9 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cegah Dehidrasi - Penuaan Dini

Rabu, 22 April 2020 12:44 Penulis: Puput Saputro
9 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan, Cegah Dehidrasi - Penuaan Dini
Headlines (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kelapa muda selama ini menjadi salah satu jenis minuman yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan segar sangat cocok untuk menghilangkan dahaga, di waktu siang atau sore. Namun ternyata, manfaat kelapa muda tidak hanya bisa menghilangkan haus dan dahaga saja.

Meminum air kelapa muda diyakini bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Sebenarnya, hal ini tidak begitu mengherankan, sebab memang sudah sejak lama masyarakat kita menggunakan manfaat kelapa muda sebagai obat berbagai macam penyakit.

Lantas, kira-kira penyakit apa saja yang bisa diobati dengan kelapa muda? Apa saja pula manfaat kelapa muda untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya.

 

1. Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat kelapa muda yang pertama dan barang kali yang paling umum dimanfaatkan banyak orang adalah mengatasi masalah pencernaan. Air kelapa diyakini bisa atasi berbagai macam masalah pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, bahkan gangguan ginjal.

Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung berbagai senyawa seperti asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak. Kandungan-kandungan ini membuat air kelapa mempunyai osmolaritas yang tinggi. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung natrium dan klorida yang rendah, sehingga cocok untuk mencegah dehidrasi akibat diare.

2. Menetralisir Racun

Di dalam air kelapa, terkandung tanin dan antidotum yang tinggi. Kandungan tanin dan antidotum ini bermanfaat dalam mengurai sifat-sifat racun yang berada dalam tubuh. Kemampuan air kelapa dalam menetralisir racun pun juga didukung oleh kandungan enzim di dalamnya.

3. Atasi Dehidrasi

Seperti yang sudah sedikit disinggung di awal, bahwa rasa air kelapa yang segar bisa menghilangkan rasa haus. Ternyata, tidak hanya rasa haus saja yang hilang dengan air kelapa. Lebih dari itu, ternyata dengan meminum air kelapa kita bisa lebih terhindar dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Air kelapa mempunyai kandungan elektrolit yang tinggi. Kandungan inilah yang berfungsi menggantikan cairan dalam tubuh yang berkurang saat beraktivitas. Maka tidak mengherankan bukan jika sekarang banyak minuman suplemen kemasan yang menggunakan bahan air kelapa.

4. Bantu Tubuh Kontrol Tekanan Darah

Air kelapa muda mengandung kalium yang tinggi namun kandungan natriumnya rendah. Hal ini membuat air kelapa muda juga dipercaya bisa kontrol tekanan darah. Bahkan manfaat air kelapa muda untuk menurunkan tekanan darah ini juga sudah diuji melalui suatu penelitian dalam West Indian Medical Journal.

5. Redakan Demam

Salah satu penyakit yang sering dipercaya bisa sembuh dengan meminum air kelapa muda adalah demam. Demam atau suhu tubuh yang meningkat diyakini bisa berangsur-angsur menurun dengan minum air kelapa muda.
Hal ini karena dalam kelapa muda terdapat vitamin dan mineral.

Untuk mendapat manfaat air kelapa muda sebagai obat demam, caranya cukup mudah. Kalian bisa mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu. Agar bisa bercampur dengan baik, sebaiknya larutkan terlebih dahulu madu dengan sedikit air hangat. Baru setelahnya dimasukkan ke dalam gelas berisi air kelapa hijau.

6. Baik untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat kelapa berikutnya berkaitan dengan ibu hamil dan janin. Sebab, di dalam air kelapa terdapat kandungan asam laurat yang mirip di ASI.

Kandungan ini akan berfungsi untuk melawan berbagai penyakit yang diakibatkan jamur, bakteri dan virus. Penyakit-penyakit yang bisa mengganggu kesehatan dan keselamatan ibu dan janin. Sehingga air kelapa muda akan sangat baik dikonsumsi wanita yang sedang hamil.

7. Mencegah Penuaan Dini

Meminum air kelapa muda dipercaya bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan dalam kelapa muda terdapat kandungan sitokinin. Kandungan ini sangat berpengaruh terhadap hormon yang mempengaruhi pertumbuhan. Sebab itulah, meminum air kelapa bisa berdampak pada proses pertumbuhan, perkembangan, serta penuaan sel-sel tubuh.

8. Menghidrasi Kulit

Banyak manfaat yang bisa didapat oleh kulit jika kita mengonsumsi air kelapa secara rutin. Salah satunya adalah akan terjaganya kelembapan kulit. Sebab, kandungan vitamin C yang tinggi pada air kelapa diyakini bisa menghidrasi kulit. Artinya, kulit tidak akan mudah mengering dan lebih sehat karena kelembapannya terjaga.

9. Turunkan Berat Badan

Untuk kalian yang sedang menjalankan program diet. Barang kali kalian bisa menggunakan air kelapa sebagai minuman pendamping menu diet kalian. Sebab, salah satu manfaat kelapa adalah diyakini bisa turunkan berat badan secara alami, sehingga akan lebih minim efek samping.

Ternyata, ada banyak manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan yang maksimal pastikan untuk tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI