10 Cara Mengatasi Depresi Diri Sendiri Tanpa Pergi ke Psikolog

Jum'at, 27 November 2020 17:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengatasi Depresi Diri Sendiri Tanpa Pergi ke Psikolog
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Depresi pada umumnya bisa terjadi pada siapapun. Depresi sendiri biasanya muncul saat seseorang sedang menghadapi ancaman, tekanan, atau sesuatu hal yang baru. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya reaksi tubuh pada kondisi tertentu.

Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi akibat gangguan kesehatan mental yang memengaruhi cara berpikir, perilaku, dan juga emosi seseorang. Jika sudah begitu, maka hal ini tentu saja bisa mempengaruhi keseharian orang yang mengalami depresi. Bahkan depresi sendiri bisa menurunkan produktivitas, sebab akan merasakan perubahan mood secara terus menerus.

Selain itu, depresi juga dapat memberikan gejala membuat tidur lebih banyak dan sebagian lainnya mengalami gejala sulit tidur hingga hilangnya nafsu makan. Selain itu, seseorang yang mengalami depresi akan merasa sedih berkepanjangan, sulit berkonsentrasi, dan merasa tidak berenergi.

Namun, sebenarnya depresi dapat diatasi, dan setiap orang juga perlu mengetahui cara mengatasi depresi untuk menolong diri sendiri maupun orang di sekitar kalian. Sebab, depresi bisa menyerang siapa saja tanpa memandang status sosial, geografis, demografis, maupun usia. Nah, berikut ini sederet cara mengatasi depresi yang perlu kalian ketahui. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya.

 

1. Mencari Teman Curhat

Cara mengatasi depresi yang pertama yaitu bisa kalian lakukan dengan mencari teman curhat. Ketika suasana hati kalian sedang berantakan, jangan menghabiskan untuk terpuruk sendirian. Hal ini justru membuat kalian makin depresi. Cara mengatasinya, kalian bisa berbagi cerita dengan keluarga maupun sahabat dekat.

Luapkan seluruh permasalahan yang terjadi sehingga dengan berbagi perasaan dapat membuat hati lebih lega. Meski curhat terkadang tidak menemukan solusi, namun setidaknya kalian butuh tempat untuk didengarkan. Dengan begitu, kalian dada terasa lebih ringan.

 

2. Habiskan Waktu untuk Pergi ke Luar Rumah

Selanjutnya, ketika kalian mengalami depresi yang sangat mengganggu pikiran kalian, ada baiknya untuk menghabiskan waktu merefresh diri dengan pergi ke luar rumah. Sebab, apabila kalian memilih untuk terus menerus mengurung diri di rumah, hal tersebut justru akan membuat batin kalian semakin tertekan.

Cobalah untuk keluar dan cari tempat yang bisa memberikan ketenangan. Udara yang segar dan terpaparnya sinar matahari akan membuat tubuh terasa lebih segar.

 

3. Meditasi

Cara menghilangkan depresi selanjutnya yaitu dengan melakukan proses meditasi. Sudah bukan rahasia lagi, kalau banyak orang melakukan meditasi untuk mendapat ketenangan jiwa dan pikiran. Agar didapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa mengatur ruangan sebaik mungkin. Misalnya, dengan memasang aroma terapi atau menyetel musik-musik yang menenangkan. Meditasi terbukti ampuh dapat membuat kalian menjadi rileks dan tenang.

 

4. Beralih Menekuni Hobi

Depresi cenderung membuat kalian berdiam diri dan menikmati kesendirian. Jika terus menerus dilakukan, hal ini tentu saja akan membuat kalian semakin terpuruk. Untuk itu, ada baiknya kalian menjalani aktivitas yang kalian senangi, misalnya saja menekuni hobi kalian. Pilih hobi yang membuat kalian lupa akan masalah dan mengalihkan pikiran negatif sejenak.

Ekspresikan diri kalian secara kreatif dengan berbagai hobi misalnya, musik, tulisan, olahraga dan lain sebagainya. Kalian juga bisa mengikuti organisasi ataupun komunitas. Sebab, dengan bertemu orang akan memberikan energi positif untuk kalian.

 

5. Konsumsi Makanan Kesukaan

Cara mengatasi depresi selanjutnya yaitu kalian bisa mengonsumsi makanan kesukaan. Dengan begitu, mood kalian akan segera membaik. Makanan yang sering membuat suasana hati lebih baik yaitu seperti es krim dan coklat. Dengan begitu, pikiran kalian jauh lebih tenang dan dapat menciptakan perasaan senang dan gembira.

 

6. Konsumsi Makanan Sehat

Tak hanya mengonsumsi makanan kesukaan saja, kalian juga perlu untuk mengonsumsi makanan sehat. Sebab, dengan mengonsumsi makanan sehat, dapat membantu menangkal depresi. Bahan makanan yang mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, asparagus dan alpukat, serta asam lemak omega-3 seperti ikan tuna dapat membantu mengurangi gejala depresi. Jadi, hindarilah makanan-makanan cepat saji dan tinggi lemak jenuh.

 

7. Berpikir Positif

Cara mengatasi depresi bisa dilakukan dengan selalu berpikiran positif dengan menggunakan logika. Meskipun hal tersebut tentunya tidak mudah, namun jika dilakukan dengan niat maka akan dapat membantu mengendalikan emosi kalian. Berusaha untuk berhenti memikirkannya masalah agar tidak memunculkan reaksi negatif. Dengan mencoba untuk melupakannya sesaat dapat membuat kalian lebih rileks.

 

8. Tidur Berkualitas

Mengatur kebiasaan tidur supaya berkualitas ternyata mampu mengatasi depresi. Jika kalian mengalami kesulitan untuk tidur, hal ini harus segera diubah dengan menjaga waktu tidur dan bangun yang konsisten. Sebab, apabila kalian kurang tidur, hal ini dapat memperburuk kondisi depresi kalian. Jauhkan semua hal-hal yang mengganggu tidur kalian seperti komputer, TV, dan handphone jika jadwal tidur telah tiba.

 

9. Konsumsi Teh Hijau

Kebanyakan bagi penderita depresi kekurangan produksi neurotransmitter serotonin. Serotonin membantu mengatur kecemasan dan depresi. Kekurangan bahan kimia penting ini dapat menyebabkan gangguan mood kronis. Cara mengatasinya, kalian bisa mengonsumsi teh hijau. Dengan begitu, suasana hati kalian dengan cepat meningkat.

 

10. Perlahan Menyelesaikan Masalah

Langkah terpenting dalam sebuah masalah yaitu bagaimana menyelesaikan masalahnya. Sebab, masalah beratlah yang menjadi penyebab depresi. Kalian bisa menyelesaikan masalah secara bertahap satu persatu dan mengontrol emosi supaya depresi perlahan hilang.

Itulah sederet cara menghilangkan depresi yang bisa kalian lakukan saat tiba-tiba merasa suasana hati berantakan. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI