9 Tanda-Tanda Kiamat Kubra dalam Islam, Penting Buat Umat Muslim

Senin, 30 November 2020 19:44 Penulis: Nurul Wahida
9 Tanda-Tanda Kiamat Kubra dalam Islam, Penting Buat Umat Muslim
Tanda-tanda kiamat kubra (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Dalam Islam tanda-tanda kiamat kubra disebutkan dengan jelas melalui Alquran yang menjadi kitab suci umat muslim. Kiamat kubra dikenal juga dengan sebutan kiamat besar yang paling ditakuti umat manusia. Sebab kiamat ini menjadi pertanda kehidupan dunia yang berakhir dengan berbagai tanda yang bisa membuat setiap orang takut dan merinding.

Kiamat diartikan sebagai berakhirnya zaman dan kehidupan dunia manusia beserta seisinya berganti kehidupan selanjutnya. Di sejumlah karya visual, kiamat bahkan digambarkan dengan begitu menyeramkan saat dunia dan seisinya hancur lebur, binasa, bahkan tak tersisa.

Sedangkan dalam agama Islam kiamat berasal dari Bahasa Arab yakni yaumul qiyamah yang berarti hari akhir atau berakhirnya zaman. Dimana saat hari kiamat ini kehidupan dunia akan berakhir dan berganti dengan kehidupan kekal abadi akhirat. Saat itu juga seluruh amal perbuatan umat manusia bahkan ditimbang dan diperhitungkan.

Kiamat menurut Islam dibagi menjadi dua jenis yakni kiamat kubra dan kiamat sugra. Kiamat sugra merupakan kiamat kecil yang terjadi dalam kehidupan manusia meliputi, bencana alam ataupun terkait meninggalnya seseorang. Sedangkan kiamat kubra diartikan sebagai kiamat besar yang paling dikhawatirkan seluruh makhluk hidup.

Sebab pada saat itu dunia akan hancur dan semua amal perbuatan diperhitungkan. Beragam prediksi terkait kiamat kubra ini pun sering kali terdengar meski tak dapat sepenuhnya dibuktikan secara pasti. Ada sejumlah tanda-tanda kiamat kubra dalam Islam yang telah disebutkan jelas dalam Alquran dan hadis. Tanda-tanda kiamat kubra ini begitu penting untuk diketahui seluruh umat Islam yang harus dipahami sejak sekarang.

Adapun tanda-tanda kiamat kubra dalam Islam sebagai berikut telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Matahari Terbit dari Barat

Tanda-tanda kiamat kubra dalam Islam yang pertama adalah terjadinya matahari terbit dari barat. Seperti diketahui dalam kondisi normal matahari terbit dari arah timur dan tenggelam di arah barat. Namun ketika terjadi kiamat kubra, bumi akan menunjukkan tanda-tandanya yang terlihat matahari terbit dari arah barat.

Dalam sejumlah dalil dari Alquran dan hadis shahih yang menyebutkan mengenai tanda-tanda kiamat kubra terkait terbitnya matahari dari barat. Dalam Alquran tanda-tanda ini disebutkan di Surah Al-An'am ayat 58. Dari ayat tersebut sejumlah hadis shahih menyebutkan bahwa yang dimaksud adalah mengenai terjadinya matahari terbit dari barat. Mengutip dari almanhaj.or.id, berdasarkan hadis mengenai tanda-tanda kiamat kubra ini salah satunya adalah Asy -Syaikhani meriwayatkan dari Abu Hurairah, R.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak akan terjadi Kiamat sehingga matahari terbit dari sebelah barat, jika ia telah terbit, lalu manusia menyaksikannya, maka semua orang akan beriman, ketika itu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya."

 

 

2. Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat kubra selanjutnya bisa ditandai dengan munculnya dajjal. Dajjal dalam Islam digambarkan sebagai sosok bermata satu dengan mata sebelah kanan buta. Dajjal disebut akan menyebarkan fitnah paling keji di muka bumi. Diantara tanda-tanda kiamat kubra dengan munculnya dajjal sebagai berikut, dari hadis shahih.

"Tidak ada satu pun makhluk sejak Adam diciptakan hingga terjadinya kiamat yang fitnahnya (cobaannya) lebih besar dari Dajjal." (HR. Muslim no. 2946)

 

 

3. Munculnya Asap

Tanda-tanda kiamat kubra dalam Islam selanjutnya adalah munculnya asap. Asap tersebut juga dapat dikenal dengan nama dukhan yang akan keluar hingga mengakibatkan penyakit seperti flu di kalangan orang-orang beriman serta mematikan orang-orang kafir. Asap tersebut akan menyelimuti bumi selama 40 hari.

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut/asap yang nyata." (QS. Ad-Dukhan: 10).

 

4. Turunnya Nabi Isa

Tanda-tanda kiamat kubra selanjutnya adalah turunnya Nabi Isa ke bumi untuk membunuh dajjal. Nabi Isa akan membunuh dajjal dan mengembalikan kedamaian di muka bumi. Dalam ayat Alquran disebutkan bahwa Nabi Isa tidak dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Dan ketika hari kiamat telah tiba, Nabi Isa diturunkan untuk membinasakan dajjal.

"Dan demi jiwaku yang berada di tangan-Nya, sudah dekat saatnya di mana akan turun pada kalian (Isa) Ibnu Maryam Alaihissallam sebagai hakim yang adil. Dia akan menghancurkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah (upeti/pajak), dan akan melimpah ruah harta benda, hingga tidak ada seorang pun yang mau menerimanya. " (HR. Al- Bukhari).

 

5. Akan Ada Bintang Besar

Tanda-tanda kiamat kubra lainnya adalah akan adanya bintang besar yang menjadi pertanda kekuasaan Allah SWT. Dalamcsurat An Naml aya 82, disebutkan mengenai tanda-tanda kiamat kubra ini yang ditandai dengan adanya bintang besar dari bumi.

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami." (Qs. An Naml ayat 82).

 

6. Munculnya Ya\'juj Dan Ma\'juj

Tanda-tanda kiamat kubra juga akan ditandai dengan munculnya ya'juj dan ma'juj. Ya'juj dan ma'juj ini diceritakan akan menjadi perusak dan pengahancur kehidupan manusia di bumi. Selain itu digambarkan ya'juj dan ma'juj sebagai seorang yang kuat dan tidak sanggup dibunuh siapapun kecuali oleh Nabi Isa.

"Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya'juj dan Ma'juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim." (QS. Al Anbiya’: 96-97).

7. Ditiupnya Terompet Sangkakala

Tanda-tanda kiamat kubra juga dapat ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala. Terompet ini akan ditiup oleh Malaikat Israfil pada saat nanti hari kiamat telah tiba. Ketika terompet tersebut sudah ditiup seluruh makhluk hidup akan mematikan seluruh makhluk hidup dan membangkitkan kembali mereka untuk dihisab segala amal dan perbuatan.

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)." (QS. Az- Zumar : 68).

8. Munculnya Api yang Sangat Besar

Tanda-tanda kiamat kubra diantaranya adalah munculnya api yang sangat besar. Api tersebut akan keluar dari Yaman yakni Jurang 'Adn. Dalam sebuah riwayat api tersebut akan menggiring manusia dan mengumpulkan manusia dalam satu tempat.

"Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra. "(HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902).

9. Munculnya Imam Mahdi

Tanda-tanda kiamat kubra juga ditandai dengan munculnya Imam Mahdi. Hal ini disebutkan dalam sebuah riwayat sebagai berikut:

"Kiamat tidak akan datang sampai seorang laki-laki dari Ahli Baitku akan menguasai manusia, namanya sama dengan namaku, nama bapaknya sama dengan nama bapakku, dia akan memenuhi bumi dengan keadilan." (HR. Ibnu Hibban, no. 6824. Syaikh Al-Albani berkata: "Hasan Shohih")

Nah itulah 9 tanda-tanda kiamat kubra dalam Islam yang penting dipahami setiap umat Islam. Kiamat tersebut menjadi rahasia Allah SWT yang tidak ada satupun dari makhluknya mengetahui.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI