5 Resep Minuman Kekinian untuk Ide Usaha, Ketahui Juga Panduan Sebelum Memulai Bisnis

Minggu, 01 November 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
5 Resep Minuman Kekinian untuk Ide Usaha, Ketahui Juga Panduan Sebelum Memulai Bisnis
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bisnis kuliner memang seolah tak ada matinya. Setiap tahun selalu ada saja, makanan dan minuman yang menjadi trend. Bahkan belakangan, muncul sejumlah minuman kekinian yang hits dan punya banyak penggemar. Tak pernah sepi peminat, minuman kekinian ini bisa jadi bisnis baru yang menjanjikan. Terlebih, resep minuman kekinian ini terbilang mudah dibuat.

Susu kental manis, sejarahnya di Indonesia, selengkapnya.

Saat ini ada banyak jenis minuman kekinian yang hits dan punya banyak penikmat. Setiap jenis minuman mempunyai rasa yang unik dan berbeda satu sama lain. Artinya, ada beragam resep minuman kekinian yang bisa kalian coba untuk memulai usaha. Minuman apa sajakah itu?

Disadur dari liputan6.com, berikut beberapa resep minuman kekinian dengan bahan sederhana, yang bisa dicoba untuk memulai usaha.

 

 

1. Alpukat Kocok

Alpukat selama ini dikenal sebagai salah satu buah yang menyehatkan. Buah berwarna hijau ini juga sering diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat. Salah satunya, bisa dijadikan minuman kekinian alpukat kocok. Bagaimana cara membuatnya? Langsung saja yuk, kita cek resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

- 2 buah alpukat mentega

- 3 sendok makan susu kental manis

- Es batu (diserut)

- Buang pisang (potong-potong kecil)

- Bubuk cokelat secukupnya

Cara membuat minuman alpukat kocok:

1. Ambil daging alpukat lalu tuang ke dalam gelas.

2. Masukkan 1 sendok makan kental manis, kemudian kocok alpukat dan kental manis hingga hancur dan bercampur.

3. Tuang es serut ke dalam gelas.

4. Tambahkan potongan buah pisang, timbun lagi dengan serutan es batu.

5. Tuangkan lagi susu kental manis di bagian atas sebagai topping.

 

 

2. Thai Tea

Thai tea juga jadi salah satu minuman kekinian yang tengah digemari saat ini. Saking populernya, gerai thai tea bisa dijumpai di berbagai keramaian, seperti mall hingga di pinggiran jalan. Mempunyai rasa manis yang nagih, resep membuat minuman kekinian thai tea cukup mudah dipraktikkan.

Bahan-bahan:

- 1500 ml air

- 200 ml susu evaporasi

- 350 ml krimer (bisa pakai susu kental manis)

- 50 gr daun thai tea (bisa pakai teh hitam)

- 125 gr gula pasir

- Es batu secukupnya

Cara membuat minuman thai tea:

1. Rebus air bersama daun thai tea atau teh hitam, masak hingga mendidih.

2. Setelah mendidih, matikan kompor tutup panci. Diamkan kurang lebih 5 menit atau tunggu berubah warna menjadi lebih gelap dan pekat.

3. Saring air rebusan daun thai tea atau teh. Setelah itu, tambahkan gula. Kemudian, aduk rata. Diamkan hingga dingin.

4. Tambahkan susu evaporasi dan krimer atau susu kental manis. Aduk rata hingga merata.

5. Terakhir, tinggal tambahkan es batu.

 

 

3. Brown Sugar Boba

Salah satu minuman kekinian yang tak kalah populer ialah brown sugar boba. Belakangan, minuman dengan boba memang sedang populer. Tekstur boba yang kenyal memberikan sensasi tersendiri, menambah nikmat minuman manis yang tengah kekinian ini. Meski terlihat kompleks, ternyata resep minuman kekinian brown sugar boba juga cukup mudah.

Bahan-bahan boba:

- Tepung tapioka 280 gram

- Brown sugar (bisa pakai gula jawa 90 gram)

- Air secukupnya

Bahan brown sugar:

- Air secukupnya

- Susu segar secukupnya

- 125 gram brown sugar

Cara membuat resep minuman kekinian brown sugar boba:

1. Pertama-tama buat boba dengan memasak air dengan gula jawa hingga mendidih. Masak dengan api kecil. Setelah itu, masukkan tepung tapioka dan aduk hingga merata. Masak sebentar hingga menjadi adonan yang cukup kental lalu angkat.

2. Tuangkan adonan ke suatu wadah. Diamkan hingga suhunya jadi lebih hangat. Jika sudah, beri taburan tepung tapioka kemudian uleni adonan sampai benar-benar kalis. Setelah itu, bagi adonan menjadi 4 bagian.

3. Buat masing-masing adonan jadi memanjang. Potong kecil-kecil hingga berbentuk black pearl atau boba.

4. Haluskan permukaan adonan yang sudah dipotong-potong. Haluskan menjadi bulatan-bulatan. Tambahkan taburan tepung tapioka agar lebih mudah dan tidak lengket.

5. Setelah bulatan boba jadi, rebus di air mendidih. Rebus hingga boba mengapung, lalu tiriskan.

6. Selanjutnya, masak air dengan brown sugar. Aduk hingga larut dan mengental seperti sirup.

7. Masukkan boba ke dalam gelas. Tambahkan air sirup brown sugar.

8. Tambahkan susu segar, kemudian terakhir es batu.

 

 

4. Dalgona Coffee

Dalgona coffee sempat jadi minuman viral beberapa waktu yang lalu. Cara pembuatannya yang unik membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya di rumah. Selain karena cara pembuatannya, dalgona coffee juga punya rasa yang nikmat. Punya banyak penggemar, dalgona coffee juga bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk dicoba.

Bahan:

- 2 sendok makan kopi (bisa pakai instan bubuk)

- 2 sendok makan gula pasir

- 3 air panas

- Satu cangkir susu (bisa pakai hangat atau dingin)

Cara membuat resep dalgona coffee:

1. Campurkan 3 sendok makan kopi instan, 2 sendok makan gula pasir, ditambah 3 sendok air panas. Campurkan ke dalam mangkuk.

2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata. Akan lebih baik jika menggunakan mixer. Aduk merata hingga berbusa dan berwarna cokelat keemasan. Lalu, diamkan.

3. Tuangkan susu ke dalam gelas. Tambahkan bongkahan es batu, jika menginginkan dalgona coffee dingin. Ambil busa kopi yang dibuat sebelumnya, tambahkan di atas susu dalam gelas.

 

 

5. King Mango Thai

Selain alpukat, mangga juga jadi buah yang selalu jadi buah favorit. Buah musiman ini selalu dinantikan kehadirannya. Rasanya yang manis, asam, dan menyegarkan memang cocok dinikmati sewaktu-waktu. Tak sekadar dimakan begitu saja, mangga juga bisa dibuat jadi beberapa olahan. Salah satunya, resep minuman kekinian, king mango thai. Bagaimana resepnya?

Bahan-bahan:

- 3 buah mangga matang

- 1 sendok makan madu

- 300 cc air dingin

- 1 cup yogurt

- 2 sendok makan susu full cream

- Whipped cream secukupnya

Cara membuat resep minuman kekinian king mango thai:

1. Siapkan buah mangga. Kupas, lalu potong buah mangga jadi berbentuk dadu.

2. Blender 2,5 bagian buah mangga dengan air dingin. Lalu, tuangkan ke dalam gelas.

3. Campurkan whipped cream, yogurt, dan susu. Tuangkan campuran whipped cream, yogurt, dan susu di atas jus mangga.

4. Terakhir, tambahkan sisa potongan buah mangga sebagai topping.

 

 

6. Panduan Sebelum Memulai Bisnis

Selain menguasai resep pembuatan minuman kekinian, yang tak kalah penting adalah menyusun rencana bisnis. Sebaiknya, rencana bisnis ini disusun sejak awal sebelum bisnis dimulai. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar bisnis minuman kekinian bisa berjalan lancar. Berikut beberapa panduan sebelum memulai bisnis minuman kekinian.

1) Buat perencanaan anggaran sedetail mungkin. Hitung dan tentukan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Tak kalah penting, hitung pula biaya operasional di awal usaha. Hal ini sangat menentukan keberlangsungan bisnis minuman kekinian.

2) Pilih jenis minuman, sesuaikan dengan ketersediaan bahan dan alat. Serta, pertimbangkan kemampuan dan waktu yang kalian miliki. Tujuannya, agar kalian bisa memulai usaha dengan lebih mudah dan tanpa beban.

3) Setelah menentukan jenis minuman, langkah selanjutnya tentukan target pasar. Hal ini akan sangat berkaitan dengan lokasi penjualan, serta pengemasan produk minuman. Kalian bisa menjual di lokasi strategis dekat dengan pangsa pasar. Serta, bisa menyesuaikan pengemasan secara kekinian sesuai dengan target pasar.

4) Bagaimanapun bisnis minuman kekinian, merupakan bisnis yang sedang hits dan potensial saat ini. Sehingga, memanfaatkan internet sebagai media promosi akan sangat membantu. Selain itu, internet juga bisa jadi sarana media marketing dan promosi yang murah dan efektif karena bisa menjangkau banyak konsumen.

5) Saat bisnis berjalan, jangan lupa untuk mengatur keuangan serapi mungkin. Pisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Dengan begitu, kalian bisa lebih teliti memantau perkembangan bisnis minuman kekinian kalian.

Itulah beberapa resep minuman kekinian yang bisa kalian coba untuk bisnis usaha. Lengkap dengan ulasan panduan memulai bisnis, kalian bisa memulai bisnis menjanjikan ini sesegera mungkin. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI