10 Cara Mengecilkan Paha Secara Alami, Salah Satunya Naik Turun Tangga

Selasa, 27 Oktober 2020 15:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengecilkan Paha Secara Alami, Salah Satunya Naik Turun Tangga
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Memiliki paha yang ideal tentu menjadi idaman bagi semua orang baik pria maupun wanita. Tentu saja cara mengecilkan paha banyak dicari untuk mengatasi masalah seperti paha bergelambir yang menyebabkan menurunnya tingkat kepercayaan diri seseorang. Sebab, paha seringkali tak luput dari perhatian seseorang untuk menilai penampilan. Dengan begitu, sederet cara mengecilkan paha dilakukan oleh sebagian orang. Bahkan, untuk mengecilkan paha, beberapa orang rela melakukan prosedur operasi sedot lemak untuk mendapatkan ukuran paha yang lebih kecil. Tentunya untuk melakukan prosedur operasi tersebut, memerlukan biaya yang tak sedikit.

Namun, kalian nggak perlu khawatir. Tanpa merogoh kocek yang mahal, kalian tetap bisa mengecilkan paha secara alami dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kalian bisa melakukan diet dan sederet olahraga sebagai cara mengecilkan paha. Melatih tubuh dengan berolahraga tentu mampu membakar lemak kelebihan yang ada di seluruh tubuh. selain itu, membiasakan diri hidup sehat juga dapat membantu mengecilkan paha.

Nggak perlu cara yang susah, inilah cara mengecilkan paha bergelambir dengan mudah. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Jogging

Jogging dan jalan cepat bisa menjadi alternative yang digunakan sebagai cara mengecilkan paha. Kebiasaan jogging juga dapat merampingkan dan mengencangkan paha karena gerakan nya yang terfokus pada tubuh bagian bawah. Kalian bisa melakukan jogging atau jalan cepat selama kurang lebih setengah jam atau lebih. Untuk hasil yang baik, jogging atau jalan cepat dapat dilakukan 3-4 kali seminggu.

 

2. Squat

Squat salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk mengecilkan paha. Meski terlihat simpel, namun gerakan squat terbilang sangat banyak, mulai dari squat jump, single leg squat, squat jack, pistol squat dan gerakan squat lainnya. Kesemuanya bisa kalian lakukan di mana dan kapan saja. Perlu diingat jika kunci keberhasilan melatih paha ini adalah konsistensi. Makin konsisten kalian latihan squat, maka makin kencang paha kalian.

 

3. Kardio

Cara mengecilkan paha selanjutnya adalah dengan melakukan latihan gerakan kardio. Latihan gerakan kardio dapat membantu melepaskan lapisan ekstra lemak yang ada pada bagian bawah tubuh. Kalian dapat melakukan latihan kardio sebanyak lima hingga tujuh kali dalam seminggu selama 30-60 menit tiap sesi. Usahakan untuk memilih latihan yang dapat membakar kalori dengan jumlah tinggi dan dapat mengencangkan otot kaki seperti step aerobics, bersepeda, lari, dan berenang.

 

4. Walking Lunges

Walking lunges adalah olahraga yang memusatkan pada otot betis dan paha. Kalian hanya perlu memposisikan tubuh secara tegak dengan kaki rapat dan tangan berada di samping badan. Pastikan otot perut mengencang, kemudian langkahkan kaki kanan kedepan dengan kedua lutut di tekuk seolah-olah akan terjatuh.

Pastikan kaki kiri sejajar dengan lantai dan kedua kaki membentuk sudut 90 derajat. Tahan pada posisi ini selama beberapa menit sesuai kemampuan masing-masing. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kiri.

 

5. Lompat Tali

Lompat tali bisa menjadi olahraga yang bisa kalian lakukan untuk membantu mengecilkan paha. Selain itu, cara mengecilkan paha dengan lompat tali sangat mudah untuk dilakukan. Selain mengecilkan paha, melakukan lompat tali secara rutin juga mengecilkan lengan tangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya, kalian melakukan kegiatan lompat tali secara rutin di setiap pagi dan sore.

 

6. Naik Turun Tangga

Meski terdengar sepele, namun naik turun tangga jika terus dilakukan dapat menjadi olahraga yang bermanfaat untuk mengecilkan paha. Naik turun tangga juga bisa membakar lemak di paha lebih efektif. Hal ini lantaran setiap langkah yang diambil mengharuskan kalian mengangkat tubuh ke atas sehingga memaksa otot kaki bekerja lebih keras.

 

7. Yoga

Gerakan yoga salah satu cara yang cukup efektif untuk membantu mengecilkan paha. Ada baiknya, kalian melakukan warrioe pose. Gerakan ini dimulai dengan membuka kaki secara lebar-lebar. setelah itu, tekuk salah satu kaki, dan luruskan kaki satunya ke belakang. Untuk posisi tangan. Kalian cukup rentangkan sejajar dengan kedua kaki. Tahan posisi ini selama satu menit dan gantilah kaki yang ditekuk. Lakukan gerakan ini hingga 8 kali.

 

8. Kurangi Konsumsi Garam

Salah satu cara mengecilkan paha yakni dengan membatasi mengonsumsi garam. Sebab, garam membuat badan kalian terjaga air berlebih dan membuat badan kalian jadi mengembang, termasuk pada paha. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian membatasi makanan olahan seperti kalengan, saus, dan makanan beku yang biasanya mengandung sodium dalam jumlah tinggi.

 

9. Mengurangi Jumlah Porsi Makan

Untuk mendapatkan paha yang ramping, sebaiknya untuk mengurangi jumlah porsi makan kalian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kalori dan lemak. Cara mengecilkan paha, dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan 10-15 persen dari porsi makan normal kalian saat ini. Cara ini akan membantu kalian untuk menghindari makan berlebihan dan menghindari untuk mengonsumsi kalori dan lemak terlalu banyak.

 

10. Konsumsi Air Putih

Cara paling mudah untuk membantu mengecilkan paha yaitu dengan mengonsumsi air putih. Mengapa demikian? Hal ini supaya kalian terhindar dari ratusan kalori yang bisa berdampak pada membesarnya area paha. Untuk memulai pola hidup selalu membiasakan minum air putih, kalian bisa mencoba untuk selalu meletakkan air putih di dekat kalian. Selain itu, meminum air putih sebelum makan juga akan membantu mengontrol porsi makanan.

Itulah sederet cara mengecilkan paha yang bisa kalian terapkan mulai sekarang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI