10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Bantuan Medis

Senin, 02 November 2020 12:33 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Bantuan Medis
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sering kali kita mendengar sebutan stretch mark. Nah, stretch mark sendiri merupakan masalah umum yang sering terjadi pada wanita. Munculnya garis-garis putih pucat yang terlihat di beberapa bagian seperti paha, perut bagian bawah, betis, payudara memang sering merasa terganggu. Hal ini mengakibatkan kulit tidak mulus dan terkadang membuat tidak percaya diri karena munculnya stretch mark. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh badan yang tiba-tiba bertumbuh besar dalam waktu singkat tapi kulit tidak bisa meregang dengan cukup cepat untuk mengikutinya.

Tentu saja, cara menghilangkan stretch mark banyak dicari kaum hawa yang membutuhkan solusinya. Pada dasarnya, stretch mark sendiri bisa diatasi dengan cara instan yakni melakukan perawatan terapi laser dan tentu saja merogoh kocek yang tidak sedikit. Tapi, kalian jangan khawatir dulu nih, sebab ada juga lho cara menghilangkan stretch mark secara alami yang bisa kalian lakukan sendiri. Selain tanpa menimbulkan efek samping, cara ini pun terbilang mudah dengan bahan-bahan yang mudah di temukan. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Bubuk Coklat

Cara menghilangkan stretch mark yang pertama, kalian bisa memanfaatkan bubuk coklat. Bahkan, cara menggunakannya terbilang mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan bubuk cokelat tawar yang belum ada pemanis. Setelah itu, buat semacam pasta. Jika sudah, oleskan pasta cokelat tersebut pada bagian kulit yang terdapat stretch mark, lalu diamkan selama kurang lebih 15-30 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

 

2. Madu

Bahan alami selanjutnya untuk menghilangkan stretch mark yaitu madu. Kandungan antioksidan pada madu sangat baik untuk kulit sehingga terbukti ampuh menghilangkan stretch mark. Cara menggunakan madu cukup mudah, kalian bisa menggunakan madu asli, lebih bagus lagi bila menggunakan madu mentah. Lalu oleskan madu tersebut pada kulit yang terkena stretch mark dan diamkan hingga 30 menit. Bila sudah, bisa langsung kalian bilas menggunakan air hangat.

 

3. Minyak Zaitun

Selanjutnya, cara menghilangkan stretch mark kalian bisa menggunakan minyak zaitun. Hal ini lantaran minyak zaitun dapat melembabkan dan mengelupaskan sel kulit mati serta melancarkan sirkulasi darah dan menyingkirkan stretch mark dalam waktu cepat.

Caranya, gunakan beberapa tetes minyak zaitun dan langsung pijatkan ke area kulit yang terkena stretch mark. Lalu, biarkan selama 30 menit hingga kandungan yang ada di dalam minyak zaitun menyerap semua di kulit. Kalian bisa melakukan hal ini sebelum mandi.

 

4. Minyak Jarak

Tak hanya minyak zaitun yang mempunyai segudang manfaat untuk merawat kulit, minyak jarak pun tak ketinggalan dengan beragam khasiatnya. Ya, minyak jarak juga terbukti manjur digunakan sebagai cara menghilangkan stretch mark secara alami, sebab minyak jarak mengandung banyak vitamin E yang berfungsi untuk meregenerasi kulit. Caranya mudah saja. Cukup oleskan minyak jarak pada stretch mark sebanyak 2 kali setiap hari.

 

5. Kentang

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya yaitu dengan menggunakan kentang. Diketahui bahwa kentang memiliki kandungan mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami dan berguna untuk membantu meregenerasi kulit. Cara menggunakan kentang pada kulit yang mengalami stretch mark yaitu, pertama tumbuh halus kentang yang telah direbus. Lalu, campurkan dengan 2 sendok makan susu cair murni dan diaduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

6. Lidah Buaya

Tak hanya untuk perawatan rambut, lidah buaya juga terbukti baik untuk perawatan kulit, salah satunya menghilangkan stretch mark. Caranya, kalian cukup mengoleskan gel lidah buaya alami secara rutin pada bagian tubuh yang muncul stretch mark. Diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Gel lidah buaya sendiri akan membantu kulit agar tetap kenyal dan elastis sehingga secara perlahan stretch mark akan hilang.

 

7. Putih Telur

Cara menghilangkan stretch mark selanjutnya yaitu bisa menggunakan putih telur. Tentunya, cara alami ini sangat baik digunakan dan tanpa menimbulkan efek samping. Belum lagi, telur mempunyai kandungan akan protrin yang dapat menghaluskan sehingga kulit tetap lembut. Cara menggunakannya, pisahkan telur kuning dengan putihnya terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan putih telur ke area kulit. Setelah mengering, bilas menggunakan air dingin hingga bersih. Kalian bisa mengulangi langkah ini selama dua minggu supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

 

8. Kunyit

Tak hanya rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa menghilangkan stretch mark lho. Kunyit mengandung kurkumin yang berguna untuk merawat stretch mark di kulit. Cara menggunakannya campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang sudah ditumbuk dengan air, kalian bisa menambahkan perasan lemon atau minyak kelapa hingga mengental. Lalu, oleskan campuran ini ke bagian kulit yang memiliki stretch mark satu atau dua kali sehari.

 

9. Gula

Selanjutnya, cara menghilangkan stretch mark, kalian bisa menggunakan gula. Kalian bisa mengubah gula sebagai scrub alami untuk sekaligus mengatasi kulit kasar. Agar hasilnya maksimal, kalian bisa mencampurkan gula dengan madu. Setelah kedua bahan tersebut tercampur, kalian langsung gosokkan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

 

10. Cocoa Butter

Cara alami menghilangkan stretch mark juga bisa memanfaatkan cocoa butter. Kandungan di dalamnya pun sudah terbukti baik untuk kulit karena memiliki alsium, potasium, seng, mangan, besi, serotonin, tritophan dan vitamin E. Selain menghilangkan guratan-guratan merah, cocoa butter juga bisa melembutkan, melembabkan dan penangkal radikal bebas pada kulit. Kalian bisa menggunakan cocoa butter sebanyak dua kali sehari.

Itulah sederet cara menghilangkan stretch mark secara alami dan juga praktis yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Selain itu, kalian bisa mengimbanginya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi air putih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI