12 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Kanker - Baik untuk Jantung

Senin, 23 November 2020 11:55 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan, Kurangi Risiko Kanker - Baik untuk Jantung
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Daun kenikir memang bukan menjadi salah satu jenis sayuran yang populer, namun nyatanya manfaat daun kenikir sangat banyak loh untuk kesehatan tubuh. Daun kenikir sendiri biasanya digunakan sebagai lalapan segar. Namun tidak semua suka dengan daun yang satu ini ya KLovers, hal ini karena daun kenikir memiliki tekstur yang sedikit kasar dan aroma yang harum.

Namun walaupun begitu, kalian yang senang mengonsumsi daun kenikir akan memiliki manfaat yang luar biasa dan tidak bisa dianggap remeh loh. Dalam daun kenikir terdapat banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan. Bahkan, mengonsumsi daun kenikir dipercaya bisa mencegah kita terkena berbagai penyakit.

Kira-kira apa saja ya manfaat daun kenikir bagi kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengatasi Hipertensi

Manfaat daun kenikir yang pertama yaitu sangat baik dalam mengatasi hipertensi. Penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Hal tersebut karena hipertensi mampu beralih menjadi penyakit berbahaya seperti stroke hingga jantung.

Itulah mengapa mereka yang memiliki penyakit hipertensi harus menjaga pola makan mereka dengan baik. Karena bila salah mengonsumsi makanan, maka hal tersebut akan membuat darah naik dan sangat berbahaya bagi tubuh. Itulah mengapa kalian bisa kok mengatasi masalah hipertensi dengan mengonsumsi daun kenikir.

Hal itu karena, daun kenikir mempunyai sifat diuretik dan anti hipertensi, khususnya golongan ACE-Inhibitor. Sehingga kedua hal tersebut yang membuat daun kenikir jadi punya manfaat dalam mencegah darah tinggi. Kalian bisa mengonsumsi daun kenikir secara rutin sebagai lalapan saat makan di siang hari.

 

2. Menutrisi Tulang

Kemudian manfaat daun kenikir yang selanjutnya yaitu dapat menutrisi tulang. Memiliki tulang yang kuat memang menjadi sebuah kewajiban, hal ini agar kalian terhindar dari penyakit osteoporosis. Dan untuk mendapatkan tulang yang kuat, kalian bisa kok menggunakan manfaat dari daun kenikir.

Hal ini karena, daun kenikir memiliki kandungan mineral berupa kalsium yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, kandungan mineral dalam daun kenikir ini bukan hanya kalsium saja loh KLovers. Dalam daun kenikir juga terdapat kandungan mineral berupa magnesium.

Dan dengan kedua kandungan mineral tersebut, manfaat daun kenikir untuk kesehatan tulang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab, dengan mengonsumsinya secara rutin, kalian akan terhindar dari gangguan atau penyakit tulang, seperti osteoporosis.

 

3. Mengatasi Diabetes

Tidak hanya mengatasi hipertensi saja, nyatanya manfaat daun kenikir juga dapat mengatasi diabetes loh KLovers. Sama seperti hipertensi, diabetes juga mengharuskan penderitanya berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Karena bila salah mengonsumsi maka akan membuat gula darah naik. Dan tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes.

Namun daun kenikir mampu mengatasi diabetes loh KLovers. Hal ini karena menurut sejumlah penelitian, kenikir memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan. Tak hanya itu saja, kenikir juga memiliki kemampuan mengelola hiperglikemia atau kadar gula tinggi dalam darah. Sehingga sangat cocok bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

Kemudian kenikir juga mampu menetralkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe-2, bahkan dapat menghambat alpha-glukosidase, enzim yang memecah karbohidrat yang lebih besar menjadi molekul glukosa yang lebih kecil. Dengan menghambat alpha-glukosidase, tubuh akan melepaskan glukosa lebih lambat ke aliran darah. Ini bertindak untuk mengatur ketersediaan glukosa dengan insulin.

 

4. Memberikan Kesehatan Jantung

Jantung menjadi salah satu organ dalam yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Karena jantung menjadi salah satu penyakit yang memiliki risiko kematian tertinggi di seluruh dunia, sehingga tidak heran bila jantung menjadi salah satu hal yang penting untuk dijaga kesehatannya.

Salah satunya dengan melakukan pola hidup sehat, dan mengonsumsi kenikir. Yup! Daun kenikir dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dengan sangat baik. Hal ini karena daun kenikir memiliki kandungan antioksidan dan flavonoid yang bisa memperlancar peredaran darah.

Di samping itu, kandungan ini juga baik untuk memperkuat kerja otot jantung dan pembuluh darah. Bahkan daun kenikir juga dipercaya dapat memberikan kesehatan pada mereka yang memiliki kondisi jantung yang lemah.

 

5. Mengurangi Risiko Kanker

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung saja, nyatanya daun kenikir juga dipercaya bisa mencegah penyakit ganas sekelas kanker loh KLovers. Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa dalam daun kenikir terdapat zat antioksidan seperti, saponin, flavonoid, dan terpenoid yang berfungsi menangkal radikal bebas.

Seperti yang kita tahu salah satu pemicu kanker adalah radikal bebas. Artinya, dengan mengonsumsi daun kenikir kita akan lebih terhindar dari risiko kanker. Selain itu tiga zat tersebut juga diketahui memiliki sifat antikarsinogenik yang berperan penting dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

Jadi tidak heran bila daun kenikir dipercaya dapat mengatasi risiko terkena penyakit kanker. Konsumsilah daun kenikir dengan sering untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker perut, kanker hati, kanker payudara, kanker lambung, dan lainnya.

 

6. Mengobati Maag

Maag atau asam lambung bisa terjadi pada siapa saja, bila sudah seperti ini maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kalian. Asam lambung sendiri terjadi karena seseorang telat makan atau salah mengonsumsi sesuatu yang membuat asam pada lambung mereka naik.

Bila sudah begini maka tubuh akan mengalami gejala seperti nyeri di dada, perut terasa mual, hingga merasa sakit kepala dan migrain. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menggunakan manfaat daun kenikir. Hal ini dikarenakan daun kenikir mempunyai kandungan tokoferol yang dipercaya bisa menetralkan asam lambung.

Manfaat daun kenikir untuk mengobati lambung bisa didapat dengan menggunakan daun kenikir rebus sebagai lalapan. Selain itu, air rebusan daun kenikir sebaiknya juga tidak dibuang begitu saja. Sebab, sangat dimungkinkan air rebusan tersebut masih mempunyai khasiat yang sama. Sehingga, kalian juga bisa meminum air rebusan daun kenikir sebagai obat maag.

 

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, maka kalian bisa meningkatkan imun tubuh dengan menggunakan manfaat daun kenikir. Bukan hanya mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya dalam tubuh, nyatanya daun kenikir juga mampu meningkatkan imun tubuh dengan sangat baik.

Bukan hanya meningkatkan imun tubuh pada orang dewasa saja, namun daun kenikir juga mampu meningkatkan imun tubuh pada anak-anak. Kandungan vitamin dalam daun kenikir inilah yang mampu memperbaiki imunitas tubuh. Dan kandungan tersebut antaranya vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Selain itu, dalam daun kenikir juga terdapat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

 

8. Memiliki Sifat Antijamur dan Mikroba

Ternyata daun kenikir memiliki kandungan anti jamur dan mikroba loh. Ada empat bakteri yang pertumbuhannya dihambat oleh ekstrak daun kenikir, yaitu bacillus subtilis, staphylococcus aureus, escherichia coli, dan pseudomonas aeruginosa, serta satu jamur candida albicans.

Dan salah satu bakteri bernama e.coli ini yang sering kita temui ditubuh manusia, karena berbagai alasan. Dan jenis bakteri yang satu ini dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti anemia dan gagal ginjal yang berujung pada kematian. Selain itu, bakteri ini pun dapat menyebabkan infeksi kandung kemih dan jenis infeksi lainnya. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun kenikir ini masih diperlukan.

 

9. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tubuh manusia memiliki racun yang berbahaya dan harus dibuang. Itulah mengapa walaupun tubuh terlihat sehat kita tetap harus membersihkan racun di dalam tubuh. Karena racun di dalam tubuh masuk dengan banyak alasan, bisa karena makanan yang kita konsumsi hingga polusi yang setiap hari kita hirup.

Kandungan vitamin E dan C serta flavonoid pada daun kenikir bermanfaat sebagai detoksifikasi alami untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan begitu, darah pun akan menjadi bersih serta mempermudah kerja organ hati dan ginjal secara maksimal.

 

10. Menghilangkan Bau Mulut

Memiliki aroma yang khas, harum seperti daun kemangi. Ternyata aroma ini mampu mengatasi bau mulut kalian loh KLovers. Daun kenikir mengandung alkohol koniferil yang bersifat anti bakteri. Kandungan ini bisa membersihkan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut.

Kuman-kuman ini biasa bersarang di lidah dan sela-sela gigi, menyebabkan bau mulut hingga gigi berlubang. Tumbuhan ini juga memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat mencegah bau badan. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian cukup mengunyah daun kenikir lalu berkumur dengan air biasa.

 

11. Mengobati Sakit Gondongan

Manfaat daun kenikir yang selanjutnya yaitu dapat mengobati sakit gondongan. Sakit gondongan memang sangat menyiksa dan nyeri sekali, biasanya sakit ini banyak diderita oleh anak-anak. Namun tak perlu khawatir KLovers, kalian bisa kok mengobati sakit gondongan dengan menggunakan manfaat kenikir.

Hal ini karena terdapat kandungan tokoferol dan polifenol pada daun kenikir yang bermanfaat mengobati sakit gondongan akibat radang. Dan cara menggunakannya cukup mudah kok KLovers, kalian bisa menggiling daun kenikir sampai benar-benar halus.

Kemudian campurkan daun kenikir yang sudah halus dengan cuka. Lalu, gosokkan campuran daun kenikir dan cuka itu pada area yang terdapat gondongan. Lakukan cara ini secara rutin minimal tiga kali dalam sehari sampai gondongan kempes dan sembuh.

 

12. Menambah Nafsu Makan

Dan manfaat daun kenikir yang terakhir yaitu dapat menambah nafsu makan pada orang dewasa hingga anak-anak. Ternyata bukan tanpa alasan mengapa daun kenikir sering dibuat lalapan. Itu karena daun kenikir punya khasiat meningkatkan nafsu makan. Dengan begitu, daun ini sangat cocok jika diberikan pada anak-anak yang acap kali mengalami kehilangan nafsu makan.

Selain itu, daun kenikir juga baik dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung gizi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Dan kandungan gizi tersebut antaranya protein, lemak, karbohidrat, kalsium, dan vitamin A.

Itulah 12 manfaat daun kenikir yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya memberikan nutrisi saja, nyatanya daun kenikir juga dapat menjadi obat untuk penyakit ringan dan penyakit serius.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI