10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil - Cegah Bayi Terlahir Prematur

Selasa, 02 Juni 2020 11:55 Penulis: Dita Tamara
10 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil - Cegah Bayi Terlahir Prematur
Manfaat buah bit (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sebagian orang mungkin kurang populer dengan buah bit. Buah berwarna merah ini merupakan sejenis umbi yang mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Manfaat buah bit memang sudah tidak diragukan lagi karena berbagai kandungan baik di dalamnya. Buah bit rendah sodium dan lemak serta merupakan sumber folat yang baik dan karenanya mendukung kesehatan mental serta emosional.

Buah yang biasa ditemui di Amerika Utara dan juga Inggris ini bisa dengan mudah kalian dapatkan di swalayan-swalayan Indonesia. Biasanya, buah bit dikonsumsi dengan mengolahnya menjadi jus.

Jika dikonsumsi secara rutin, tentu saja akan mendapatkan berbagai manfaat luar biasa. Lalu, apa saja manfaat bila mengonsumsi buah bit? Berikut ini Kapanlagi.com merangkum dari berbagai sumber manfaat buah bit yang perlu kalian ketahui.

1. Mencegah Anemia

Manfaat buah bit yang pertama yaitu dapat membantu mencegah anemia. Hal ini dikarenakan buah bit mampu regenerasi sel darah merah karena kandungan zat besi yang dimilikinya. Selain itu buat bit memiliki vitamin C yang juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga dapat mencegah anemia.

2. Stamina Tubuh

Buah bit dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, dan kandungan kalori cukup rendah. Hal inilah yang menyebabkan buah bit ini bisa membantu untuk meningkatkan energi dan juga stamina tubuh. Selain itu, dengan mengonsumsi buah bit akan menjaga kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya.

3. Mencegah Kanker

Selanjutnya, manfaat buah bit dapat mencegah penyakit yang disebut-sebut momok paling menakutkan yakni penyakit kanker. Hasil pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah bit mampu menekan pertumbuhan sel kanker karena kandungan betasianin dan antioksidan di dalam buah bit. Hal tersebut yang membuat para peneliti percaya jika mengonsumsi buah bit secara rutin akan terhindar dari berkembangnya sel kanker.

4. Kesehatan Ginjal dan Hati

Detoks buah bit salah satu cara yang dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Menurut penelitian yang ditemukan oleh Polandia, buah bit mampu membantu mengeluarkan racun di beberapa organ tersebut, terutama ginjal dan hati untuk tetap bekerja secara maksimal. Kalian bisa mengubah buah bit menjadi jus atau menyantapnya secara langsung.

5. Saluran Pencernaan

Buah bit mengandung serat dan antioksidan yang baik bagi saluran pencernaan. Kandungan nutrisi ini membuat buah bit dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah bit juga untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna karena proses peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar. Kalian bisa mengonsumsi buah bit untuk dijadikan jus, dan meminumnya di pagi hari secara rutin.

6. Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat buah bit selanjutnya yaitu baik untuk kesehatan ibu dan janin. Hal ini lantaran kandungan folat pada buat bit sangat baik untuk janin. Folat bermanfaat untuk risiko bayi lahir cacat dan prematur. Meskipun demikian, ada baiknya tidak mengonsumsi buah bit terlalu banyak.

7. \\Meningkatkan Kesuburan

Buah bit dapat meningkatkan hasil kesuburan pada wanita yang mencoba untuk hamil atau menjalani perawatan kesuburan. Buah jenis ini berperan dalam menjaga sirkulasi darah sehingga kesuburan wanita tetap terjaga. Kalian bisa mengonsumsi buah bit dengan cara mudah dan sederhana. Cukup dengan membuat jus segar untuk khasiat yang maksimal, konsumsi buah bit secara rutin selama 12 hari.

8. \\Mencegah Pikun

Buah bit juga baik untuk dikonsumsi lansia agar terhindar dari pikun. Kandungan nitrit dalam bit dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke tempat-tempat yang kekurangan oksigen. Dengan demikian, mengonsumsi jus bit dipercaya mampu meningkatkan aliran darah ke otak pada lansia dan dapat mencegah gejala pikun.

9. \\Menurunkan Berat Badan

Jika kalian mempunyai masalah terhadap berat badan, menjalankan program diet dengan mengonsumsi buah bit dapat menjadi solusi yang tepat. Buah bit sendiri dapat memperlancar detoksifikasi pada tubuh, termasuk lemak yang ada pada tubuh. Oleh karena itu jika kalian rajin mengonsumsi jus buah bit ini, maka permasalahan berat badan dapat teratasi.

 

10. Manfaat Buah Bit untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes merupakan langkah yang tepat untuk mengonsumsi buah bit. Kandungan antioksidan asam alphalipoic yang dipercaya bisa mencegah kerusakan sel dan membantu menyembuhkan saraf yang rusak pada penderita diabetes. Oleh sebabnya, konsumsi secara rutin supaya kadar gula darah tetap stabil.

Itulah beberapa manfaat buah bit yang baik untuk kesehatan. selain sebagai jus, kalian bisa mengonsumsinya menjadi salad, campuran resep makanan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI