5 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan, dari Tulang - Kulit Wajah

Kamis, 09 Juli 2020 17:11 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan, dari Tulang - Kulit Wajah
Manfaat sawi putih (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Sawi putih merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sawi putih akan diolah dengan cara tumis atau makan secara langsung. Memiliki banyak kandungan air serta tidak memiliki rasa, membuat sawi putih banyak disukai oleh berbagai kalangan termasuk anak-anak.

Walaupun terlihat biasa saja, ternyata sawi putih memiliki banyak kandungan loh. Tentu saja manfaat sawi putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat sawi putih tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh.

 

1. Daya Tahan Tubuh

Manfaat sawi putih yang pertama yaitu menjaga daya tahan tubuh. Hal ini karena di dalam sawi putih terdapat kandungan protein yang sangat tinggi, dan protein inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kalian.

Selain itu, sawi putih juga dapat membentuk anti bodi baru untuk menambah sistem kekebalan di dalam tubuh. Selain itu sawi putih juga dapat memberikan energi lebih pada kalian, hal ini karena kandungan protein yang diberikan. Itulah mengapa sawi putih bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Kesehatan Mata

Manfaat sawi putih yang selanjutnya yaitu dapat memberikan kesehatan mata. Hal ini karena di dalam sawi putih juga memiliki kandungan vitamin A, yang dipercaya dapat memberikan kesehatan pada mata. Walaupun kandungan vitamin A pada pada sawi putih tidak setinggi kandungan pada wortel, tetapi cukup untuk memberikan kesehatan harian pada mata kalian.

Sawi putih juga dapat memberikan nutrisi pada mata karena kandungan vitamin A tersebut. Dan dapat menjadi salah satu sayuran alternatif untuk anak, bila mereka tidak terlalu menyukai wortel.

3. Kesehatan Tulang

Selain kesehatan mata, manfaat sawi putih yang lainnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada tulang. Ternyata sawi putih dapat dengan baik memberikan nutrisi pada tulang loh KLovers, hal ini karena terdapat banyak kandungan nutrisi pada sawi putih. Di dalam sawi putih terdapat kandungan kalsium, fosfor, dan juga zat besi.

Dan tentu saja ketiga zat ini merupakan zat yang dapat memberikan nutrisi pada tulang. Selain nutrisi, sawi putih juga dapat mencegah seseorang terkena osteoporosis, apalagi bagi wanita yang rentan terkena osteoporosis. Itulah mengapa bila kalian ingin memberikan nutrisi pada tulang secara alami, kalian bisa mengonsumsi sawi putih.

4. Kesehatan Kulit

Ternyata manfaat sawi putih juga bisa memberikan kesehatan kulit loh KLovers. Hal ini karena sawi putih mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi mencegah proses penuaan dini pada kulit. Dan proses tersebut yaitu dengan melancarkan peredaran darah, sehingga keriput di wajah berkurang karena peredaran darah pada wajah lancar.

Selain itu, kandungan vitamin C pada sawi putih juga dapat memberikan nutrisi pada kulit, sehingga kulit bisa tampak lebih cerah dan juga segar. Vitamin B1 pada sawi putih juga dapat meregenerasi kulit sehingga kulit terhindar dari penuaan dini dan kusam.

5. Mencegah Anemia

Dan manfaat sawi putih yang terakhir yaitu dapat mencegah anemia. Hal ini karena di dalam sawi putih terdapat kandungan zat besi, dan zat besi ini yang dapat mencegah anemia. Seseorang yang terkena anemia biasanya memiliki tubuh dengan kandungan zat besi yang sedikit, sehingga sel darah merah berkurang dan dapat menyebabkan anemia.

Bila sudah terkena anemia maka kalian akan merasakan pusing, lemas, letih, dan mudah lelah. Sebelum hal itu terjadi, kalian bisa mengonsumsi sawi putih secara rutin dengan takaran yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 5 manfaat sawi putih bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menjadi sayuran favorit, ternyata sawi putih juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI