10 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya, Keramas yang Salah Bisa Berpotensi Loh!

Kamis, 26 November 2020 11:44 Penulis: Nurul Wahida
10 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya, Keramas yang Salah Bisa Berpotensi Loh!
Penyebab ketombe (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Masalah ketombe seolah menjadi kondisi yang cukup familiar terjadi pada rambut. Penyebab ketombe tersebut dapat berasal dari beragam faktor termasuk kurangnya menjaga kebersihan mahkota rambut. Kondisi ini terasa sangat mengganggu dan bikin kurang nyaman karena rasa gatal dan teramat sangat.

Ketombe merupakan istilah yang sering disebut saat mengalami kulit kepala yang terkelupas hingga menimbulkan butiran atau serpihan putih pada rambut hingga terkadang rontok atau bertebaran di bahu serta baju. Kondisi ini menyebabkan kulit kepala terasa sangat  gatal hingga rentan terhadap lecet jika menggaruk kulit kepala dengan keras.

Masalah ketombe menjadi salah satu jenis masalah pada rambut yang paling sering kambuh kembali hingga butuh waktu lama hingga ampuh untuk benar-benar mengatasinya. Sebab cara mengatasi ketombe tak semudah yang dibayangkan apalagi jika ketombe tersebut sudah membandel bahkan berkerak.

Penyebab ketombe dapat terjadi karena kebiasaan sederhana sehari-hari yang jarang disadari banyak orang. Alhasil tidak menyadari kebiasaan tertentu penyebab ketombe berpotensi menyebabkan masalah rambut ini mudah kambuh hingga cukup sulit diatasi. Untuk itulah penting memahami penyebab ketombe dan cara mengatasinya agar dapat mencegah ketombe datang kembali.

Lalu apa saja penyebab ketombe?

Adapun penyebab ketombe terdapat dalam beberapa poin di bawah ini yang mungkin pernah tak sengaja kalian lakukan. Berikut penyebab ketombe dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Kesalahan Ketika Keramas

Penyebab ketombe yang pertama dapat terjadi karena proses keramas yang salah. Salah satunya adalah kalian mungkin tidak bersih saat mencuci rambut baik ketika membilas atau kurang membersihkan bagian kulit kepala. Sebab kondisi tersebut justru dapat meninggalkan kotoran rambut yang tetap mengendap pada kulit kepala hingga sebabkan ketombe. Selanjutnya kesalahan dalam keramas juga bisa terjadi karena terlalu keras menggosok kulit kepala hingga sebabkan iritasi.

Untuk mengatasinya kalian bisa melakukan keramas dengan menggosok perlahan dan membersihkan sisa-sisa sampo secara keseluruhan sampai benar-benar bersih. Konsultasi dengan dokter bisa dipertimbangkan untuk mengetahui penyebab ketombe yang kalian alami.

 

2. Jarang Keramas

Jika sebelumnya penyebab ketombe bisa terjadi karena kesalahan saat keramas, kali ini justru ketombe dapat muncul karena jarang membersihkan rambut atau keramas. Melansir dari australian-bodycare.uk, kurangnya mencuci rambut secara teratur dapat menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati pada bagian kepala. Kondisi inilah yang dapat memicu adanya ketombe.

Selain itu ketombe justru dapat rentan terhadap pria karena memiliki hormon androgen yang menyebabkan kulit berminyak. Kulit berminyak pada kepala ini bisa menjadi penyebab utama ketombe. Akan tetapi pahami juga bahwa keramas terlalu sering juga dapat menimbulkan ketombe karena mengalami kulit sering. Kalian bisa melakukan keramas setiap dua hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut.

 

3. Kulit Kering

Penyebab ketombe selanjutnya dapat terjadi karena kondisi kulit yang kering. Jika kalian termasuk pemilik kulit kering bisa lebih rentan terhadap masalah ketombe yang umum dialami. Sebab kulit kering ini bisa memicu gatal di kepala hingga menyebabkan kulit bersisik serta mudah terkelupas. Kondisi ini dapat terjadi pada musim dingin yang biasanya membuat kulit terasa kering termasuk pada kepala.

Cara mudah untuk mengatasi ketombe karena kulit kering adalah dengan melembabkan kulit kepala baik dengan sampo khusus ataupun cara alami seperti pakai lidah buaya, minyak zaitun ataupun minyak almond. Tapi sebelumnya pastikan beberapa bahan tersebut benar-benar aman ya KLovers untuk kulit kepala kalian.

 

4. Punya Alergi

Penyebab ketombe juga bisa terjadi karena memiliki riwayat alergi. Alergi tersebut dapat berasal dari penggunaan bahan perawatan rambut tertentu yang mengakibatkan masalah ketombe hingga memengaruhi kondisi kulit kepala. Beberapa gejala yang muncul karena alergi pada kulit kepala dapat terjadi diantaranya gatal ataupun nyeri setelah menggunakan produk tertentu. Kondisi ini dapat terjadi kulit yang sensitif seperti melansir dari henryford.com.

 

5. Tidak Menggosok Kulit Kepala dengan Benar

Penyebab ketombe dapat terjadi karena sering mencuci rambut. Jika sebelumnya masalah ketombe karena kurangnya mencuci rambut secara teratur, efek serupa yakni kurang menggosok kulit kepala juga berpotensi menimbulkan dampak sama. Sebab kondisi ini bisa mengakibatkan terjadi penumpukan sel kulit mati serta minyak pada kulit hingga menyebabkan ketombe. Sehingga coba ingat-ingat kembali bagaimana cara kalian keramas apakah sudah sesuai atau mungkin sebaliknya? Dengan begitu kalian dapat mudah memahami penyebab ketombe yang terjadi.

 

6. Efek Polusi Udara

Penyebab ketombe juga bisa terjadi karena paparan radikal bebas seperti polusi udara. Paparan radikal bebas ini bisa menyerang kulit kepala melalui udara yang sudah bercampur dengan sejumlah bahan kimia. Akibatnya kulit kepala mengalami alergi hingga sebabkan masalah ketombe. Meski begitu konsultasi dengan dokter diperlukan untuk memahami penyebab pasti ketombe yang kalian alami.

 

7. Mengalami Stres

Tak pernah terduga, stres juga berpotensi menyebabkan ketombe. Ya, stres yang dapat terjadi karena tekanan, ancaman ataupun permasalahan tertentu ini bisa memicu terjadinya ketombe. Sebab stres dapat memengaruhi kesehatan tubuh termasuk bisa membuat ketombe dapat berkembang. Melansir dari australian-bodycare.uk, saat stres orang mungkin akan lebih sering mengalami siklus gatal atau menggaruk kulit kepala. Kondisi ini mungkin bisa menyebabkan ketombe makin memburuk.

 

8. Jamur di Kepala

Penyebab ketombe selanjutnya dapat terjadi karena adanya jamur di kepala. Jamur bernama Malassezia merupakan jenis jamur yang hidup pada kulit kepala hingga bisa sebabkan ketombe. Terlebih jika memiliki riwayat dermatitis seboroik psoriasis justru dapat memperburuk kondisinya. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika mengalami ketombe yang tak kunjung sembuh.

 

9. Bisa Akibat Makanan Tertentu

Makanan tertentu juga bisa memicu ketombe pada kulit kepala. Kurangnya konsumsi buah dan sayur diketahui dapat menyebabkan masalah pada kulit kepala. Kondisi ini bisa di atasi dengan mengubah pola makan dan menambahkan sayur serta buah-buahan agar kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga.

 

10. Malas Sisir Rambut

Terlihat sepele, namun siapa sangka penyebab ketombe juga bisa terjadi karena kebiasaan sederhana malas sisir rambut. Malas menyisir rambut tersebut bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati di kepala hingga rentan terhadap masalah ketombe. Cara mengatasi dan mencegahnya dapat dilakukan dengan menyisir rambut setiap selesai keramas ataupun mandi agar ketombe dapat bersih dan membuat rambut terasa lembut.

Nah itulah 10 penyebab ketombe dan cara mengatasinya. Konsultasi dengan dokter diperlukan jika mengalami masalah ketombe yang tak kunjung sembuh serta berkelanjutan.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI