11 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumah

Penulis: Dita Tamara

Diperbarui: Diterbitkan:

11 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami, Ampuh dan Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi (credit: freepik)

Kapanlagi.com - Setiap orang, tentu saja mendambakan gigi yang putih, dan bersih. Sebab, kebersihan gigi lah yang menjadi salah satu kunci kepercayaan diri seseorang. Oleh sebabnya, menjaga kebersihan mulut memang penting terutama dari masalah karang gigi. Namun, tak jarang banyak orang yang kurang menjaga kebersihan mulut sehingga menyebabkan munculnya karang gigi. Sederet cara membersihkan karang gigi akhirnya menjadi solusi bagi kebanyakan orang yang sering mengabaikan kesehatan mulut.

Perlu kalian ketahui jika karang gigi terbentuk akibat kotoran sisa makanan yang terkena liur di mulut. Plak inilah yang makin lama mengeras dan menjadi karang gigi. Hal ini tak hanya membuat gigi menjadi kuning, namun karang gigi juga menyebabkan mau tak sedap pada mulut. Nah, untuk mengatasinya, cara membersihkan karang gigi orang akan berkunjung ke dokter dengan melakukan perawatan scalling. Namun jika kalian tidak sempat berkunjung ke dokter atau mahalnya biaya scalling, kalian bisa mengatasinya dengan cara alami lho.

Apa saja? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Daun Sirih

Cara menghilangkan karang gigi berikutnya yaitu dengan daun sirih. Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa kalian tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Gunakan Baking Soda

Cara membersihkan karang gigi yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda. Bahan yang biasanya untuk membuat kue ini ternyata sangat efektif dan aman digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Selain itu, baking soda mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. Belum lagi sifat antimikroba dalam baking soda mampu mencegah kerusakan gigi. Cara menggunakannya, kalian cukup menggosok gigi menggunakan baking soda.

3. Kulit Jeruk

Selama ini, tentu kalian akan membuang kulit jeruk setelah memakan buahnya. Namun ternyata tak hanya buahnya saja yang menyimpan beragam manfaat, kulit jeruk pun ternyata mempunyai manfaat, salah satunya dapat menghilangkan karang gigi. Kulit jeruk ini banyak mengandung vitamin C sehingga efektif untuk melawan mikroorganisme dan menghilangkan plak.

Selain itu, kulit jeruk juga berkhasiat untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut tak sedap. Caranya siapkan kulit jeruk, setelah itu gunakan bagian dalam dari kulit jeruk tersebut untuk digosokkan pada gigi.

4. Strawberry

Cara menghilangkan karang gigi dengan mudah bisa dengan mengonsumsi strawberry. Hal ini lantaran strawberry kaya akan kandungan asam alaminya yang sangat baik untuk menghilangkan karang gigi.

Selain itu, asam dalam stroberi juga mampu merangsang produksi air liur dalam mulut yang akan membantu menghilangkan karang gigi. Dengan begitu, aktivitas bakteri penyebab karang gigi akan ikut mati. Kalian cukup mengunyah langsung buah strawberry segar secara rutin.

5. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayur diketahui memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, kalian dapat juga menghilangkan karang gigi. Kalian bisa mengonsumsi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, dengan makan buah dan sayur, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

6. Lidah Buaya

Selama ini, lidah buaya sering digunakan untuk perawatan rambut. Namun ternyata, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan karang gigi lho. Untuk memanfaatkan lidah buaya, kalian bisa mengambil secangkir air. Setelah itu, tambahkan setengah cangkir baking soda, sepuluh tetes minyak lemon, dan empat sendok teh gliserin sayuran. Lalu, aduk bahan-bahan tersebut secara merata. Kalian bisa langsung menggunakan ramuan tersebut untuk menggosok gigi setiap harinya.

7. Biji Wijen

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya yang begitu mudah bisa memanfaatkan biji wijen. Kalian bisa langsung mengunyah biji wijen tanpa harus mengunyahnya. Sebab, biji wijen ini bekerja sebagai scrub alami dan aman untuk membantu menghilangkan karang gigi yang membandel.

8. Flossing

Flossing merupakan salah satu cara menghilangkan karang gigi yang terbilang efektif. Flossing sendiri merupakan teknik membersihkan gigi menggunakan benang. Tentu saja, tidak sembarang benang yang digunakan, namun benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.

9. Minyak Kelapa

Cara membersihkan karang gigi selanjutnya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mempunyai kandungan anti-inflamasi, antioksidan asam laurat, asam lemak hingga sifat antimikroba untuk menghilangkan karang gigi.

Caranya pun terbilang mudah. Pertama-tama, masukkan 1 sendok minyak kelapa yang sebelumnya telah dihangatkan ke dalam mulut. Gunakan minyak kelapa untuk berkumur selama 5 10 menit. Selanjutnya buang minyak kelapa setelah digunakan untuk berkumur.

10. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Sering memakan dan meminum manis bisa menjadi salah satu penyebab karang gigi muncul. Bahkan, apabila kalian terus mengonsumsinya, maka akan memberi kesempatan bakteri untuk berkembang biak. Dalam hal ini bakteri akan dengan mudah melepaskan zat asam yang kemudian dapat merusak gigi. Untuk itu, perlu mengurangi bahkan kalau bisa lebih baik menghindari makanan dan minuman manis dan menggantinya dengan air putih.

11. Gunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride, hal ini bertujuan agar gigi kalian bersih dari sisa makanan secara sempurna. Fluoride mampu mencegah plak agar tidak berkembang. Selain fluoride, kalian bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut mampu untuk menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

Itulah sederet cara menghilangkan karang gigi secara alami, ampuh, dan bisa kalian lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending