10 Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami, Ampuh dan Cepat

Kamis, 12 November 2020 19:22 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mengobati Asam Lambung Naik Secara Alami, Ampuh dan Cepat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Asam lambung merupakan penyakit yang ditimbulkan ketika lambung memproduksi senyawa asam berlebih yang menyebabkan penderita merasakan sakit di bagian perut yang begitu melintir. Pada dasarnya, asam lambung sendiri sangat diperlukan tubuh untuk mencerna makanan. Akan tetapi, produksi asam lambung yang terlalu banyak juga tidak baik bagi tubuh. Banyak faktor yang menyebabkan kalian bisa terkena asam lambung seperti terlambat makan, mengonsumsi makanan pedas, merokok, mulut kering, asma. diabetes, hingga gaya hidup yang nggak sehat.

Asam lambung yang naik akan menimbulkan sensasi nyeri dan panas. Belum lagi, mulut terasa pahit dan asam, hingga menimbulkan rasa mual ingin muntah. Tak heran seringkali penyakit asam lambung membuat penderitanya merasa terganggu karena bisa kambuh sewaktu-waktu. Obat-obatan untuk mengobati asam lambung sebenarnya banyak dijual bebas. Namun, nggak ada salahnya apabila kalian mengobatinya secara alami sebelum pergi ke dokter.

Berikut ini cara mengobati asam lambung secara alami yang bisa menjadi alternatif untuk kalian coba.

 

1. Kunyit

Kunyit yang dikenal sebagai bumbu makanan ini ternyata juga bisa digunakan sebagai cara mengobati asam lambung lho. Kandungan vitamin C, A, B1, B2, B6, B12, E, serat, karbohidrat, lesitin, nepagin, fenil buaston, dan natrium deklofenak inilah yang berperan penting dalam mengobati asam lambung. Selain itu, terdapat juga kandungan antioksidan polifenol yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antikanker.

Kandungan yang ada di dalam kunyit inilah yang bisa membantu meredakan beberapa penyakit, termasuk asam lambung. Kalian bisa membuat ramuan kunyit dengan cara merebus parutan kunyit dan meminumnya dua kali sehari secara rutin.

 

2. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya digunakan sebagai cara mengobati asam lambung tentu saja terdengar aneh. Namun, ternyata lidah terbukti efektif meringankan asam lambung ketika sedang kambuh. Cara mengobati asam lambung menggunakan lidah buaya yaitu dengan siapkan gel lidah buaya yang sudah dibersihkan. Setelah itu blender hingga halus. Jika sudah, minumlah sebelum makan.

 

3. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Cara mengobati asam lambung selanjutnya yaitu sangat sederhana hanya dengan mengunyah permen karet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur. Air liur yang diproduksi bisa membersihkan kerongkongan dari asam.

Oleh sebabnya, jika asam lambung sewaktu-waktu kambuh, kalian bisa mencoba cara yang paling mudah dengan mengunyah permen karet bebas gula yang bisa menetralkan asam di lambung.

 

 

4. Daun Kemangi

Sifat menenangkan pada daun kemangi dapat memberi bantuan kalian ketika asam lambung yang naik. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa mengonsumsi beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit. Menghirupnya sesering mungkin juga menjadi salah satu solusi terbaik untuk masalah asam lambung.

 

5. Air Kelapa

Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata air kelapa mempunyai manfaat yang baik pula salah satunya dapat mengobati asam lambung. Ketika kalian meminum air kelapa, maka pH asam tubuh bisa berubah menjadi basa.

Hal ini membantu menghasilkan lendir di perut kalian yang melindungi perut dari efek berbahaya dari produksi asam yang berlebihan. Selain itu, air kelapa kaya akan serat sehingga membantu pencernaan mencegah kemunculan kembali keasaman.

 

6. Pisang

Cara mengobati asam lambung supaya nggak kambuh lagi yaitu bisa secara rutin mengonsumsi pisang. Selain itu, pisang mengandung antasida alami yang dapat bertindak sebagai penyangga terhadap refluks asam. Dengan begitu, ada baiknya kalian mengonsumsi pisang setiap harinya untuk mencegah rasa tidak nyaman akibat asam lambung naik.

 

7. Kayu Manis

Kayu manis tak kalah ampuh sebagai bahan alami yang berfungsi untuk mengobati asam lambung.dan dapat menenangkan perut kalian. Untuk mendapatkan manfaatnya, minumlah teh kayu manis yang berguna untuk menyembuhkan infeksi di saluran pencernaan. Kayu manis sendiri merupakan pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan.

 

8. Kacang Hijau

Siapa sangka nih jika kacang hijau juga menjadi salah satu cara mengobati asam lambung secara alami yang bisa kalian coba. Kacang hijau efektif untuk menetralkan asam lambung yang naik. Selain itu, khasiat kacang hijau lainnya ialah mampu menebalkan lapisan lambung.

Cara mengobati asam lambung dengan kacang hijau bisa pun sangat mudah. Kalian bisa mengolahnya menjadi bubur kacang hijau. Selain rasanya yang nikmat, kacang hijau juga memberikan khasiat untuk kesehatan lambung.

 

9. Teh Chamomile

Sifat anti radang yang dimiliki teh chamomile efektif meredakan sakit perut akibat peradangan pada perut. Chamomile juga berkhasiat mengurangi kadar asam lambung dalam organ pencernaan. Selain itu, teh chamomile juga mampu mengatasi keluhan susah tidur dan membuat tidur lebih nyenyak.

 

10. Jahe

Terakhir, cara mengobati asam lambung yaitu dengan menggunakan jahe. Rempah yang satu ini dikenal sebagai obat anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengobati asam lambung. Jahe juga dapat memberikan respon gastroprotektif untuk mencegah peningkatan asam lambung. Cara mendapatkan manfaat jahe yaitu dengan menyiapkan jahe yang sudah digeprek. Setelah itu, campurkan dengan segelas air panas. Jika sudah, kalian bisa langsung meminumnya setengah jam sebelum makan.

Itulah sederet cara mengobati asam lambung menggunakan bahan alami yang aman dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI