13 Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia, Pahami Juga Sejarahnya

Minggu, 29 November 2020 13:44 Penulis: Puput Saputro
13 Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia, Pahami Juga Sejarahnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kemerdekaan Indonesia tidak didapatkan begitu saja. Di balik momen bersejarah dan monumental itu ada perjuangan panjang para pahlawan yang rela mengorbankan, waktu, tenaga, bahkan nyawa. Oleh karena itu, setiap warga negara sudah semestinya memahami makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan memang sudah selayaknya selalu dikenang dan dibanggakan. Pasalnya, lewat momen itu Indonesia menjadi negara berdaulat. Setelah merdeka, Indonesia bebas menentukan nasibnya tanpa bayang-bayang penjajah, hingga akhirnya bisa berkembang sampai pada titik ini.

Selain itu, makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia harus terus ditanamkan dari generasi ke generasi. Sebab ini bisa jadi salah satu cara untuk tetap menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan.

Lantas kira-kira apa saja makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? Untuk bisa menjawabnya, kalian bisa menyimak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Sejarah Proklamasi Indonesia secara Singkat

Untuk memahami makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, penting untuk mengetahui peristiwa sejarah di balik momen berharga tersebut. Sebab dengan begitu akan lebih bersyukur dan bisa menghargai makna dari sebuah perjuangan. Berikut rangkaian peristiwa sejarah yang melatarbelakangi proklamasi kemerdekaan:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pada 17 Agustus 1945. Namun, berbagai peristiwa yang melatarbelakangi momen penting ini sudah terjadi sejak beberapa hari sebelumnya. Salah satunya, peristiwa yang terjadi pada 6 Agustus 1945. Pada waktu itu bom atom meledak tepat di kota Hiroshima, Jepang. Pada masa itu, Jepang merupakan satu di antara negara yang menjajah Indonesia.

Sehari setelah peristiwa tersebut atau tepatnya pada 7 Agustus 1945, BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) diubah nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Pergantian nama ini semakin menegaskan keinginan dan tujuan bangsa Indonesia untuk merdeka.

Dua hari kemudian, pada 9 Agustus 1945 bom atom kembali dijatuhkan di kota Nagasaki. Peristiwa tersebut begitu memukul Jepang, hingga akhirnya mengakui kekalahannya kepada Amerika Serikat.

Jepang akhirnya menyerah pada sekutu secara resmi pada 14 Agustus 1945. Peristiwa tersebut lantas dimanfaatkan para tokoh Indonesia untuk segera memproklamasikan kemerdekaan. Terlebih, golongan muda yang mendesak golongan tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan.

Pada 16 Agustus 1945, golongan pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal tersebut bertujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Sementara itu, perundingan mengenai naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda pada 16 Agustus 1945 malam hari.

Keesokan harinya pada Jumat, 17 Agustus 1945, jam 10.00 WIB, berlangsung pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Teks proklamasi kemerdekaan dibacakan langsung oleh Soekarno didampingi oleh Moh. Hatta. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan bertempat di Jl. Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Latif Hendraningrat dan Suhud Sastro Kusumo. Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

 

2. Isi Teks Proklamasi

Setiap peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus, teks proklamasi kembali dibaca dan diperdengarkan. Berikut adalah isi teks proklamasi kemerdekaan tersebut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.

 

3. Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 bukan sekadar momen bersejarah biasa. Di balik itu semua tersimpan makna mendalam yang perlu dihayati dan dipahami. Bukan saja untuk menjaga rasa menghormati dan menghargai perjuangan para pahlawan, tapi juga untuk proyeksi diri bangsa Indonesia ke depannya.

Berikut ini beberapa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

1. Proklamasi Proklamasi menjadi pernyataan 'de facto' (kenyataan secara fakta) kepada dunia luar negeri bahwa negara Indonesia telah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka.

2. Proklamasi sebagai alat untuk mencapai tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia

3. Proklamasi sebagai puncak dari perjuangan bangsa Indonesia.

4. Proklamasi sebagai sumber hukum bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. Proklamasi sebagai tonggak sejarah bagi kemerdekaan bangsa Indonesia.

6. Proklamasi sebagai sumber hukum bagi pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia.

7. Proklamasi sebagai pernyataan bahwa bangsa Indonesia memiliki kedudukan yang sama dengan bangsa lainnya

8. Proklamasi menjadi tanda awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

9. Sejak proklamasi dibacakan, bangsa Indonesia telah resmi memiliki tatanan hukumnya sendiri.

10. Proklamasi sebagai dasar bahwa bangsa Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri dalam berbagai aspek kehidupan.

11. Proklamasi sebagai dasar bahwa bangsa Indonesia berhak menentukan nasibnya sendiri dalam berbagai aspek kehidupan

12. Proklamasi merupakan jembatan emas menuju masyarakat yang adil, makmur, dan berdaulat.

13. Proklamasi telah menaikkan martabat bangsa.

Itulah di antaranya ulasan mengenai makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, terlebih menambah kecintaan pada Tanah Air.

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI