10 Jenis Kertas Sesuai Kegunaannya, Jangan Salah Beli

Jum'at, 15 Januari 2021 11:22 Penulis: Dita Tamara
10 Jenis Kertas Sesuai Kegunaannya, Jangan Salah Beli
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Seringkali kalian menjumpai beragam jenis kertas yang bisa kalian gunakan sehari-hari. Dari berbagai jenis kertas yang ada, tentu saja memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Tak hanya digunakan sebagai bahan cetak tulisan saja, ada beragam manfaat lainnya yang kalian peroleh dari kertas. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis kertas yang paling sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk proyek cetak ataupun keperluan lainnya. Kalian juga bisa menentukan jenis kertas apa yang sesuai misalnya tipis beratnya kertas hingga tekstur kertas supaya tidak salah membeli.

Hal ini lantaran setiap jenis-jenis kertas biasanya dibedakan dari tingkat ketebalan (gsm) dan karakteristik yang juga mempengaruhi fungsinya. Nah, karena kertas memiliki banyak sekali fungsi dan memiliki tingkatan, maka penting sekali buat mengetahui masing-masing jenis kertas supaya membeli tepat sesuai kebutuhan. Berikut ini jenis kertas sesuai kegunaannya yang perlu kalian ketahui. Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya.

1. HVS

Jenis kertas yang pertama dan seringkali kalian jumpai yaitu kertas HVS. Kertas yang satu ini hampir selalu digunakan di berbagai jenis industri mulai percetakan, perkantoran, dan lain sebagainya. Adapun ciri dari kertas HVS yaitu memiliki permukaan yang kasar, berwarna putih, dan memiliki ketebalan 80gsm hingga 100gsm. Biasanya, kertas ini digunakan untuk kegiatan printing, fotokopi, membuat selebaran, dan masih banyak manfaat lainnya.

2. NCR

NCR (No Carbon Required) merupakan jenis kertas yang dirancang untuk mentransfer informasi yang tertulis di bagian depan ke lembaran yang ada di bawahnya. Umumnya, Ciri-ciri dari kertas ini mirip dengan kertas HVS, namun tersedia dalam berbagai macam warna.  Kertas ini biasanya digunakan untuk nota, kwitansi, serta bukti transaksi lainnya.

3. Art Paper

Selanjutnya, jenis kertas yang tak kalah populer di kalangan masyarakat yaitu Art paper. Jenis kertas art paper memiliki ciri khas permukaan yang halus dan licin. Hal tersebutlah yang membuat jenis kertas ini tidak bisa digunakan untuk menulis. Biasanya, kegunaan dari jenis kertas yang satu ini yaitu untuk flyer, katalog, serta voucher.

4. Art Carton

Hampir mirip dengan art paper, namun jenis kertas art carton ini memiliki bentuk yang lebih tebal. Tingkat ketebalan yang paling banyak digunakan adalah 210 gsm, 260 gsm, dan 320 gsm. Dengan tingkat ketebalan tersebut, biasanya kertas ini kerap digunakan untuk membuat sampul buku, pamflet, katalog dan lain sebagainya.

5. Ivory

Kertas ivory biasa ditemukan untuk membuat dan mencetak poster. Kertas ini hampir mirip dengan art paper dan carton, bedanya terdapat pada warna. Warna kertas ivory biasanya tidak seputih dan secerah kertas art paper atau art carton. Selain itu, kertas ivory hanya memiliki satu permukaan yang licin. Tidak hanya untuk membuat poster, namun kertas ini pula sangat cocok untuk mencetak buku agenda dan kertas kemasan produk.

6. Glossy

Selanjutnya, jenis kertas yang perlu kalian ketahui yaitu kertas glossy. Umumnya kalian sering menjumpai kertas ini untuk keperluan mencetak foto. Adapun ciri dari jenis kertas glossy yaitu berwarna putih mengkilap.  Kertas ini memiliki beberapa jenis mulai dari sticker photo paper yang biasanya digunakan untuk mencetak sticker. Selain itu, ada premium glossy photo paper yang biasa digunakan untuk mencetak foto berkualitas tinggi.

7. Buffalo

Buffalo menjadi salah satu jenis kertas yang sangat mudah kalian temukan di pasaran. Ciri dari jenis kertas buffalo yaitu mempunyai tekstur yang mirip guratan kayu dan permukaannya cukup kasar, berat kertas ini mulai dari 220 gram dan 250 gram. Selain itu, kalian bisa menjumpai berbagai pilihan warna yang beragam. Kertas ini sangat populer digunakan sebagai sampul jilid buku, map, serta berbagai bahan yang akan dijadikan kerajinan dari kertas.

8. Duplex

Kertas duplex memiliki ciri khas cukup tebal dan memang aman untuk membungkus makanan. Tak heran jika kalian sering menjumpai membeli makanan yang dibungkus untuk dibawa pulang menggunakan kertas duplex. Selain itu kertas ini juga sering digunakan untuk kemasan kue maupun kemasan obat-obatan. Adapun ketebalan dari jenis kertas duplex mulai dari 230 gram hingga 400 gram.

9. Asturo

Asturo merupakan jenis kertas yang tak kalah populer dan sering kalian jumpai. Ciri dari kertas asturo yaitu memiliki tekstur tebal dan mempunyai warna berbeda di kedua sisinya, dan biasanya satu sisinya berwarna putih. Kegunaan kertas ini untuk keperluan penjilidan, hingga untuk bahan membuat kerajinan tangan.

10. Kertas Concorde

Terakhir, jenis kertas yang sering digunakan yaitu kertas concorde. Kertas yang satu ini memiliki tekstur yang bergelombang serta akan memberikan kesan profesional dan berkelas pada hasil cetakan. Biasanya kertas ini digunakan untuk sertifikat, piagam, dan kop surat. Adapun berat dari jenis kertas ini yaitu mulai dari 160 gram hingga 250 gram.

Itulah sederet jenis kertas beserta kegunaannya yang penting kalian ketahui. Dengan begitu, kalian nggak perlu takut salah beli ya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI