4 Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Praktis dan Menyehatkan, Cocok untuk Takjil Buka Puasa

Penulis: Dita Tamara

Diterbitkan:

4 Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Praktis dan Menyehatkan, Cocok untuk Takjil Buka Puasa
Ilustrasi (credit: cookpad)

Kapanlagi.com - Menu berbuka puasa diawali dengan takjil yang manis-manis seperti yang telah di sunnah-kan oleh Rasulullah SAW. Berbagai hidangan pembuka begitu banyak sekali dan beraneka ragam. Supaya gizi terpenuhi, ada baiknya kalian mengonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan kandungan bermanfaat bagi tubuh. Cara membuat bubur kacang hijau berikut ini bisa menjadi inspirasi kalian untuk membuat makanan manis untuk berbuka.

Bubur kacang hijau merupakan makanan khas yang terbuat dari kacang hijau yang dimasak dengan air dan gula aren dan ditambahkan se-ikat daun pandan untuk menciptakan aroma yang harum pada makanan. Bahan-bahan tersebut dimasak sampai mendidih sampai kacang hijau menjadi lunak. Lalu disajikan dengan tambahan santan.

-----------------------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, Dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

-----------------------

Di dalam kacang hijau, mengandung protein, rendah lemak, serat juga sumber antioksidan yang tinggi. Di samping itu, kacang hijau juga mengandung berbagai vitamin A, B, C, E dan K. Nutrisi lain seperti folat, zinc, fosfor, kalium dan zat besi juga terdapat dalam kacang hijau. Nah, berikut ini merupakan cara membuat bubur kacang hijau praktis dan mudah untuk di buatnya. Langsung aja yuk intip cara membuatnya:

 

1. Bubur Kacang Hijau Original

Kali ini merupakan cara membuat bubur kacang hijau original yang cocok untuk santap bersama keluarga saat berbuka puasa. cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah.

Bahan yang diperlukan:

-250 gram kacang hijau

-1 liter air

-4 blok gula merah

-400 ml santan kelapa

-2 lembar daun pandan

-gula pasir dan garam sesuai selera

-1 ruas jahe, digeprek

-3 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:

-Rendam kacang hijau selama 2 jam. Kemudian didihkan air, masukkan kacang hijau dengan daun pandan selama 5 menit. Matikan kompor, tutup panci-nya, diamkan selama 30 menit.

-Setelah itu, masukkan gula merah, jahe, gula pasir, dan garam. Aduk rata.

-Masukkan larutan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk. Didihkan.

-Untuk kuah santan, rebus santan dengan menambahkan air secukupnya bila perlu dan daun pandan serta sedikit garam. Masak hingga mendidih.

-Bubur kacang sudah siap dinikmati dengan santan yang menggugah selera.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan

Sebagian orang mungkin tidak menyukai bubur disantap bersama santan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kalian tidak perlu khawatir. Oleh sebabnya coba membuat resep bubur kacang hijau tanpa santan seperti berikut ini:

Bahan yang diperlukan:

-250 gram kacang hijau

-1 sdm tepung maizena

-2 lembar daun pandan

-5 sdm susu kental manis

-2 sdm gula pasir

-1 liter air

-jahe di geprek

-garam

Cara Membuat :

-Langkah pertama yaitu rendam kacang hijau selama kurang lebih 2 jam.

-Kemudian rebus kacang hijau dengan 1 liter air. Setelah itu masukkan jahe, daun pandan, gula pasir, dan garam. Aduk hingga rata.

-Larutkan tepung maizena dengan 2 sdm air lalu masukkan dalam rebusan kacang.

-Setelah itu tahapan selanjutnya masukkan susu kental manis ke dalam lalu aduk hingga rata. Aduk hingga mendidih.

-Bubur kacang hijau tanpa santan siap dinikmati.

3. Bubur Kacang Hijau dan Ketan Hitam

Perpaduan rasa bubur kacang hijau dan ketan hitam sangatlah memanjakan lidah. Apalagi jika kalian sajikan ketika masih hangat. Langsung saja yuk intip proses pembuatannya.

Bahan yang diperlukan:

-500 gram kacang hijau (rendam selama 2 jam)

-250 gram gula

-2 sdm tapioca

-1/2 sdt garam

-air

-bahan santan

-1/2 kelapa

-500 gram ketan hitam (rendam selama 2 jam)

-250 gula

-2 sdm tapioka

-1/2 sdt garam

-daun pandan

-air

 

Cara Membuat:

- Cuci bersih tepung ketan yang sudah di rendam selama dua jam.

-Masak air dan masukkan daun pandan. Kalau sudah mendidih masukkan ketan.

-Masak sampai ketan lunak. kalau sudah lunak, masukkan gula garam sampai larut.

-Setelah itu masukkan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan air. Masak dan terus diaduk- aduk selama kurang lebih 10 menit sampai tepung tapioka matang.

-Masak bubur kacang hijau sama dengan masak bubur ketan hitam.

-Untuk membuat santan. Langkah pertama parut kelapa, setelah itu beras peras kurang lebih 300 CC. Kemudian masak dan tambah garam dan daun pandan.

-Bubur kacang hijau sudah bisa dinikmati.

4. Bubur Kacang Hijau Mutiara

Menyiapkan takjil berbuka puasa dengan sajian yang manis dan legit juga perlu dicoba nih. Coba kombinasi-kan bubur kacang hijau dengan mutiara, pasti menjadi hidangan yang favorit seluruh keluarga. Berikut ini merupakan cara membuatnya.

Bahan yang diperlukan:

-300 gram kacang ijo

-400 gram Mutiara

-1/2 kelapa parut

-10 centong sayur sedang gula pasir

-Garam secukupnya

-4 lembar daun pandan

-Jahe di geprek

Cara Membuat:

-Rebus air, setelah mendidih masukkan 2 lembar daun pandan diamkan sesaat dan kemudian masukkan butiran mutiara. Sesekali diaduk-aduk. Rebus sampai mutiara mengental.

-Kemudian masukkan 5 centong sayur gula pasir, aduk merata dan matikan kompor, sisihkan

-Rebus air, setelah mendidih masukkan daun pandan dan jahe, diamkan sesaat kemudian masukkan kacang ijo. Sesekali diaduk-aduk. Rebus hingga butiran kacang ijo merekah.

-Kemudian masukkan 5 centong sayur gula pasir. Aduk merata dan matikan kompor. Sisihkan

-Rebus air, setelah mendidih siram-kan ke dalam parutan kelapa. Peras santan kelapa menggunakan sendok. Beri sedikit garam, kemudian aduk-aduk dan sisihkan.

-Hidangkan bubur kacang ijo mutiara ke dalam mangkok. Nikmati bubur kacang ijo mutiara sebagai takjil saat berbuka puasa.

Itulah tadi beberapa cara membuat bubur kacang hijau praktis dan menyehatkan, cocok untuk hidangan takjil buka puasa bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending