Bisa Bikin Mabuk, Ini 8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perjalanan

Rabu, 21 Oktober 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
Bisa Bikin Mabuk, Ini 8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Perjalanan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Pada saat perjalanan untuk memutuskan traveling atau mudik tentu menjadi hal yang begitu menyenangkan. Namun, ada juga yang merusak kenyamanan saat perjalanan yakni apabila rasa mual terus menghantui selama di perjalanan. Sebab, mabuk perjalanan membuat kalian tentu kurang menikmati perjalanan. Salah satu penyebab mabuk perjalanan bisa dikarenakan salah mengonsumsi makanan lho. Oleh sebab itu, memilih makanan yang tepat merupakan sebuah hal penting yang harus dilakukan supaya masalah pencernaan tidak terganggu selama melakukan perjalanan.

Mengonsumsi makanan sebelum bepergian memang sangat diperlukan untuk menjadi sumber nutrisi dan energi. Namun kalian juga harus tetap berhati-hati lantaran ada sederet makanan yang harus dihindari saat perjalanan karena dapat menyebabkan mabuk. Sayangnya, banyak orang yang tak memperhatikan jenis makanan yang disiapkan dan malah membawa makanan yang harus dihindari saat perjalanan.

Untuk itu, kalian harus mengetahui jenis makanan berikut ini yang dapat menyebabkan mabuk saat perjalanan. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

 

1. Keju dan Daging Beku

Saat bepergian, banyak orang memilih makanan yang praktis yang banyak dijual di minimarket. Mengonsumsi sandwich atau makanan beku cepat saji menjadi salah satu pilihannya. Padahal, makanan ini dapat menimbulkan efek samping setelah mengonsumsinya. Makanan tersebut menggunakan bahan beku yang tidak segar dan menjadi rumah bagi bakteri dan mikroorganisme sehingga membuat kalian mual saat perjalanan.

2. Gorengan

Gorengan merupakan makanan berlemak, berminyak yang sebaiknya dihindari saat melakukan perjalanan. Hal ini lantaran gorengan dapat memberikan reaksi panas di perut. Akibatnya, jika dikonsumsi akan membuat perut merasa tidak nyaman. Selain itu, gorengan memiliki kadar natrium yang cukup tinggi. Kelebihan natrium dapat membuat kalian haus dan terus menerus minum. Tentu saja hal ini bisa mengganggu perjalanan karena harus sering ke toilet.

3. Makanan Manis

Pada saat perjalanan, biasanya seseorang akan banyak membawa camilan manis untuk dinikmati. Produk yang mengandung banyak gula inilah yang membuat sebagian besar asupan kalori terpenuhi, namun membuat energi menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh akan merasakan lemas saat perjalanan. Untuk menghindarinya, kalian bisa mengganti camilan manis dengan buah-buahan.

4. Minuman Bersoda dan Alkohol

Minuman bersoda maupun alkohol harus jauh-jauh dihindari saat melakukan perjalanan. Hal ini lantaran gas dari minuman berkarbonasi ini akan membuat perut kalian kembung dan menaikkan asam lambung. Apalagi jika kalian menderita penyakit maag sehingga membuat kondisi kalian menjadi buruk.

5. Makanan Berat

Kalian mungkin berpikiran jika mengonsumsi makanan berat sebelum berpergian akan membuat perut terisi dengan baik. Namun, hal ini sepenuhnya tidak benar dan sebaiknya hindari untuk sarapan yang terlalu kenyang. Asupan karbohidrat yang berlebihan dapat menyebabkan mengantuk, apabila bagi kalian yang menyetir.

Nasi dengan kadar gula dalam darah yang berlebih akan membuat insulin yang diproduksi makin banyak. Insulin menghasilkan hormon serotonin dan melatonin yang membuat tubuh merasa timbul kantuk.

6. Makanan yang Memicu Gas

Pada saat perjalanan, kalian harus menghindari makanan yang berbau tajam dan memicu gas seperti durian, jengkol, atau perai. Makanan ini dapat membuat pusing dan mual di dalam kendaraan. Selain itu, makanan tersebut dapat memicu kembung dan membuat perut terasa tidak nyaman saat perjalanan.

7. Makanan Pedas

Bagi pecinta pedas, mengonsumsi makanan pedas saat perjalanan sebaiknya ditahan untuk menyantapnya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat membuat kalian diare, panas dalam, dan membuat tenggorokan terasa tidak nyaman karena teksturnya yang berminyak. Dengan begitu, tentu saja akan mengganggu perjalanan kalian.

8. Makanan Non Vegetarian

Selanjutnya, makanan yang harus dihindari saat melakukan perjalanan jauh yaitu makanan non vegetarian seperti ikan, daging, ayam. Hal ini lantaran makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna tubuh sehingga membuat proses pencernaan menjadi sulit. Akibatnya, hal ini akan membuat kalian mual dan tidak nyaman.

Itulah sederet makanan yang harus dihindari saat melakukan perjalanan. Dengan begitu, kalian akan merasa nyaman dan terhindar dari mabuk perjalanan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI