubuh.

4. Olahraga Secara Teratur

Aktivitas olahraga memang menjadi hal wajib untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu, untuk melakukan pencegahan dari kanker payudara, ada baiknya melakukan aktivitas gerak fisik atau olahraga sekitar 30 menit setiap harinya. Menurut sebuah penelitian, pengaruh olahraga dan pencegahan kanker payudara disebabkan hormon insulin.

Olahraga tidak hanya dapat membakar kalori tubuh, namun juga bisa mengurangi kadar hormon estrogen, testosteron, insulin dan faktor pertumbuhan. Dengan begitu, melakukan olahraga dapat menurunkan kadar hormon dan mengatur kadar insulin sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. jadi mulai sekarang, luangkan waktu kalian untuk berolahraga setiap harinya.

5. Konsumsi Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh termasuk salah satu makanan pencegah kanker payudara yang mungkin belum banyak diketahui. Makanan biji-bijian utuh ini mengandung karbohidrat kompleks, fitokimia, serat, vitamin, dan mineral yang berpotensi mencegah kanker payudara. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa asupan serat yang tinggi bisa mengubah kerja hormon pada kanker payudara. Adapun makanan yang termasuk biji-bijian utuh yaitu beras merah, gandum, beras hitam, sorgum, dan jagung.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya adalah menghentikan kebiasaan merokok. Sebab, jika kalian masih aktif merokok, kemungkinan 7-13 persen lebih berisiko untuk terkena kanker payudara. Sementara potensi terkena kanker payudara akan lebih tinggi jika biasa minum minuman beralkohol lebih dari segelas per hari. Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Oleh sebab itu, mulailah untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Itulah sederet cara mencegah kanker payudara yang bisa kalian terapkan mulai sekarang. Selain cara di atas, ada baiknya untuk selalu menerapkan pola makan sehat dengan mengutamakan asupan buah dan sayuran. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI