10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami, Ampuh dan Mudah Dilakukan

Jum'at, 20 November 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami, Ampuh dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sakit pinggang merupakan salah satu kondisi kesehatan yang paling menyebalkan dan bisa dirasakan oleh siapa saja tak mengenal usia. Tak hanya menyerang di usia tua saja, kini banyak orang muda yang mengeluhkan hal serupa. Meski bukan penyakit yang mengancam nyawa, namun sakit pinggang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada banyak hal penyebab seseorang mengalami sakit pinggang dan rasa sakit yang diakibatkan pun berbeda-beda. Namun, sakit pinggang yang paling sering yaitu disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko terjadinya sakit pinggang yaitu berusia 30 tahun ke atas, memiliki berat badan berlebih, dan kurangnya olahraga.

Namun, kalian nggak perlu khawatir. Cara mengobati sakit pinggang nggak perlu dengan cara yang repot lho. Ada beberapa cara mengobati sakit pinggang yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

 

1. Kompres Air Hangat

Sakit pinggang memang sering datang tiba-tiba. Cara mengatasinya, dengan melakukan kompres air dingin atau hangat. Hal ini untuk mengurangi bengkak di area pinggang yang sakit.

Selain itu dengan melakukan kompres air dingin dan hangat maka dapat mengurangi peradangan dan melemaskan otot pinggang yang sakit. Kalian bisa melakukan kompres dengan batu es atau air handuk hangat.

 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Cara mengobati sakit pinggang yang sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi air putih. Sebab, kurang minum air putih juga dapat menyebabkan tubuh merasakan sakit pinggang.

Minum air putih sangat diperlukan sebab dapat memulihkan kelenturan bantalan tulang belakang. Jadi bila kalian kurang minum air putih, maka bantalan tulang belakang ini bisa menipis dan tidak lagi ampuh meredam guncangan. Sehingga inilah yang bisa membuat kalian merasa sakit pinggang.

 

3. Kurangi Berbaring Terlalu Lama

Kebiasaan ini memang sangat sulit ditinggalkan. Namun, jika terus menerus mempunyai kebiasaan menghabiskan waktu untuk berbaring, tentu hal ini akan berdampak buruk lantaran lebih rentan terkena sakit pinggang. Untuk mengatasinya, yaitu dengan mengurangi kebiasaan berbaring terlalu lama. Kalian bisa mengubahnya dengan kegiatan yang lebih produktif.

 

4. Olahraga

Meskipun mempunyai banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, namun nyatanya banyak orang yang meninggalkan olahraga. Padahal, hal ini bisa jadi pemicu kalian merasakan sakit pinggang.

Nah, oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi sakit pinggang yang sangat dianjurkan yakni melakukan olahraga secara rutin setiap hari minimal 20 menit. Olahraga tak hanya membuat badan sehat dan bugar, tetapi juga dapat melatih otot sehingga risiko cedera berkurang.

 

5. Memperbaiki Posisi Tidur

Posisi tidur yang salah ternyata dapat menjadi pemicu kalian sakit pinggang lho. Untuk itu, mengubah maupun memperbaiki posisi tidur dapat menjadi obat sakit pinggang secara alami. Tak hanya itu, memperbaiki posisi tidur juga bisa jadi cara meregangkan punggung, memperbaiki postur, dan menormalkan syaraf-syaraf yang terhimpit.

 

6. Daun Sirsak

Selanjutnya, cara mengobati sakit pinggang bisa dengan menggunakan ramuan herbal, salah satunya daun sirsak. Ya, tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat, daun sirsak pun juga sudah dipercaya sejak dulu digunakan untuk obat sakit pinggang.

Daun sirsak mengandung serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, air, fospor dan kalsium, dan lemak. Sehingga dipercaya sebagai salah satu tanaman obat sakit pinggang.

Cara mengobati sakit pinggang dengan daun sirsak yaitu dengan menyiapkan 20 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih. Setelah itu, tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Kalian bisa mengonsumsi daun sirsak sebanyak 3/4 gelas setiap harinya.

 

7. Kunyit

Selanjutnya, kunyit menjadi salah satu cara mengobati sakit pinggang secara alami. Rempah berwarna kuning ini mengandung curcumin, antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas atau molekul yang bisa merusak sel dan jaringan tubuh.

Cara menggunakannya, rebus kunyit dan meminum air rebusannya, layaknya membuat teh. Tak hanya sebagai obat sakit pinggang alami saja, air rebusan kunyit juga mempunyai banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

 

8. Jahe

Selain kunyit, jahe juga menjadi salah satu rempah yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang dengan jahe yaitu dengan menyiapkan jahe yang telah dicuci bersih dan diiris tipis beserta alkohol 75 persen dan cabe rawit yang telah dibersihkan. Campurkan semua bahan tersebut dan fermentasikan selama dua minggu. Setelah dua minggu, ramuan tersebut bisa digunakan untuk mengoles bagian pinggang yang terasa sakit atau nyeri.

 

9. Bawang Merah

Sudah tidak perlu diragukan lagi dengan manfaat bawang merah yang sangat ampuh untuk kesehatan. Salah satu manfaat bawang merah yang perlu kalian ketahui yaitu dapat mengobati sakit pinggang dan meredakan rasa nyeri. Hal ini lantaran bawang merah mengandung komponen aktif yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti flavanoid, glikosida, alkaloid, fenolik, steroid, dan zat tannin.

Cara mendapatkan manfaat bawang merah untuk mengobati sakit pinggang yaitu dengan menyiapkan akar bawang merah, jahe merah, dan kurma cina. kemudian tambahkan air secukupnya, lalu rebus sampai air mendidih dan menjadi setengahnya. Setelah itu, minum air ramuan tersebut selagi masih hangat untuk meredakan sakit pinggang.

 

10. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing yang banyak ditemui ini ternyata juga dapat menyembuhkan sakit pinggang lho. Hal ini lantaran kandungan zat kimianya seperti minyak atsisi, saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium, dipercaya mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk sakit pinggang.

Cara mendapatkan manfaat dari tanaman kumis kucing yaitu dengan merebus akar dan daun tanaman kumis kucing. Setelah itu, tunggu hingga air rebusannya menjadi setengahnya. Diamkan selama satu malam, dan minum keesokan harinya.

Itulah sederet cara mengobati sakit pinggang yang mudah dna bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Jika cara di atas tak membuat sakit pinggang kalian mereda, ada baiknya untuk konsultasi langsung pada dokter. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI