12 Manfaat Air Kelapa, Minuman Awet Muda - Bikin Kulit Glowing

Selasa, 27 Oktober 2020 15:33 Penulis: Dhia Amira
12 Manfaat Air Kelapa, Minuman Awet Muda - Bikin Kulit Glowing
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Semua yang ada pada kelapa memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, salah satunya yaitu air kelapa. Memiliki rasa yang segar, nyatanya manfaat air kelapa sangat banyak loh KLovers. Tidak heran bila minuman satu ini begitu populer, dan masih menjadi salah satu air buah yang sangat digemari.

Air kelapa adalah cairan yang berada di dalam kelapa hijau muda. Air kelapa sangat mudah ditemukan di wilayah tropis, khususnya di India, Pesisir Brasil, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Afrika, dan Caribbean. Tidak hanya dapat diminum secara langsung, air kelapa juga sering dicampurkan ke dalam makanan atau minuman lain.

Kira-kira apa saja ya manfaat air kelapa bagi kesehatan yang luar biasa pada tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air kelapa yang pertama yaitu dapat mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa nyatanya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang dengan sangat baik loh.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Sehingga mampu mengatasi berbagai macam masalah serius yang berkaitan dengan penyakit kardiovaskular.

 

2. Menetralisir Racun di Tubuh

Manfaat air kelapa yang selanjutnya yaitu dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Racun memang dapat masuk di dalam tubuh melalui makanan, hingga udara yang kita hirup. Dan racun ini harus rajin dikeluarkan di dalam tubuh ya KLovers, karena bila tidak akan menjadi salah satu penyakit yang berbahaya.

Dan manfaat air kelapa yaitu dapat menetralisir racun di dalam tubuh kalian dengan sangat baik. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Selain itu air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh. Sehingga dapat mampu dengan baik memberikan kesehatan pada tubuh.

 

3. Baik Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, tentu harus mengontrol pola makan mereka dengan sangat baik dan hati-hati. Karena dengan mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Tapi hal ini dapat di hindari dengan mengonsumsi air kelapa muda bagi penderita diabetes.

Air kelapa termasuk minuman rendah kalori dengan sejumlah nutrisi yang membantu mengendalikan nafsu makan. Air kelapa secara efektif dapat menyerap glukosa dan mencegahnya memasuki aliran darah. Sehingga minuman ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes, namun dalam takaran yang tepat.

 

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ yang perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari munculnya batu ginjal. Jarang minum air putih, hingga kekurangan cairan mampu merusak kerja ginjal dengan baik. Untuk menjaga kesehatan ginjal, kalian harus rajin meminum air putih hingga cairan yang mampu mengatasi hidrasi.

Dengan meminum air kelapa muda, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Selain itu air kelapa bertindak sebagai diuretik alami dan sangat membantu bagi orang yang memiliki penyakit ginjal. Ini akan membantu membersihkan saluran kemih dan saluran kandung kemih. Kemudian air rebusan kelapa juga berkhasiat menghilangkan racun dan membantu memecah batu ginjal.

 

5. Atasi Masalah Pencernaan

Nyatanya manfaat air kelapa yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa dipercaya mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Dan manfaat air kelapa kali ini berguna ketika kalian terkena diare, karena air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah, serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi. Air kelapa juga mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya yang dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

 

6. Minuman untuk Ibu Hamil

Ternyata air kelapa sangat baik loh menjadi minuman untuk ibu hamil. Dalam sebuah penelitian ibu hamil yang tinggal di daerah tropis disarankan minum air kelapa setiap hari untuk mengatasi morning sickness dan mencegah mual. Selain itu air kelapa mengandung elektrolit, klorida, kalsium, kalium, natrium, dan riboflavin.

Minuman segar ini juga kaya vitamin C yang sangat diperlukan selama kehamilan. Air kelapa juga mengandung asam laurat yang juga terdapat dalam ASI. Selain itu, air kelapa juga memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang melindungi tubuh dari infeksi.

 

7. Redakan Demam

Demam bisa menyerang siapa saja, bila sudah seperti ini biasanya pertolongan pertama yaitu dengan mengonsumsi obat penurun panas, kompres air, dan istirahat. Namun tak hanya cara-cara di atas, nyatanya kalian juga bisa loh menggunakan air kelapa untuk menurunkan demam. Karena salah satu manfaat air kelapa yang paling efektif yaitu dapat meredakan demam dengan baik.

Demam atau suhu tubuh yang tiba-tiba meningkat diyakini bisa berangsur-angsur menurun dengan meminum air kelapa muda. Hal ini karena dalam air kelapa muda terdapat vitamin dan mineral yang baik dalam mengembalikan suhu normal pada tubuh.

Untuk mendapat manfaat air kelapa muda sebagai obat demam, caranya cukup mudah kok KLovers. Kalian bisa mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu. Agar bisa bercampur dengan baik, sebaiknya larutkan terlebih dahulu madu dengan sedikit air hangat. Baru setelahnya dimasukkan ke dalam gelas berisi air kelapa hijau.

 

8. Mengatasi Dehidrasi

Bukan hal yang asing lagi bila air kelapa dapat mengatasi dehidrasi di dalam tubuh. Selain kalori yang terdapat di air kelapa rendah, air kelapa juga mampu menghidrasi seseorang, sehingga minuman ini cocok untuk kalian yang tidak suka banyak minum air putih.

Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

 

9. Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian setiap orang. Dan hal tersebut bisa kalian dapatkan dengan mengonsumsi air kelapa. Air kelapa memiliki kandungan rendah kalori yang membuat perut kenyang lebih lama.

Selain mengeluarkan racun dari tubuh, air kelapa juga membersihkan sistem dan mendorong oksigen dalam sel darah. Ini merupakan minuman bebas lemak yang berguna untuk menurunkan tingkat kolesterol LDL dan membakar timbunan lemak dalam tubuh. Sehingga minuman ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan.

 

10. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini memang menjadi salah satu permasalahan bagi setiap orang, salah satunya yaitu wanita. Penuaan dini sendiri terjadi akibat kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, atau kulit kering yang pada akhirnya menimbulkan garis halus serta keriput.

Selain mengonsumsi air putih, nyatanya kalian bisa kok mencegah penuaan dini dengan menggunakan air kelapa. Meminum air kelapa dipercaya bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan dalam kelapa muda terdapat kandungan sitokinin.

Kandungan ini sangat berpengaruh terhadap hormon yang mempengaruhi pertumbuhan. Itulah mengapa meminum air kelapa bisa berdampak pada proses pertumbuhan, perkembangan, serta penuaan sel-sel tubuh. Selain itu air kelapa juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa membuat aliran darah pada kulit berjalan dengan lancar dan membuat kulit tampak lebih kencang serta segar.

 

11. Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Selain memiliki manfaat sebagai penuaan dini, nyatanya manfaat air kelapa lainnya untuk kesehatan kulit yaitu bisa menjaga elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan pada air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen, dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Dengan mengonsumsi air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, kalian bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Selain dapat memberikan kesehatan untuk kesehatan tubuh, nyatanya kandungan vitamin C dalam air kelapa juga mampu menjaga dan melindungi elastisitas kulit.

 

12. Menutrisi Rambut

Dan manfaat air kelapa yang terakhir yaitu dapat memberikan nutrisi pada rambut. Yup! Bukan hanya organ dalam dan juga wajah saja, nyatanya air kelapa juga mampu memberikan kesehatan nutrisi pada rambut kalian loh KLovers.

Memiliki rambut yang indah memang impian setiap orang, selain itu rambut indah juga mampu memberikan kepercayaan diri seseorang. Kandungan vitamin B dan kalium pada air kelapa nyatanya mampu menjaga kulit kepala dan rambut agar ternutrisi serta sehat. Air kelapa juga dapat membuat rambut lebih halus, mengendalikan rambut kusut dan kering.

Cara penggunaannya cukup mudah kok KLovers, kalian bisa membasuh rambut kalian dengan menggunakan air kelapa hingga kulit kepala. Setelah itu diamkan selama 1 jam, lalu bilas menggunakan air bersih. Selain disiram pada rambut, kalian juga bisa mendapatkan manfaat air kelapa dengan mengonsumsi secara rutin.

Itulah 12 manfaat air kelapa yang luar biasa untuk kesehatan hingga kecantikan. Bukan hanya dapat melepaskan rasa dahaga saja, nyatanya air kelapa juga mampu memberikan kesehatan pada tubuh dan kulit kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI