7 Manfaat Air Kelapa yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Sabtu, 09 Mei 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
7 Manfaat Air Kelapa yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Membayangkan waktu berbuka puasa dengan air kelapa muda sangatlah menyegarkan. Saat bulan Ramadhan seperti ini, kelapa sangat mudah di temui di mana-mana. Berbagai penjual juga tengah ramai menjajakan es kelapa muda yang menggugah selera. Air kelapa yang menyegarkan dan juga praktis ini ternyata sangat baik dikonsumsi waktu berbuka puasa.

Berpuasa merupakan ibadah wajib yang dilakukan oleh umat muslim dengan menahan dahaga dan lapar selama seharian penuh. Ketika waktu berbuka puasa tiba, tentunya memilih minuman yang menyegarkan untuk berbuka menjadi pilihan yang tepat. Sajian minuman buka puasa memang beraneka ragam. Namun, tidak semua minuman yang menyegarkan itu menyehatkan.

Namun, ternyata ada minuman yang menyegarkan dan juga menyehatkan yakni air kelapa muda. Dari pada harus membeli dengan berbagai macam pewarna pada minuman, tidak ada salahnya kalian membeli kelapa untuk kemudian di buat sendiri di rumah. Tentu hal ini akan jauh lebih higienis. Lalu apa saja manfaat air kelapa yang dikonsumsi saat berbuka puasa? langsung aja yuk intip penjelasan berikut ini:

 

1. Menghilangkan Dehidrasi

Berpuasa tentunya tidak mengonsumsi minuman apapun dalam waktu yang lama, tentu hal tersebut bisa mengalami dehidrasi saat berpuasa. Untuk itu sangat baik mengonsumsi air kelapa saat berbuka guna mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, air kelapa muda juga bisa menyediakan berbagai elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan.

Dengan demikian, berbuka puasa dengan air kelapa sangat baik untuk mengembalikan tubuh agar tidak lemas. Air kelapa sendiri ternyata memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga cukup baik untuk dikonsumsi saat merasa haus. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air kelapa muda saat berbuka puasa, ada baiknya untuk tidak menambahkan gula atau sirup.

2. Menambah Energi Tubuh

Tentunya, selama seharian penuh berpuasa, tubuh terkadang menjadi lemas dan tidak bersemangat. Untuk mengembalikan kekuatan tubuh tersebut, tak banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi minuman ber-energi. Namun hal tersebut sangatlah tidak baik untuk tubuh dan harus dihindari.

Solusi lainnya untuk mengembalikan energi setelah berpuasa, sebaiknya kalian mengonsumsi air kelapa pada saat berbuka puasa. manfaat yang terkandung dalam air kelapa sangat baik untuk menambah energi tubuh yang terbuang selama seharian. Kalian juga bisa menambahkan madu yang dicampurkan dengan air kelapa muda tersebut.

3. Meningkatkan Pencernaan

Biasanya, saat berpuasa kebanyakan orang bermasalah dengan pencernaan yang dapat mengakibatkan sembelit karena kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh sebabnya, dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa akan baik bagi pencernaan.

Hal ini bukan hanya mendapatkan jumlah cairan yang diperlukan tetapi serat yang ditemukan dalam air kelapa juga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang tetap diet di tengah menjalani ibadah puasa, supaya tubuh tetap memiliki stamina yang kuat, tentunya harus selalu menjaga kondisi tubuh. Diet identik dengan menjaga makanan pada tubuh. dengan mengurangi berbagai makanan yang mengandung gula dan kalori.

Untuk itu, mengonsumsi air kelapa saat berbuka sangatlah baik dalam membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, kelapa muda dapat kalian masukan ke daftar menu diet, karena air kelapa muda mengandung sedikit lemak, gula, dan kalori yang cukup ampuh untuk menurunkan berat badan.

5. Mengatasi Sakit Kepala Saat Berpuasa

Saat menjalani puasa selama seharian penuh, tentu hal ini membuat beberapa orang mengalami sakit kepala maupun migran. Hal tersebut karena tidak ada asupan makanan maupun minuman yang ada pada tubuh. 

Jika kalian sering mengalami sakit kepala dan migrain ketika menjalani puasa, ada baiknya mulai sekarang perlu mengonsumsi air kelapa muda. Hal ini karena air kelapa mengandung magnesium, yang dikenal sangat bagus untuk mengobati sakit kepala.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal

Jika berpuasa tidak minum dan dapat menyebabkan cairan pada tubuh tidak seimbang, maka hal tersebut dapat menyebabkan munculnya batu ginjal. Ginjal sendiri merupakan salah satu organ yang perlu dijaga kesehatannya agar terhindar dari munculnya batu ginjal. Dengan meminum air kelapa muda, cairan yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Selain itu kelapa hijau mengandung banyak nutrisi yang dapat menjaga organ tubuh secara keseluruhan termasuk ginjal.

 

7. Baik untuk Penderita Diabetes Saat Berpuasa

Bagi penderita diabetes, tentu harus mengontrol pola makan setelah seharian penuh berpuasa. Karena dengan mengonsumsi terlalu banyak kalori saat berbuka dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Namun, hal ini dapat di hindari dengan mengonsumsi air kelapa muda bagi penderita diabetes. Air kelapa termasuk minuman rendah kalori dengan sejumlah nutrisi yang membantu mengendalikan nafsu makan. Air kelapa secara efektif dapat menyerap glukosa dan mencegahnya memasuki aliran darah.

Itulah beberapa manfaat air kelapa yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa agar puasa tetap lancar dan tubuh selalu sehat. Maka sayangi tubuh dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang menyehatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI