Manfaat Ginseng Korea Bagi Kesehatan, Beserta Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Jum'at, 20 November 2020 15:33 Penulis: Dhia Amira
Manfaat Ginseng Korea Bagi Kesehatan, Beserta Efek Sampingnya Jika Dikonsumsi Berlebihan
Ginseng Korea (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ginseng merupakan salah satu jenis rempah yang bentuknya hampir mirip seperti jahe. Jenis rempah yang satu ini banyak ditemukan di negara seperti Siberia, Korea Selatan, hingga Amerika. Sudah sejak lama ginseng Korea dipercaya menjadi salah satu rempah yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Sehingga tidak heran manfaat ginseng Korea ada banyak sekali untuk tubuh.

Ginseng sendiri menjadi salah satu makanan mewah untuk para raja-raja terdahulu dalam meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh. Ginseng bagi masyarakat Korea sebagai salah satu hadiah pengobatan dari para dewa. Mereka akan berhati-hati dalam mencari ginseng. Sehingga tidak heran bila ginseng Korea sudah dipercaya sejak dulu dalam pengobatan tradisional karena khasiatnya.

Kira-kira apa saja ya manfaat ginseng Korea? Dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat ginseng Korea bagi kesehatan yang wajib kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Manfaat ginseng yang pertama yaitu dapat meningkatkan kemampuan berpikir pada tubuh. Yup! Dengan mengonsumsi ginseng dalam kurun waktu yang lama, maka kalian dapat meningkatkan kemampuan berpikir dengan lebih baik loh KLovers.

Dalam sebuah penelitian di Cina, yang dilansir dari Liputan6.com menemukan fakta bahwa salah satu manfaat ginseng adalah bisa memacu kemampuan berpikir manusia sekaligus membuat fungsi kognitifnya menjadi lebih baik dan aktif. Bahkan kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak.

Dan manfaat ginseng ini ternyata bisa didapatkan untuk peningkatan kognitif, perilaku, serta kualitas hidup. Sehingga tidak heran bila ginseng dipercaya dapat meningkatkan kualitas berpikir pada otak.

 

2. Mengurangi Risiko Alzheimer

Tak hanya meningkatkan kualitas berpikir saja, nyatanya manfaat ginseng juga dapat mengurangi risiko alzheimer loh KLovers. Dengan mengonsumsi 4,5 hingga 9 gram ekstrak ginseng Korea tiap hari selama tiga bulan, maka kemungkinan ini bisa meningkatkan kinerja mental pada penderita penyakit Alzheimer.

Bahkan kandungan antioksidan dalam ginseng dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel di otak. Oleh karena itu, manfaat ginseng lainnya adalah dapat mencegah Alzheimer, demensia dan gangguan kognitif lainnya. Sehingga hal ini membuat seseorang tidak akan terkena pikun walaupun bertambahnya usia.

 

3. Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan

Manfaat ginseng yang selanjutnya yaitu dapat mengobati infeksi saluran pernapasan. Yup! Dengan mengonsumsi ekstrak ginseng dengan dosis 200-400 mg selama 3-6 bulan, maka dipercaya dapat meringankan gejala pada saluran pernapasan. Hal ini karena, selain mempunyai sifat antioksidan, ginseng ternyata juga mempunyai efek anti peradangan.

Dan efek anti peradangan pada ginseng ini karena adanya senyawa ginsenosida. Senyawa ini mempunyai efek meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh salah satunya infeksi saluran pernapasan. Bahkan penelitian menunjukkan zat aktif pada ginseng Korea dapat meningkatkan efek antioksidan pada paru-paru yang dapat memperbaiki gejala PPOK.

 

4. Meringankan Penyakit Flu

Flu memang menjadi salah satu penyakit ringan, namun dapat mengganggu aktivitas kalian. Dan bukan hal yang asing lagi bila ginseng dipercaya sejak lama untuk meredakan flu pada tubuh. Bagi masyarakat Korea, flu bisa diatasi dengan baik hanya dengan mengonsumsi sup ayam ginseng.

Dan ini sudah terbukti loh dalam penelitian KLovers. Dengan mengonsumsi ginseng dalam takaran tertentu dipercaya bisa mencegah flu dan pilek pada orang dewasa usia 18 hingga 65 tahun. Bahkan salah satu riset dilakukan menggunakan ekstrak ginseng merah Korea, dan terbukti dapat mengurangi peradangan dan memperbaiki aktivitas antioksidan.

Kandungan anti alergi, anti mikroba, dan anti oksidan dalam ginseng juga berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri. Bahkan tanaman herbal ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit, seperti influenza, virus hepatitis C, respiratory syncytial virus (RSV), dan rotavirus.

 

5. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya dapat memberikan kesehatan pada tubuh saja, nyatanya manfaat ginseng Korea juga bisa memberikan nutrisi pada kulit loh KLovers. Bagi produk kecantikan Korea, ginseng bukan hal yang asing lagi dalam bahan utama pada sebuah produk kecantikan. Mulai dari krim, sabun cuci muka, serum, toner, hingga masker wajah.

Itu karena ginseng Korea dipercaya dapat mengurangi risiko penuaan dini pada kulit. Tentu hal ini karena kandungan antioksidan di dalam ginseng bisa membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Selain itu, manfaat ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Manfaat ginseng Korea yang satu ini bahkan membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap. Sehingga tidak heran bila ginseng banyak menjadi bahan utama produk kecantikan Korea.

 

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat memang menjadi salah satu hal yang penting dalam tubuh, dan untuk mendapatkan tubuh yang sehat tersebut, maka kalian haru meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian. Banyak cara dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya yaitu dengan menggunakan manfaat ginseng Korea.

Berdasarkan berbagai penelitian terhadap penderita kanker perut yang menjalani operasi atau kemoterapi, ginseng dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi gejala yang kerap muncul secara berulang setelah menjalani perawatan. Bahkan, ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan efek pada vaksinasi influenza.

Hal ini juga karena berkaitan dengan kandungan ginsenosides di dalam ginseng yang menjaga tubuh dari segala macam virus yang menghampiri. Jadi dengan manfaat ginseng yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, maka banyak penyakit dari luar bisa diatasi dengan baik.

 

7. Meningkatkan Stamina Pada Pria

Dalam sebuah penelitian di Korea Selatan mengungkapkan bahwa, salah satu manfaat ginseng yaitu bisa mengatasi disfungsi ereksi. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa 60% penderita disfungsi ereksi yang rajin mengonsumsi ginseng kondisinya lambat laun menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bahkan khasiat ginseng Korea ini dipercaya baik untuk memperbaiki kesehatan seksual pria. Ginseng juga dapat digunakan sebagai terapi alternatif untuk meningkatkan kesuburan. Sehingga jenis rempah satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi para pria yang ingin meningkatkan stamina.

 

8. Terbebas dari Stres

Dan manfaat ginseng Korea yang terakhir yaitu, dapat terbebas dari stres atau depresi. Stres atau depresi bisa dialami oleh siapa saja, dan hal ini tidak baik bila dibiarkan begitu saja. Karena akan mengakibatkan penyakit lain di tubuh, hingga menyebabkan kematian. Bila kalian ingin terbebas dari stres, maka kalian bisa kok mengonsumsi ginseng.

Hal ini karena ginseng dapat mempengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Sehingga keduanya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang ada di tubuh. Selain itu senyawa adaptogen dalam ginseng dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

 

9. Efek Samping

Itulah beberapa manfaat ginseng Korea yang dapat kalian rasakan, namun bukan berarti kalian dapat mengonsumsi ginseng dengan sembarang ya KLovers. Hal ini karena, dengan kadar yang salah ginseng dapat berakibat buruk bagi tubuh. Dan inilah beberapa efek samping yang dapat kalian rasakan bila salah dalam mengonsumsi ginseng :

- Sakit kepala
- Pusing
- Gugup
- Diare
- Mudah marah
- Pendarahan
- Mulut kering
- Kejang
- Penglihatan kabur
- Gangguan tidur
- Gangguan pencernaan
- Penurunan detak jantung
- Perubahan tekanan darah
- Perubahan kadar gula darah

Sehingga kalian tidak boleh mengonsumsi ginseng secara berlebihan dan sembarang ya KLovers. Selain itu, bagi kalian yang menderita diabetes, insomnia, sensitif terhadap hormon, dan yang akan menjalani operasi, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi ginseng. Bahkan ibu hamil dan juga menyusui pun harus melakukan konsultasi sebelum mengonsumsi ginseng.

Itulah beberapa manfaat ginseng bagi kesehatan tubuh yang wajib kalian ketahui. Walaupun memiliki manfaat yang baik, tetapi kalian harus memperhatikan sebelum mengonsumsi ginseng ya KLovers. Karena dengan mengonsumsi secara berlebihan, ginseng juga memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI