60 Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib yang Menyentuh Hati Tentang Kehidupan

Senin, 23 November 2020 11:40 Penulis: Nurul Wahida
60 Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib yang Menyentuh Hati Tentang Kehidupan
Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Membaca kata-kata yang menyentuh tentunya bisa bikin baper setiap orang. Terlebih jika kata-kata tersebut berasal dari Rasulullah SAW beserta sahabat seperti Ali bin Abi Thalib yang tak lain adalah sepupu dan menantu Nabi Muhammad SAW. Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib kerap dijadikan sebagai motivasi sekaligus perenungan diri tentang kehidupan dalam menghadapi beragam permasalahan.

Beragam kisah Nabi dan para sahabat Nabi Muhammad SAW tentunya menjadi suri tauladan yang baik bagi setiap orang terkhusus umat Islam. Salah satunya Ali bin Abi Thalib, sahabat serta menantu Rasulullah SAW yang kerap menjadi menginspirasi banyak orang dengan kata-kata bijaknya. Sebab banyak kisah dan hikmah yang dapat diambil dari Ali bin Abi Thalib yang menyentuh hati.

Ali bin Abi Thalib dikenal sebagai khalifah keempat yang termasuk khulafaur rasyidin bersama dengan sahabat Rasulullah diantaranya Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khatab, dan Utsman bin Affan. Selain itu Ali bin Abi Thalib juga dikenal sebagai pribadi yang saleh dan adil. Tak heran apabila sosok Ali bin Abi Thalib begitu menginspirasi hingga kerap menjadi suri tauladan yang baik. Sejumlah kata-kata Ali bin Abi Thalib seringkali dipakai untuk memotivasi tentang kehidupan yang cukup banyak diliputi beragam kejadian baik suka ataupun duka.

Selain itu pesan bijak Ali bin Abi Thalib ini bisa membuat kalian yang tengah dirundung masalah ataupun duka agar tetap kuat serta optimis menghadapi kehidupan. Sebut saja mulai dari hikmah kesabaran, ketulusan, kekuatan ataupun keikhlasan bisa menjadi inspirasi untuk kalian dalam menjalani hidup. Bahkan kalian juga bisa mengunggah kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib melalui akun sosial media agar bisa menginspirasi banyak orang.

Lalu apa saja kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib?

Adapun kata-kata Ali bin Abi Thalib terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut kata-kata Ali bin Abi Thalib yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

 

 

 

 

1. Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib

Meneladani kisah hidup Rasulullah beserta para sahabat bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan bisa menjadi solusi atas persoalan hidup. Seperti Ali bin Abi Thalib, salah satu dari sahabat Nabi yang pertama kali memeluk Islam. Ali bin Abi Thalib juga dikenal sebagai pemimpin dengan beragam kisah yang menginspirasi. Seperti kata-kata bijak dari Ali bin Abi Thalib di bawah ini mungkin dapat kalian renungkan kembali saat menghadapi sebuah pengalaman hidup.

Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib:

1. Orang yang cantik tidak selamanya orang baik, tapi orang yang baik selalu cantik.

2. Dirimu yang sebenarnya adalah apa yang kamu lakukan di saat tiada orang yang melihatmu. 

3. Lepaskan segala sesuatu yang membuatmu stres dan sedih.

4. Apabila akal tidak sempurna maka kurangilah berbicara.

5. Jangan menasihati orang bodoh, karena dia akan membencimu. Nasihatilah orang yang berakal, karena dia akan mencintaimu. 

6. Bila kau cemas dan gelisah akan sesuatu, masuklah ke dalamnya sebab ketakutan menghadapinya lebih menganggu daripada sesuatu yang kau takuti sendiri.

7. Orang yang berdoa tanpa beramal sama halnya seperti pemanah tanpa busur.

8. Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu.

9. Tidak ada gunanya seorang penolong yang selalu menghina atau teman yang selalu berburuk sangka.

10. Ketulusan seseorang sesuai dengan kadar kemanusiaannya.

11. Barangsiapa menempatkan dirinya di tempat-tempat yang mencurigakan janganlah ia menyalahkan orang lain yang berburuk sangka kepadanya.

12. Pergunjingan adalah puncak kemampuan orang-orang yang lemah.

13. Kesalahan terburuk kita adalah ketertarikan kita pada kesalahan orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib Tentang Kehidupan

Tak selalu mulus, menjalani kehidupan terkadang harus melewati sejumlah ujian ataupun rintangan. Kuat bertahan dalam menghadapi cobaan menjadi salah satu cara paling penting untuk dilakukan. Kata bijak Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan di bawah ini juga bisa kalian renungkan kembali saat menghadapi sebuah perjalanan hidup tertentu.

Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib tentang kehidupan:

14. Jangan pernah membuat keputusan dalam kemarahan dan jangan pernah membuat janji dalam kebahagiaan.

15. Kezaliman akan terus ada, bukan karena banyaknya orang-orang jahat. Tapi karena diamnya orang-orang baik.

16. Lidah orang yang berakal berada di belakang hatinya, sedangkan hati orang bodoh berada di belakang lidahnya.

17. Kemarahan dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan.

18. Kesalahan terburuk kita adalah ketertarikan kita pada kesalahan orang lain.

19. Kenali kebenaran, maka kamu akan tahu orang-orang yang benar. Benar Tidak diukur oleh orang-orangnya, tetapi manusia diukur oleh kebenaran.

20. Sebagian obat justru menjadi penyebab datangnya penyakit, sebagaimana sesuatu yang menyakitkan adakalanya menjadi obat penyembuh.

21. Hiburlah hatimu, siramilah ia dengan percikan hikmah. Seperti halnya fisik, hati juga merasakan letih.

22. Pergunjingan adalah puncak kemampuan orang-orang yang lemah.

23. Tubuh dibersihkan dengan air. Jiwa dibersihkan dengan air mata. Akal dibersihkan dengan pengetahuan. Dan jiwa dibersihkan dengan cinta.

24. Orang yang tidak menguasai matanya, hatinya tidak ada harganya.

25. Cintailah kekasihmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekedarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu.

26. Sungguh wanita mampu menyembunyikan cinta selama 40 tahun, namun tak sanggup menyembunyikan cemburu meski hanya sesaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib Tentang Kesabaran

Sabar menjadi salah satu teladan yang baik untuk diterapkan dalam setiap kehidupan. Sikap dan sifat sabar ini alangkah pentingnya dimiliki setiap orang saat menghadapi sebuah persoalan. Meski terkadang cukup sulit menahan hati, pikiran, bahkan amarah, namun sabar justru bisa membuka jalan solusi yang tepat. Kata-kata bijak Ali  bin Abi Thalib tentang kesabaran di bawah ini juga bisa kalian jadikan suri tauladan yang baik.

Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran:

27. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.

28. Telanlah amarahmu sebab kau tidak pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dan lebih lezat daripada itu.

29. Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak.

30. Apabila akal tidak sempurna maka kurangilah berbicara.

31. Bila kau cemas dan gelisah akan sesuatu, masuklah ke dalamnya sebab ketakutan menghadapinya lebih menganggu daripada sesuatu yang kau takuti sendiri.

32. Memaafkan adalah kemenangan terbaik.

33. Yang paling mampu memaafkan ialah orang yang paling berkuasa untuk menghukum.

34. Jangan membenci siapapun, tidak peduli berapa banyak mereka bersalah padamu.

35. Sifat pemarah adalah musuh utama akal.

36. Jika ada kata-kata yang melukai hati, menunduklah dan biarkan ia melewatimu. (jangan dimasukkan hati agar tidak lelah hatimu).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib Tentang Optimis

Optimis menjalani hidup untuk selalu melangkah ke depan dan kuat dalam setiap ujian ataupun melakukan sesuatu juga bisa kalian ambil dari kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib. Dari kata-kata sahabat Rasulullah ini bisa menjadi motivasi buat kalian agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi hidup.

Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib tentang optimis:

37. Seseorang yang putus asa melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, tetapi orang yang optimis melihat peluang dalam setiap kesulitan.

38. Bila kau cemas dan gelisah akan sesuatu, masuklah ke dalamnya sebab ketakutan menghadapinya lebih menganggu daripada sesuatu yang kau takuti sendiri.

39. Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi.

40. Orang yang terlalu memikirkan akibat dari sesuatu keputusan atau tindakan, sampai kapan pun dia tidak akan menjadi orang berani.

41. Adakalanya yang sedikit lebih berkah daripada yang banyak.

42. Kesempatan datang bagai awan berlalu. Pergunakanlah ketika ia nampak di hadapanmu.

43. Menjaga air muka adalah hiasan bagi orang miskin, sebagaimana syukur adalah hiasan bagi orang kaya.

44. Pekerjaan tangan yang paling sederhana sekalipun demi mempertahankan harga diri seseorang, jauh lebih utama daripada kekayaan yang disertai penyelewengan.

45. Sisihkan gelombang-gelombang kerisauan dengan kekuatan kesabaran dan keyakinan.

46. Jadilah seperti bunga yang mengharumkan bahkan kepada tangan yang telah menghancurkannya.

47. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.

48. Sisihkan gelombang-gelombang kerisauan dengan kekuatan kesabaran dan keyakinan.

49. Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.

50. Jangan katakan pada Allah aku punya masalah besar, tetapi katakan pada masalah bahwa aku punya Allah Yang Maha besar.

51. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Kata-Kata Bijak Ali bin Abi Thalib Tentang Kebaikan

Rasulullah dan para sahabatnya salah satunya Ali bin Abi Thalib juga telah memberi nasihat atau inspirasi bagi setiap orang mengenai perbuatan baik kepada setiap orang atau bahkan makhluk ciptaan Allah SWT.

Kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib tentang kebaikan:

52. Balas dendam terbaik adalah dengan menjadikan dirimu lebih baik.

53. Jadilah orang yang dermawan, tapi jangan menjadi pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tapi jangan menjadi orang yang kikir. 

54. Banyak permasalahan pelik yang berhasil diselesaikan dengan sikap bermurah hati.

55. Harta itu kurang apabila dibelanjakan tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan.

56. Orang yang berdoa tanpa beramal sama halnya seperti pemanah tanpa busur.

57. Orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal: kepercayaan, cinta dan rasa hormat.

58. Sesungguhnya mengikuti hawa nafsu dapat menghalanginya dari kebenaran dan panjang angan-angan dapat membuatnya lupa akhirat.

59. Perbaiki sholatmu, maka Allah akan memperbaiki hidupmu.

60. Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik.

Nah itulah 60 kata-kata bijak Ali bin Abi Thalib yang menyentuh hati tentang kehidupan. Tentunya sangat menginspirasi sekaligus dapat menjadi motivasi buat kalian dalam menjalani sebuah persoalan hidup.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI