15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Jitu, Anti Ribet dan Bebas Galau

Senin, 20 Mei 2019 10:05 Penulis: Wuri Anggarini
15 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Jitu, Anti Ribet dan Bebas Galau
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Ngaku aja, kehadiran jerawat memang seringnya bikin galau. Kecil sih, tapi kemunculannya di permukaan wajah langsung bisa bikin kamu jadi nggak percaya diri. Bukan hal yang mengherankan kalau akhirnya banyak yang berusaha mencari informasi cara menghilangkan jerawat yang paling jitu supaya masalah ini segera berlalu.

Tapi, ternyata dilema nggak berhenti sampai situ saja. Jerawat memang sudah pergi, eh malah muncul masalah baru yang bikin nggak kalah galau. Bekas jerawat yang membandel masih terlihat di kulit wajah dan membuat penampilan jadi kurang oke. Kalau ini yang terjadi, gimana mau menjalani aktivitas dengan penuh percaya diri?

Daripada bingung, lebih baik segera mencari informasi tentang cara menghilangkan bekas jerawat paling jitu dan bebas galau. Sebelum mencoba membeli obat-obatan atau perawatan kulit yang mahal, nggak ada salahnya mencoba perawatan dengan bahan alami yang dikenal ampuh mengatasi bekas jerawat membandel.

Ternyata, bahan-bahan yang ada di sekitar seperti madu, air lemon, alpukat, hingga pasta gigi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang paling ampuh. Nggak perlu dibuat pusing lagi dengan mencari obat-obatan yang sulit, kan? Jadi, apa saja sih bahan yang diperlukan untuk mengusir bekas jerawat secara alami dan bagaimana mengaplikasikannya? Simak ulasan selengkapnya di sini yuk, KLovers!

1. Masker Putih Telur

©Shutterstock©Shutterstock

Putih telur dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh. Di dalamnya terdapat kandungan enzim lysonzim yang bekerja efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Ingin mencoba treatment ini di rumah?

Kamu bisa membuat DIY masker putih telur yang gampang banget. Pisahkan putih telur dari kuningnya, tambahkan air lemon dan aduk hingga rata. Aplikasikan di area wajah, terutama bagian kulit yang punya bekas jerawat membandel. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Air Lemon

Sudah bukan rahasia lagi kalau lemon memang jadi salah satu buah yang punya banyak beauty benefit. Termasuk sering digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Cara aplikasinya gampang kok. Ambil air dari 1 buah lemon, lalu oleskan langsung di area kulit wajah yang memiliki bekas jerawat. Diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Madu

©Shutterstock©Shutterstock

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya yang bisa kamu coba adalah menggunakan madu. Bahan yang satu ini juga sudah sering digunakan sebagai ritual perawatan kulit perempuan dari berbagai penjuru dunia. Madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengatasi masalah jerawat yang membandel. Selain itu, kandungan moisturizer di dalamnya juga berperan untuk menyamarkan bekas jerawat dan memberikan efek complexion yang lebih bersinar.

Menggunakan masker madu juga gampang kok. Kamu cukup aplikasikan madu ke area wajah secara merata dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Kentang

Menghilangkan bekas jerawat dengan kentang? Yup, bisa banget! Kentang ternyata mengandung vitamin dan mineral yang bekerja efektif untuk merawat kulit dan menghilangkan bekas jerawat serta flek hitam yang sering jadi dilema penampilan. Jika ingin mengaplikasikan cara menghilangkan bekas jerawat dengan kentang, ini langkah mudahnya. Kupas kentang lalu iris tipis-tipis. Tempelkan di area yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu cuci wajah dengan bersih.

5. Gula

©Shutterstock©Shutterstock

Percaya nggak kalau gula juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang ampuh? Bahan yang satu ini memiliki kandungan asam glikolat dan asam alfa hidroksi yang dapat membersihkan kulit mati dan meningkatkan pembentukan jaringan sel baru.

Gula juga dapat digunakan sebagai bahan eksfoliasi, yaitu mengangkat sel kulit mati yang menempel di wajah. Dengan begitu, bekas jerawat dan kulit kusam yang mengganggu bisa terangkat dengan maksimal sehingga wajah terlihat lebih glowing. Ingin mencoba perawat

n menghilangkan bekas jerawat dengan masker gula? Begini caranya.
Siapkan gula dan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1, aduk hingga merata. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dengan gerakan pijat memutar yang lembut. Diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Nggak hanya bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat paling jitu, tapi juga bikin kulit lebih lembut.

6. Bawang Putih

Nggak hanya berperan sebagai bumbu masakan, bawang putih ternyata juga dapat menjadi cara menghilangkan bekas jerawat ampuh yang wajib dicoba. Bahan ini memiliki kandungan zat sulfur yang dinilai mampu menghilangkan bekas jerawat dalam waktu cepat. Treatment bekas jerawat dengan bawang putih juga mudah kok. Iris 1 siung bawang putih menjadi beberapa bagian lalu tempelkan pada bekas jerawat. Biarkan selama 15 menit, bersihkan wajah dengan air.

7. Alpukat

©Shutterstock©Shutterstock

Menghilangkan bekas jerawat juga bisa dilakukan lewat treatment dengan alpukat. Buah tersebut dikenal kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membuat kulit lebih lembut dan mengurangi efek peradangan yang disebabkan oleh jerawat membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan alpukat juga gampang banget. Ambil bagian daging buah, haluskan hingga mudah diaplikasikan sebagai masker. Tambahkan 1 sendok madu agar hasilnya lebih maksimal. Gunakan di wajah secara merata, biarkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

8. Cuka Apel

Salah satu kunci untuk menghilangkan bekas jerawat adalah mencari bahan yang mengandung antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuka apel bisa menjadi pilihan yang tepat karena kaya akan kandungan antiseptik alami. Tuangkan 1-2 sendok cuka apel ke dalam sebuah wadah, lalu oleskan ke area wajah secara merata dengan bantuan kapas bersih. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Es Batu

©Shutterstock©Shutterstock

Es batu bisa menjadi salah satu alternatif cara menghilangkan bekas jerawat yang gampang dan dalam waktu singkat. Es batu memiliki sensasi dingin yang bekerja untuk mengurangi peradangan kulit saat berjerawat. Ambil sebongkah es batu kecil, oleskan scecara merata di wajah yang memiliki bekas jerawat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Mentimun

Bahan lain yang bisa membantu cara menghilangkan bekas jerawat dengan ampuh adalah mentimun. Sayuran yang satu ini dikenal kaya akan kandungan vitamin A, C, dan magnesium yang efektif menjaga kesehatan kulit. Mentimun juga memiliki kadar air yang tinggi untuk membantu menghidrasi kulit.

Untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan mentimun, kamu bisa mengikuti beberapa langkah praktis berikut. Iris mentimun tipis-tipis, tempelkan di atas kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

11. Kulit Jeruk

Jangan langsung membuang kulit jeruk setelah menikmati buahnya. Pasalnya, ternyata bahan yang satu ini dapat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami yang paling jitu. Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin A, C, dan flavonoid yang berperan untuk menghilangkan bekas jerawat membandel.

Cara aplikasinya gampang kok. Jemur kulit jeruk hingga mengering, lalu tumbuk halus. Gunakan bubuk kulit jeruk ini sebagai masker dengan mencampurkannya dengan sedikit air. Oleskan secara merata di area wajah, terutama pada kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Lidah Buaya

Ini dia salah satu bahan alami yang juga memiliki segudang beauty benefit untuk kulit, termasuk sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang jitu. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang nggak hanya berperan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat, tapi juga menghilangkan bekasnya dengan ampuh.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya gampang kok. Ambil gel lidah buaya lalu gunakan sebagai masker yang diaplikasikan secara merata di area wajah. Diamkan hingga 20 menit lalu bilas wajah dengan air dingin.

13. Tomat

©Shutterstock©Shutterstock

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata tomat juga dapat berperan membantu menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Bahan ini memiliki kandungan Vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat sangat gampang kok, ikuti saja beberapa langkah berikut.

Siapkan satu buah tomat ukuran sedang, iris tipis-tipis. Tempelkan di area kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Jika diaplikasikan secara teratur dapat membantu mengurangi bekas jerawat yang membandel secara efektif. 

14. Pepaya

Siapa sangka kalau pepaya ternyata juga bisa berperan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang ampuh? Buah yang satu ini memiliki kandungan enzim yang dapat mengangkat sel kulit mati untuk menyamarkan bekas jerawat membandel. Untuk membuat masker penghilang bekas jerawat dengan pepaya ini gampang banget kok. Ambil seiris buah pepaya, tumbuk hingga halus. Aplikasikan di area kulit secara merata, terutama yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

15. Baking Soda

Baking soda memang lebih dikenal sebagai bahan pembuat kue. Tapi, siapa sangka kalau bahan yang satu ini juga memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya bisa menjadi cara menghilangkan bekas jerawat ampuh dengan kandungan kristal sodium bicarbonate. Formula yang satu ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh dari permukaan kulit sehingga memberikan kesan wajah segar dan lebih bersih maksimal. Bekas jerawat yang mengganggu juga bisa diatasi dengan mudah. Sudah pernah mencoba treatment yang satu ini?

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan baking soda sebenarnya gampang banget. Ambil 2 sendok baking soda, masukkan ke dalam wadah bersih, Campurkan dengan air secukupnya, aduk hingga mengental. Aplikasikan sebagai masker wajah, diamkan beberapa menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Bonus: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi

Nggak hanya dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, ternyata pasta gigi juga dapat berperan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang efektif. Pasta gigi mengandung hydrogen, fluorin, dan triclosan yang dapat melawan bakteri dan mencegah timbulnya iritasi pada kulit. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga dapat mempercepat proses pengeringan jerawat yang meradang.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan pasta gigi gampang banget kok. Oleskan pasta gigi di area yang berjerawat pada malam hari, diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Treatment ini dipercaya dapat membantu menghilangkan bekas jerawat dalam waktu satu malam saja, lho.

Itu tadi beberapa tips menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Kehadiran bekas jerawat memang sering membuat penampilan jadi kurang oke dan mengurangi rasa percaya diri yang dimiliki. Jadi, jangan biarkan bekas jerawat yang membandel mengganggu penampilan dan rasa percaya diri dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Yuk, saatnya tampil lebih percaya diri dengan wajah cantik bebas bekas jerawat seperti selebriti favorit!

 

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI