10 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Secara Alami, Salah Satunya dengan Bawang Merah

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

10 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Secara Alami, Salah Satunya dengan Bawang Merah
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Cara menumbuhkan rambut botak menjadi hal yang perlu diketahui bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan rambut. Ya, umumnya, rambut botak akan terjadi seiring bertambahnya usia. Kebotakan sendiri bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Mengingat rambut merupakan mahkota, tentu saja hal ini ingin segera kalian atasi untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lebat kembali.

Memang, tidak semua orang memiliki rambut bagus yang sesuai keinginan. Apalagi jika kesalahan merawat rambut yang mudah rontok sehingga menyebabkan kebotakan. Banyak obat-obatan yang dipercaya dapat menumbuhkan dan menyuburkan rambut. Namun tetap saja tidak ada hasil yang memuaskan. Bahkan, apabila sering dilakukan, justru akan memberikan efek samping.

Nah, untuk itu kalian nggak ada salahnya untuk mencoba cara menumbuhkan rambut botak secara efektif menggunakan bahan-bahan alami. Selain mudah ditemukan, cara alami berikut ini juga hemat nggak menguras kantong. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Kemiri

Cara menumbuhkan rambut botak yang pertama yaitu dengan menggunakan kemiri. Kandungan asam lemak pada kemiri dipercaya dapat memicu pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan lima butir kemiri yang kemudian ditumbuk halus.

Setelah itu, rebus dengan sedikit air. Jika sudah muncul minyak kemiri, langsung matikan api dan angkat. Setelah hangat, oleskan minyak kemiri tersebut pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 2 jam atau semalaman lalu bilas dengan bersih.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Telur

Telur yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit ini ternyata mampu membantu menumbuhkan rambut botak lho. Kalian bisa mengubah telur menjadi masker rambut. Caranya, siapkan 1 butir telur kemudian kocok. Setelah itu, siapkan 1 sendok minyak zaitun dan aduk hingga merata. Jika sudah, kalian langsung balurkan pada kulit kepala dan rambut.

Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan menggunakan sampo. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa melakukan langkah ini selama dua kali dalam seminggu.

 

3. Bawang Merah

Bawang merah rupanya dapat menjadi cara menumbuhkan rambut botak lho. Hal ini karena bawang merah mempunyai kandungan sulfur yang tinggi, yang menjadi stimulator alami. Selain itu, bahan masakan ini juga memiliki anti-bakteri yang membantu mengobati kebotakan.

Cara menumbuhkan rambut botak menggunakan bawang merah yaitu haluskan 1 siung bawang merah dan usapkan di daerah kebotakan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Lakukan langkah tersebut secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

4. Seledri

Selanjutnya, cara menumbuhkan rambut botak yaitu bisa menggunakan seledri. Kandungan vitamin A,B, serta mineral natrium dan kalsium pada seledri mampu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat.

Cara menggunakannya, siapkan beberapa batang seledri, sesuaikan dengan kebutuhan. Bersihkan seledri lalu tumbuk hingga halus, atau diblender dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan langsung pada kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 1 jam lalu bilas hingga bersih.

 

5. Teh Hijau

Salah satu cara cepat menumbuhkan rambut botak adalah menggunakan teh hijau. Teh hijau dapat menumbuhkan rambut karena kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Hal ini dapat melancarkan sirkulasi darah di kepala, sehingga rambut kalian akan tumbuh lebih lebat.

Cara mendapatkan manfaat teh hijau terbilang cukup mudah. Pertama-tama seduh terlebih dahulu teh hijau. Setelah itu, kalian bisa langsung mengoleskan pada kulit kepala kalian. Biarkan hingga beberapa menit lalu bilas bersih menggunakan sampo.

 

6. Lidah Buaya

Cara menumbuhkan rambut botak menggunakan lidah buaya tentunya sudah nggak asing lagi. Bahkan, sudah sejak lama lidah buaya menjadi obat alami untuk menumbuhkan rambut. Tidak hanya itu, lidah buaya juga bisa menenangkan kulit kepala dan melembabkan rambut.

Kalian bisa menggunakan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala beberapa kali seminggu. Kalian juga bisa menggunakan sampo atau kondisioner yang mengandung lidah buaya.

 

7. Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata minyak zaitun memiliki manfaat untuk menumbuhkan rambut yang botak lho. Hal ini lantaran kandungan vitamin E yang ada pada minyak zaitun membantu pertumbuhan rambut dengan cepat.

Cara pengaplikasiannya, kalian bisa secara rutin mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

8. Jeruk Nipis

Cara menumbuhkan rambut botak selanjutnya yaitu menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut di kepala. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu menghilangkan ketombe yang seringkali menjadi penyebab rambut rontok.

Caranya, manfaatkan perasan air jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit air bersih. Lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala kalian secara merata, terutama pada daerah yang botak. Diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih.

 

9. Apel

Apel menjadi salah satu buah yang dapat untuk menumbuhkan rambut botak. Hal ini lantaran apel memiliki suatu senyawa yang bernama procyanin B-2 yang mampu jadi obat perangsang pertumbuhan rambut. Cara pengaplikasiannya, siapkan 1 buah apel bersih. Setelah itu, blender hingga halus. Kalian bisa langsung mengoleskan pasta apel ke area kulit kepala. Diamkan terlebih dahulu selama 2 jam lalu bilas hingga bersih.

 

10. Daun Jambu Biji

Siapa sangka nih jika daun jambu biji menjadi bahan alami yang dapat membantu menumbuhkan rambut botak lho. Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus terlebih dahulu daun jambu biji. Setelah itu, gunakan air rebusan jambu biji untuk dioleskan ke rambut terutama rambut yang botak. Selain itu, rebusan daun jambu biji juga dapat mengatasi rambut rontok.

itulah sederet cara menumbuhkan rambut botak secara alami. Selain itu, kalian juga perlu menjaga perlu menghindari diri dari stres penyebab rambut rontok dan biasakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi. Semoga bermanfaat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending