9 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Telapak Tangan Secara Alami, Tanpa Takut Iritasi

Minggu, 29 November 2020 11:33 Penulis: Dita Tamara
9 Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki dan Telapak Tangan Secara Alami, Tanpa Takut Iritasi
Ilusrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kapalan merupakan kondisi dimana kulit menjadi mengeras dan tebal. Biasanya, kapalan sendiri muncul di daerah telapak tangan, ujung jari, kaki, sikut, atau lutut. Penyebab munculnya kapalan yaitu akibat tekanan maupun gesekan yang berlebihan. Meski tak menyebabkan keluhan rasa sakit, namun kapalan dirasa mengganggu penampilan.

Jika area kapalan disentuh, maka akan terasa tebal dan membuat warna kulit jadi berubah warna menjadi pucat. Lalu, bagaimana cara mengatasi kapalan? Cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan mengikis permukaan kulit yang menebal tersebut.

Nah, pada dasarnya, menghilangkan kapalan tidaklah rumit. Kapalan juga dapat hilang dengan sendirinya ketika kulit tidak lagi mengalami gesekan maupun tekanan yang berlebih. Tak perlu bingung, karena kapalan bisa kalian hilangkan menggunakan cara alami dan mudah untuk dilakukan. Daripada penasaran, simak ulasan berikut ini.

 

 

1. Nanas

Siapa sangka nih jika nanas ternyata mempunyai manfaat sebagai cara menghilangkan kapalan. Buah dengan rasa asam manis ini mengandung enzim yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Enzim tersebut juga dipercaya bisa mengatasi kapalan, terutama terdapat dalam buah nanas yang masih muda.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Kalian hanya perlu menggosokkan nanas muda ke bagian kulit yang mengalami kapalan. Lakukan secara merata dan berulang. Jika sudah kalian bisa bilas dengan menggunakan air dingin. Agar didapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya cara ini dilakukan secara rutin hingga kapalan benar-benar hilang.

 

 

2. Baking Soda

Sudah tak perlu diragukan lagi manfaat baking soda untuk perawatan kulit, salah satunya sebagai cara menghilangkan kapalan. Hal ini lantaran baking soda merupakan alternatif dari krim pengelupas.

Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan 2 sendok makan air dengan baking soda secukupnya, aduk kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Lalu, tambahkan beberapa tetes jeruk nipis. Setelah itu, oleskan pasta ke area kulit kapalan, dan tutup dengan kaus kaki, sarung tangan atau perban kasa. Lakukanlah setiap malam secara rutin sampai kapalan di kaki atau tangan kalian hilang.

 

 

3. Merendam Air Hangat

Cara menghilangkan kapalan dengan mudah yaitu hanya dengan merendam kulit yang kapalan menggunakan air hangat. Kalian bisa mencoba merendamkan kaki maupun tangan yang kapalan di air hangat selama kurang lebih 10 menit. Merendamkan kaki di air hangat bisa melunakkan kulit yang mengalami kapalan. Jadi, kalian juga akan lebih mudah menggosok atau mengikis kulit yang keras tersebut.

 

 

4. Batu Apung

Batu apung rupanya sudah nggak asing lagi sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menghilangkan kotoran di kulit. Tak hanya itu, batu apung juga bisa sebagai cara menghilangkan kapalan. Caranya, rendamlah kulit yang mengalami kapalan ke dalam air hangat selama 5-10 menit.

Setelahnya, kalian dapat menggunakan batu apung untuk menghilangkan sel kulit mati. Gosokkan batu apung dengan gerakan menyamping ataupun berputar. Supaya kapalan benar-benar hilang, kalian bisa mencoba cara ini selama beberapa hari.

 

 

5. Bawang Putih dan Cuka

Bawang putih dan cuka apel menjadi bahan kombinasi yang ampuh sebagai cara menghilangkan kapalan. Caranya, haluskan bawang putih dan campurkan dengan cuka. Aduk kedua bahan tersebut dan tempatkan di tempat yang terkena cahaya matahari. Kemudian sebelum tidur, oleskan cairan ini pada kulit kapalan kalian. Dengan begitu, kulit kapalan kalian akan melunak dan hilang secara perlahan.

 

 

6. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung zat yang dapat melembabkan kulit secara alami, sehingga bisa membantu mengatasi kapalan. Cara menghilangkan kapalan menggunakan minyak jarak yaitu dengan menyiapkan air hangat. Setelah itu, tetesi lima sendok makan minyak jarak. Setelah itu, rendam kulit kapalan selama 20 menit. Setelah kulit melunak, kalian tinggal mengelupasinya dengan hati-hati.

 

 

7. Cuka Apel

Cuka apel memang mempunyai manfaat luar biasa bagi kulit, termasuk sebagai cara menghilangkan kapalan secara alami. Cuka apel juga dikenal sebagai bahan pembersih sama halnya dengan baking soda dan garam. Tak hanya dapat menghilangkan jerawat, rupanya cuka apel juga dapat menghilangkan kapalan.

Cuka apel juga dipercaya dapat menghaluskan permukaan kulit yang kasar dan keras akibat kapalan. Untuk melakukannya caranya cukup mudah. Ambil kapas lalu basahi dengan cuka apel. Setelah itu kompreskan pada permukaan kulit yang kapalan. Lakukan semalaman, lalu bilas keesokan harinya

 

 

8. Garam Epsom

Garam epsom juga dapat menghilangkan kapalan yang terbukti ampuh. Produk yang juga dikenal dengan nama magnesium sulfat ini terbentuk dari senyawa kimia yang mengandung magnesium, belerang, dan oksigen.

Cara menggunakannya untuk mengatasi kapalan yaitu dengan melarutkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam wajah yang berisi air hangat. Setelah itu, kalian bisa langsung menggunakannya untuk merendam kulit yang kapalan.

 

 

9. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau yang sering disebut minyak pohon teh ini juga dapat mengatasi kapalan lho. Selain itu, minyak tea tree juga mengandung bahan antiseptik, antibakteri, dan antijamur alami.

Cara mengatasi kapalan menggunakan tea tree oil yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke wadah yang berisi air hangat. Kalian bisa melakukannya selama 15 menit. Tea tree oil ini cukup keras dan dapat merusak lapisan kulit apabila digunakan langsung dalam waktu yang cukup lama. Dengan begitu, kapalan perlahan akan menghilang.

Itulah sederet cara menghilangkan kapalan secara alami yang bisa langsung kalian praktekkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI