10 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda, Wajib Tahu!

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

10 Cara Merawat Bayi Baru Lahir Bagi Pasangan Muda, Wajib Tahu!
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Kehadiran bayi apalagi untuk yang pertama kali tentu saja akan menjadi kebahagiaan tersendiri dalam sebuah keluarga. Selain itu, kehadiran sang buah hati juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sebagian orang tua baru. Sebab, masih banyak orang tua yang tentunya masih kebingungan bagaimana cara merawat bayi baru lahir. Meski sudah melakukan berbagai persiapan seusai persalinan, namun seringkali butuh penyesuaian bagi orangtua baru.

Jika sebelumnya sang ibu lebih fokus dalam kesehatan bayi dalam kandungannya, kini fokusnya pun juga harus beralih pada perawatan bayi yang baru lahir. Meski merawat bayi bukan hal yang mudah, sebab tentunya akan menguras tenaga dan juga emosi.

Nah, menjadi peran sebagai ibu dan menjalani hari bersama buah hati baru, apa saja sih yang harus dilakukan? Nah, berikut ini cara merawat bayi baru lahir yang perlu kalian ketahui untuk diterapkan. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Jaga Kebersihan dan Keamanan Bayi

Cara merawat bayi baru lahir yang perlu kalian ketahui yaitu senantiasa untuk menjaga kebersihan dan keamanan bayi. Saat kalian hendak menggendong bayi yang baru saja lahir, untuk mencuci tangan terlebih dahulu baru memegang maupun menggendong. Hal ini tentu saja untuk melindungi bayi baru lahir yang rentan terkena virus dan bakteri.

Selain kebersihan, kalian harus pula menjaga keamanan bayi. Berhati-hatilah saat menggendong bayi yang baru lahir. Pastikan cara kalian memegang bagian kepala dan lehernya benar. Selanjutnya, untuk tidak mengguncang-guncang bayi saat menenangkannya karena hal ini dapat menyebabkan pendarahan di otak.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Memandikan Bayi

Saat lahir, bayi belum perlu dimandikan. Bayi masih memiliki lapisan pelindung yang terlihat seperti lemak berwarna keputihan berfungsi untuk menjaga suhu bayi. Setelah 6 jam bayi dapat dilap dengan air hangat saja.

Sebelum tali pusar lepas, bayi dapat dimandikan dengan kain lap atau spon. Namun, setelah tali pusar lepas bayi dapat dimandikan dengan dimasukkan ke dalam air. Gunakan air hangat sabun dan sampo khusus bayi. Sebaiknya tidak memandikan bayi terlalu pagi maupun terlalu sore.

 

3. Perhatikan Kuku Bayi

Selanjutnya, cara merawat bayi baru lahir yaitu dengan memerhatikan kuku bayi. Biasanya, orang tua tidak akan tega memotong kuku bayi yang baru lahir lantaran masih lembut dan tipis. Namun, demi menjaga kesehatan bayi, orang tua juga harus melakukan perawatan termasuk memotong kuku bayi.

Sebaiknya, kalian memotong kuku bayi menggunakan alat pemotong khusus. Sebab, terkadang bayi suka memasukkan tangan ke dalam mulut. Bayi yang berkuku panjang juga bisa melukai kulitnya yang lembut.

 

4. Menyusui Bayi Secara Teratur

Menyusui bayi secara teratur merupakan salah satu hal yang paling penting bagi bayi. Selain itu, menyusui bayi yang baru lahir juga menjadi salah satu cara terbaik guna meningkatkan kekebalan tubuhnya. Untuk itulah, cobalah menyusui bayi selama enam bulan pertama. Meski pada awalnya, menyusui bayi mungkin terasa sulit. Tapi seiring waktu, kalian dan si buah hati akan semakin mahir dalam proses ini.

 

5. Merawat Tali Pusar Bayi

Cara merawat bayi baru lahir selanjutnya yaitu dengan merawat tali pusar bayi. Biasanya tali pusar akan terlepas sendiri, selama kurun waktu 4 hari. Namun di beberapa kondisi, lepasnya tali pusar bisa memakan waktu lebih lama mencapai beberapa minggu. Oleh sebab itu, tali pusat harus dijaga kebersihannya agar terhindar dari infeksi.

Cara pertama yaitu pastikan tali pusar dan area sekitarnya harus selalu kering dan bersih. Selanjutnya, hindarkan tali pusar bayi dari air kencing maupun kotoran bayi. Sterilkan tali pusar bayi menggunakan kasa yang dibasahi alkohol 70% dari pangkal hingga bagian ujungnya. Bungkus rapi dengan kasa yang dibasahi alkohol.

 

6. Ritual Tidur

Bayi yang baru lahir, biasanya memang suka terbangun dan rewel di malam harinya. untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu melakukan ritual tidur seperti memandikan bayi pada sore hari dengan air hangat. Selain itu, jika sudah memasuki sekitar jam 8 malam, kalian bisa memijat bayi dengan baby oil lalu ganti semua pakaiannya.

Perlu dilakukan pula untuk menciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang. Dengan begitu, cara merawat bayi baru lahir kali ini membuat si kecil tertidur pulas.

 

7. Membersihkan, Mata, Hidung, dan Telinga

Cara merawat bayi baru lahir yang satu ini tak kalah pentingnya lho. Ya, sebab kalian juga harus menjaga kebersihan mata, hidung, dan telinga. Pertama-tama, untuk membersihkan telinga, kalian bisa menggunakan kapas bersih yang dibasuh dengan air hangat mulai dari arah hidung ke luar.

Selanjutnya, membersihkan kotoran telinga tidak perlu dibersihkan secara rutin dengan mengoreknya. Terakhir, cara membersihkan lubang hidung bisa dibersihkan dengan cukup mengelapnya saat mandi.

 

8. Mainan Bayi

Meski sering diabaikan, namun memberikan mainan pada bayi yang baru lahir juga dianjurkan lho. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan bayi pada berbagai bentuk dan melatih otot matanya agar lebih terfokus. Untuk itulah, kalian sebaiknya memilih warna mainan yang cerah.

Selain itu, mainan bergerak dan berbunyi yang digantung di tempat tidur juga akan merangsang indra penglihatan dan pendengaran bayi. Jadi, fungsi mainan pada bayi baru lahir tak hanya memberikan manfaat untuk menghibur saja ya, tetapi juga banyak manfaat lainnya.

 

9. Kenali Penyakit Bayi Baru Lahir

Sebagai orang tua, sudah harus peka untuk mengenali penyakit yang bisa terjadi pada bayi baru lahir. Penyakit pada bayi baru lahir seperti ruam popok, hidung mampet, lidah berjamur, kolik, infeksi mata, serta demam pasca imunisasi. Tentu saja hal ini akan membuat si buah hati rewel dengan menangis yang tak biasa.

Oleh sebabnya, kalian harus segera cari tahu dan mengatasinya. Misalnya saja jika bayi mengalami ruam popok, untuk tidak menggunakannya sementara waktu. Jika bayi mengalami hidung mampet, kalian bisa dengan segera minta resep dari dokter.

 

10. Menjaga Kehangatan Tubuh Bayi

Perlu kalian ketahui, saat bayi baru lahir, tentu saja butuh penyesuaian suhu. Oleh sebabnya, kalian juga harus selalu menjaga kehangatan bayi. Kalian bisa memakaikan bedong bayi, sarung tangan dan kaki, serta topi jika diperlukan. Inilah hal yang bisa kalian terapkan sebagai cara merawat bayi baru lahir dengan baik dan benar.

Itulah sederet cara merawat bayi baru lahir yang perlu kalian ketahui. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending