10 Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Ampuh dan Murah

Minggu, 15 November 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami, Ampuh dan Murah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Masalah rambut seperti rambut rontok, berketombe, hingga kering memang sering kali meresahkan. Padahal memiliki rambut yang tebal dan berkilau tentu saja menjadi dambaan, khususnya kaum hawa. Akibatnya, cara menebalkan rambut merupakan satu dari sekian banyak hal yang paling dicari orang. Sebab, hal tersebut menjadi solusi bagi permasalahan rambut tipis, tidak bervolume, dan mengalami rontok terus menerus.

Bahkan, tak jarang banyak orang yang membeli banyak perawatan rambut dengan harga yang tidak murah namun masih saja nihil. Nah, kalian bisa menebalkan rambut tipis karena rontok secara alami dan tentunya tidak menggunakan bahan kimia. Selain itu, cara menebalkan rambut secara alami ini menggunakan bahan-bahan yang murah dan tentunya mudah ditemukan.

 

1. Menggunakan Putih Telur

Putih telur salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah pada rambut. Salah satunya yakni untuk mengatasi rambut tipis dan mudah rontok. Hal ini lantaran telur memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyehatkan dan menebalkan rambut. Cara menggunakannya, siapkan putih telur lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan beberapa menit, kemudian bilaslah dengan air bersih secukupnya.

 

2. Madu

Cara menebalkan rambut yang tipis berikutnya adalah menggunakan madu. Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk menebalkan rambut. Hal ini lantaran madu memiliki kandungan zat yang dapat membuat rambut tebal.

Tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang menggunakan bahan utama madu. Cara menebalkan rambut dengan madu yaitu, oleskan madu pada rambut bayi secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu keramas.

 

3. Teh Hijau

Bahan lainnya untuk membuat rambut tebal alami dengan gunakan teh hijau. Seperti yang diketahui jika teh hijau memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk perawatan rambut.

Teh hijau memiliki kandungan vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang sangat efektif untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Caranya sangat mudah, hanya tinggal mendiamkan seduhan teh hijau, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.

 

4. Minyak Zaitun

Selanjutnya, cara menebalkan rambut bisa menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium inilah yang dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun mudah saja. Oleskan minyak pada kulit kepala setiap sebelum keramas.

 

5. Santan

Siapa sangka jika rupanya santan bisa menjadi salah satu cara menebalkan rambut secara alami lho. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

Cara menebalkan rambut dengan santan juga sangat mudah. Hangatkan 200 ml santan dari satu butir kelapa. Diamkan kira-kira selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

 

6. Alpukat

Tak hanya nikmat ketika dikonsumsi saja, alpukat rupanya memiliki khasiat untuk perawatan rambut yaitu, menebalkan rambut. Kandungan vitamin E di dalam buah ini sangat baik untuk kesehatan rambut.

Cara menggunakannya, lumatkan buah alpukat sampai lembut. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga merata. Setelah itu oleskan alpukat dengan campuran minyak zaitun tadi ke kulit kepala. Jika sudah, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

 

7. Bawang Merah

Dibalik bau yang tajam, rupanya bawang merah tak kalah menyimpan khasiat dapat menebalkan rambut lho. kalian bisa mengubah bawang merah sebagai masker. Cara menggunakannya, kalian hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sari dari bawang merah.

Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskan ke kulit kepala. Jika dirasa sudah, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo.

 

8. Seledri

Seledri yang biasanya dicampurkan pada makanan ini juga memiliki manfaat baik untuk rambut. Kandungan kalsium, zat besi, natrium, vitamin A dan B pada seledri mampu menstimulasi pertumbuhan rambut agar sehat, kuat dan berkilau.

Cara menebalkan rambut menggunakan seledri yaitu cukup dengan menghaluskan seledri yang telah di cuci. Setelah itu, kalian dapat langsung mengoleskannya pada rambut layaknya menggunakan masker. Biarkan selama 30 menit sambil dipijat lalu dibilas bersih.

 

9. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang sering kali dijumpai sebagai perawatan kulit. Namun, selain itu, jeruk nipis ternyata juga dapat menebalkan rambut. Buah yang kaca vitamin C ini dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Selain itu jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe.

Cara menggunakannya, ambil perasan jeruk nipis. Setelah itu, campurkan dengan sedikit air. Lalu oleskan pada rambut secara merata. Diamkan terlebih dahulu sebelum dibilas hingga bersih.

 

10. Minyak Kemiri

Sudah sejak jaman dulu, minyak kemiri dipercaya sebagai bahan alami untuk menebalkan rambut. Kandungan zat aponin, falvonoida dan polyphenol pada minyak kemiri bermanfaat untuk menguatkan akar rambut, menumbuhkan dan menyuburkan rambut secara cepat.

Cara menebalkan rambut dengan minyak kemiri yaitu cukup oleskan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala sampai rata. Lakukan secara rutin setiap hari sebelum tidur dan bilas di pagi harinya.

Itulah sederet cara menebalkan rambut secara alami dengan bahan yang mudah ditemukan pula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI