Cegah Penuaan, 10 Cara Awet Muda Secara Alami, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Jum'at, 20 November 2020 15:55 Penulis: Dita Tamara
Cegah Penuaan, 10 Cara Awet Muda Secara Alami, Sederhana dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai wajah yang awet muda tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, semakin bertambahnya usia, dan sederet padatnya aktivitas lainnya membuat kebanyakan orang sadar bahwa elastisitas dan kekencangan wajah semakin berkurang. Bahkan, sebelum waktunya, kebanyakan orang yang berusia 20 hingga 30 an tahun sudah muncul tanda-tanda penuaan di wajah. Tak heran kalian akan melakukan berbagai cara untuk tampil awet muda sampai rela mengeluarkan biaya yang besar untuk perawatan supaya wajah tetap bersinar.

Penuaan pada dasarnya sebuah proses alami yang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Namun, bagi kalian yang menua sebelum waktunya memang bisa terjadi lantaran kebiasaan buruk yang nggak disadari. Oleh sebab itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat salah satu hal penting untuk menunda penuaan.

Meski kini banyak orang yang masih beranggapan jika cara awet muda bisa ditempuh dengan berbagai upaya yang mahal. Namun, pada dasarnya ada kebiasaan pola hidup sehat yang dapat kalian terapkan untuk tetap awet muda secara alami. Berikut ini ulasan cara awet muda yang bisa kalian coba.

 

1. Istirahat yang Cukup

Mesti terdengar mudah, cara awet muda yang satu ini seringkali ditinggalkan oleh banyak orang. Ya, banyaknya aktivitas membuat kebanyakan orang lebih sering begadang. Padahal kalau ingin tampil awet muda yaitu harus tidur yang cukup. Sebab, tidur cukup yang berkualitas termasuk cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda. Kulit butuh waktu untuk meregenerasi sel-selnya setiap hari. Oleh sebab itu, sudah semestinya istirahat yang cukup dengan tidur 8 jam setiap harinya.

 

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Cara awet muda selanjutnya adalah memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan sehat merupakan kunci menuju organ-organ tubuh yang awet muda. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian mengonsumsi buah, sayur, protein rendah lemak, karbohidrat kompleks, tiga porsi produk olahan susu rendah lemak, dan lemak sehat setiap hari. Konsumsi garam juga sebaiknya dibatasi demi kestabilan tekanan darah.

 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya, cara awet muda yaitu membiasakan diri untuk rajin meminum air putih. Tak hanya kulit yang perlu hidrasi. Kebutuhan cairan tubuh juga harus dipenuhi agar fungsi otak optimal dan energi terjaga. Selain itu, minum air dalam jumlah memadai juga bisa menjadikan kulit lebih sehat serta awet muda. Sebaiknya, konsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya.

 

4. Hindari Merokok

Jika kalian memiliki kebiasaan merokok, maka hal ini bisa mempercepat penuaan dini. Hal ini lantaran kandungan nikotin dalam rokok berpotensi membuat pembuluh darah menyempit dan aliran darah ke seluruh tubuh dapat terganggu. Untuk itu kulit akan lebih cepat mengalami penuaan atau keriput.

Selain itu, perokok pasif pun juga dapat mendapatkan efeknya yang berasal dari paparan asap rokok. oleh sebab itu, jika ingin selalu tampil awet muda, untuk membiasakan diri dengan pola hidup sehat dan hindari merokok.

 

5. Hindari Stres

Menjaga kesehatan mental sangat diperlukan sebagai salah satu upaya cara awet muda. Oleh sebab itu, hindarilah stres berlebih. Ketika menghadapi masalah, sebaiknya tidak sedih atau frustrasi berlarut-larut.

Sebab, kondisi stres dapat mempercepat proses penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kalian sering stres, cobalah untuk mengikuti terapi relaksasi. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan yoga atau sekedar refreshing bersama orang terdekat.

 

6. Konsumsi Teh Hijau

Sudah diyakini sejak dulu jika teh hijau dapat memperlambat penuaan. Hal ini lantaran teh hijau memiliki kandungan zat anti-oksidan yang amat tinggi. Meminum teh secara teratur juga kalian dapat lakukan di rumah. Cara mendapat teh juga cukup gampang lantaran tersedia banyak di banyak toko serta pasaran.

 

7. Gunakan Tabir Surya Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Salah satu penyebab utama dari kerusakan pada kulit adalah paparan dari sinar matahari. Hal ini dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, bercak kasar, dan perubahan pada warna kulit. Cara awet muda bisa diatasi dengan menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Selain melindungi diri dari sinar ultraviolet, tabir surya juga dapat untuk mencegah kanker.

 

8. Rajin Membersihkan Wajah

Cara awet muda yang harus dilakukan setiap harinya yaitu dengan membersihkan wajah. Lakukan pembersihan wajah secara rutin pada saat bangun tidur mandi pagi dan sebelum tidur malam.

Pembersihan wajah bisa menghilangkan debu dan kotoran yang seharian menempel di kulit kalian. Debu dan kotoran tersebut harus dihilangkan setiap hari demi kecantikan kulit kalian. Degan begitu, kulit pun menjadi bersih dan awet muda.

 

9. Gunakan Pelembab

Salah satu munculnya garis halus di kulit sebagai ciri dari penuaan yaitu wajah tidak terhidrasi dengan baik. Untuk mengatasinya, kalian perlu menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit. Kalian bisa mengaplikasikan pelembab saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

 

10. Olahraga Teratur

Terakhir, cara awet muda bisa diimbangi dengan berolahraga secara rutin. Tak menjadikan kulit tampil lebih muda, membiasakan diri berolahraga juga mempunyai manfaat seperti memperbaiki kualitas tidur, menjauhkan stres, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Ada baiknya, kalian melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 2,5 jam. Kalian bisa melakukan jenis olahraga aerobik seperti jalan kaki, berenang, sepeda, jogging dan bersepeda.

itulah sederet cara awet muda yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI