8 Ciri-Ciri Penyakit Maag Kronis dan Begini Cara Mengatasinya

Selasa, 03 November 2020 15:11 Penulis: Dita Tamara
8 Ciri-Ciri Penyakit Maag Kronis dan Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Ciri-ciri penyakit maag kronis memang ada beragam yang perlu kalian ketahui. Hal ini bertujuan untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat demi mengatasi maag kronis supaya tidak terjadi komplikasi. Maag kronis atau disebut juga gastritis kronis adalah gangguan pencernaan akibat peradangan dinding lambung yang muncul secara perlahan dan bisa bertahan selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Biasanya, gejala kronis disebabkan oleh beberapa faktor seperti terinfeksi bakteri, efek samping obat-obatan, konsumsi minuman beralkohol, gagal ginjal, diabetes, hingga gangguan sistem imun dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung,

Oleh sebabnya, mengenal keluhan penyakit maag kronis sangat penting agar bisa segera diobati dengan segera. Berikut ini, ciri-ciri penyakit maag kronis yang perlu kalian ketahui. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Rasa Sakit di Area Perut Bagian Atas

Ciri-ciri penyakit kronis yang harus kalian waspadai yaitu munculnya rasa sakit di area perut bagian atas. Rasa sakit ini biasanya berupa nyeri, perut melilit, perih, hingga merasakan ketidaknyamanan di area perut bagian atas. Mengapa rasa sakit ini bisa muncul? Hal ini lantaran adanya pembengkakan pada selaput perut. Seringnya rasa sakit semakin parah karena dalam kondisi seperti ini perut menolak untuk diisi makanan atau minuman. Dampaknya, tubuh pun akan lemah akibat kekurangan asupan nutrisi.

 

2. Perut Terasa Penuh

Selain merasakan sakit perut di bagian atas, ciri ciri penyakit maag kronis selanjutnya yaitu kalian akan merasakan perut terasa begitu penuh. Tentu hal ini akan berbeda dengan orang dengan perut penuh akibat kekenyangan. Perut terasa penuh yang dialami oleh penderita maag akut akan sangat berbeda. Bahkan, orang yang mengidap sakit maag akan merasakan perut kembung dan penuh sehabis makan walau sedikit. Hal ini terjadi disebabkan banyaknya gas dan asam lambung yang terdapat dalam perut.

 

3. Mudah Kenyang

Ciri-ciri penyakit maag kronis selanjutnya yaitu penderita akan merasakan mudah kenyang. Perasaan kenyang yang muncul bukan karena makanan yang dikonsumsi. Melainkan dari asam lambung yang terus naik dan membuat lambung terasa penuh. Jika hal ini terus terjadi, berat badan bisa turun drastis dan bikin penderitanya kekurangan nutrisi.

 

4. Nafsu Makan Menurun

Tak hanya mudah kenyang, ciri ciri penyakit kronis juga menurunkan nafsu makan. Nah, penyebab nafsu makan menurun ini biasanya timbul karena merasakan perut yang terasa begitu begah. Asam lambung yang naik itulah yang menyebabkan lambung terasa penuh. Padahal, sebenarnya perut juga belum benar-benar merasa kenyang. Namun, jika nafsu makan sudah menurun, hal tersebut tentu saja memengaruhi berat badan yang bisa turun secara drastsis.

 

5. Mual dan Muntah

Selanjutnya, ciri penyakit maag kronis yang harus diwaspadai yaitu kalian akan merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah adalah salah satu tanda masalah yang terjadi pada sistem pencernaan. Perasaan seperti ini akan muncul setelah makan, terlalu lama berdiri, minuman karbonasi, makan asam, dan pedas. Oleh sebab itu, hindari konsumsi makanan berlemak dan berminyak. Hindari pula minuman yang mengandung gas seperti soda untuk mencegah asam lambung semakin naik.

 

6. Sering Bersendawa

Ciri maag kronis selanjutnya yaitu kalian akan merasakan sering bersendawa. Sendawa sendiri merupakan tanda penumpukan angin berlebih di dalam perut. Biasanya, perut akan terasa nyaman sehabis bersendawa. Namun tidak hanya sekali, sebab orang yang mengalami maag akut akan sering bersendawa berkali-kali. Akibat sering bersendawa, perut biasanya akan terasa mual lalu muntah.

 

7. BAB Disertai Pendarahan

Ciri atau gejala penderita maag yang sangat kronis bisa ditandai dengan darah yang keluar bersamaan dengan feses berasal dari usus dan lambung yang mengalami pendarahan. Pendarahan pada lambung dan usus bisa saja terjadi jika terdapat luka pada lambung dan usus yang kemudian meradang dan menginfeksi kedua organ pencernaan tersebut. Selain itu, warna fases pun bisa berubah. Pendarahan pada lambung menyebabkan fases berubah warna menjadi gelap atau hitam.

 

8. Heartburn

Heartburn merupakan kondisi dimana dada terasa panas dan terbakar. Hal ini merupakan salah satu ciri apabila kalian mengalami maag kronis. Apabila heartburn terus terjadi meskipun telah mengonsumsi obat atau makanan tertentu, maka bisa jadi ini pertanda adanya luka pada dinding lambung yang harus segera diatasi.

 

9. Cara Meredakan Sakit Maag Kronis

Sakit maag kronis jika dibiarkan tentu saja akan menjadi masalah besar. Oleh sebab itu, setelah kalian mengetahui ciri-ciri penyakit kronis, ada baiknya untuk mengetahui cara meredakannya sebagai berikut ini.

-Buah Pisang, buah pisang bisa menjadi salah satu alternatif untuk meredakan maag kronis. Kandungan kalium dalam buah pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stress.

-Semangka, kandungan citrulline asam amino pada semangka dapat membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna dalam menjaga tingkat asam dalam tubuh.

-Pepaya, kandungan papain atau enzim propeolitik yang ada pada pepaya mampu meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan asam asetat dan asam askorbatnya juga bisa berfungsi sebagai obat penyakit lambung.

-Mangga, buah yang satu ini juga merupakan buah sehat yang kaya akan nutrisi dan juga merupakan anti oksidan dan anti inflamasi alami. Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

Itulah sederet ciri ciri penyakit maag kronis yang harus segera diatasi dan diwaspadai. Oleh sebab itu, kalian juga harus menghindarinya sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan tertentu, hindari merokok dan segera mengubah pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI