Nggak Cuma Bersihkan Gigi, Ini 8 Manfaat Pasta Gigi Lainnya yang Menakjubkan

Kamis, 20 Agustus 2020 09:44 Penulis: Nurul Wahida
Nggak Cuma Bersihkan Gigi, Ini 8 Manfaat Pasta Gigi Lainnya yang Menakjubkan
Manfaat pasta gigi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Pasta gigi tentunya sudah menjadi kebutuhan harian yang tak bisa ditinggalkan begitu saja. Sebab manfaat pasta gigi memang sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Namun ternyata selain untuk gigi, pasta gigi juga menawarkan sejumlah manfaat menakjubkan yang jarang diketahui.

Pasta gigi umum digunakan sebagai untuk membersihkan gigi dari plak dan juga sisa makanan. Bukan hanya itu sejumlah bahan khusus dalam pasta gigi dapat membuat napas menjadi lebih segar dan terbebas dari bau mulut. Di Indonesia pasta gigi populer disebut dengan nama odol. Dimana nama tersebut sebenarnya merupakan salah satu merk produk pasta gigi populer dari Jerman.

Sudah menjadi kebutuhan sehari-hari nggak heran apabila pasta gigi selalu tersedia di rumah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut serta gigi. Kandungan dalam pasta gigi tersebutlah yang membuatnya bisa memberikan manfaat pada gigi seperti mengangkat plak atau membuat napas lebih segar. Diantara bahan tersebut seperti fluoride, baking soda, zat pengikat, humektan, perasa dan lain sebagainya.

Namun ternyata ada sejumlah manfaat pasta gigi yang jarang diketahui banyak orang. Manfaat pasta gigi tersebut dapat diperoleh dari kandungan senyawa di dalamnya untuk mengatasi masalah tertentu baik pada tubuh atau bahkan perawatan benda-benda di rumah.

Lalu apa saja manfaat pasta gigi yang menakjubkan?

Adapun manfaat pasta gigi yang menakjubkan terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Berikut 8 manfaat pasta gigi yang jarang diketahui banyak orang bersumber dari liputan6.com, dan standardmedia.co.ke.

 

1. Membersihkan Tangan

Manfaat pasta gigi yang menakjubkan salah satunya dapat berguna untuk membersihkan tangan. Namun manfaat ini bukan sekedar membersihkan tangan semata melainkan juga dapat menghilangkan bau menyengat di tangan karena bahan tertentu.

Sebut saja misalnya bau amis, bau cat, ataupun bahan lainnya yang bisa meninggalkan bekas bau di tangan. Cara menggunakan pasta gigi untuk membersihkan tangan ini cukup mudah yakni hanya dengan mencuci tangan pakai pasta gigi maka bau membandel di tangan perlahan dapat tersamarkan bahkan hilang.

2. Membersihkan Kuku

Selain untuk membersihkan gigi dan tangan, manfaat pasta gigi juga bisa membersihkan kuku agar tetap sehat dan cantik. Kandungan senyawa dalam pasta gigi salah satunya baking soda yang bisa ditemukan di sejumlah merk, menawarkan manfaat tersebut untuk membuat kuku tampak lebih cantik dan bersih.

Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi tersebut pada kuku lalu diamkan beberapa saat. Sikat secara perlahan kuku yang sudah diolesi pasta gigi dengan sikat lembut. Lalu bilas dengan air bersih dan kuku akan terlihat lebih bersih serta menawan. Namun perlu diperhatikan apabila kuku memiliki luka, sebaiknya hindari penggunaan pasta gigi sebab akan menimbulkan rasa nyeri yang menggigit.

3. Menghilangkan Noda

Manfaat pasta gigi yang menakjubkan selanjutnya adalah dapat menghilangkan noda. Dimana noda tersebut mulai dari noda pada pakaian ataupun noda pada barang lain dan juga perabot. Misalnya saja apabila noda pada pakaian kalian dapat menggunakannya dengan mengoleskan pasta gigi pada pakaian terkena noda lalu gunakan seperti memakai detergen pada umumnya.

Begitu pula noda pada barang dan perabot seperti meja, dinding bernoda, toilet, sepatu dan lain sebagainya. Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada noda barang-barang tersebut.

4. Menghilangkan Bulu

Manfaat pasta gigi lainnya yang jarang diketahui juga bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan bulu rambut. Mulai dari rambut tangan, kaki, wajah, dan lain sebagainya. Seperti diketahui bagi sebagian orang mungkin merasa risih dan ingin memiliki kulit halus terbebas dari bulu. Bahan alami pasta gigi ini pastinya bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mencampurkan pasta gigi, lemon, garam atau gula lalu aduk sampai merata. Gunakan campuran bahan alami tersebut untuk menghilangkan bulu di kulit diamkan beberapa saat. Lalu gosok dan angkat secara berlawanan dengan cotton pad.

5. Memerahkan Bibir

Tentunya manfaat pasta gigi untuk memerahkan bibir ini memang sudah cukup familiar. Ya, sejumlah sumber menyebutkan bahwa pasta gigi dapat membuat bibir tampak lebih merah alami. Kandungan dalam pasta gigi berupa fluoride, mint, humektan dan lain sebagainya bisa ampuh membuat bibir tampak lebih merah.

Cara menggunakannya bahkan cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada bibir lalu diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya bibir akan tampak lebih merah alami. Menambahkan madu bersamaan dengan pasta gigi juga bisa jadi pilihan tepat.

6. Mencegah Flek Hitam

Masalah pada kulit wajah yang juga umum terjadi adalah flek hitam. Tak ayal banyak orang melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi masalah tersebut agar kulit wajah tampak lebih cantik dan sehat. Namun ternyata manfaat pasta gigi yang menakjubkan dapat digunakan untuk mencegah flek hitam tersebut.

Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok makan pasta gigi dengan 2 tetes air lemon. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan beberapa saat, bilas dengan air bersih lalu lihat hasilnya setelah pemakaian rutin.

7. Mencegah Gatal

Manfaat pasta gigi juga menawarkan fungsi untuk mencegah rasa gatal. Rasa gatal tersebut dapat muncul karena gigitan serangga seperti nyamuk ataupun semut. Cara menggunakan pasta gigi untuk mencegah gatal ini terbilang sangat mudah yakni cukup dengan mengoleskan pasta gigi pada kulit gatal lalu diamkan beberapa saat.

Setelah beberapa saat rasa gatal menggigit tersebut akan hilang. Bukan hanya itu saja, rupanya pasta gigi juga disebut bisa mendinginkan luka bakar pada kulit. Namun penggunaan ini perlu diperhatikan lebih lanjut agar tak menimbulkan infeksi lainnya. Konsultasi diperlukan jika ingin memakai pasta gigi sebagai bahan alami meringankan efek luka bakar.

8. Mengatasi Garis Gelap Kulit

Sejumlah masalah kulit lainnya seperti munculnya garis gelap dapat juga diatasi dengan menggunakan pasta gigi. Sebab manfaat pasta gigi yang menakjubkan menawarkan fungsinya untuk mengatasi garis gelap tersebut. Dimana untuk menggunakannya cukup dengan mengoleskan pasta gigi dan air pada kulit dengan garis gelap lalu mendiamkan beberapa saat. Bilas dengan air bersih serta lakukan rutin sampai masalah pada kulit tersebut dapat teratasi.

Nah itulah 8 manfaat pasta gigi yang menakjubkan selain berguna untuk membersihkan gigi dan mulut. Namun perlu diperhatikan penggunaannya agar tak menimbulkan dampak kesehatan lainnya. Hentikan penggunaan apabila timbul iritasi ataupun alergi. Selain itu konsultasi diperlukan terlebih dahulu jika ingin menggunakan pasta gigi tersebut untuk mengatasi masalah di atas terutama pada kulit.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI