6 Buah yang Baik Bagi Pertumbuhan Si Kecil, Jaga Daya Tahan Tubuh - Pertumbuhan Otak

Kamis, 25 Juni 2020 14:11 Penulis: Dhia Amira
6 Buah yang Baik Bagi Pertumbuhan Si Kecil, Jaga Daya Tahan Tubuh - Pertumbuhan Otak
Manfaat buah (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Buah memang menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak kandungan baik untuk tubuh setelah sayuran. Buah tidak hanya baik bagi orang dewasa, tetapi juga baik bagi anak-anak. Ada banyak sekali manfaat buah yang baik bagi pertumbuhan si kecil, seperti pertumbuhan gigi hingga pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu saja, buah juga dapat menjadi cemilan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah memiliki puluhan jenis, dan dapat dengan mudah kita temukan di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Masuk dalam iklim tropis, membuat Indonesia memiliki berbagai jenis buah yang hanya ada di wilayah tropis saja. Jadi jangan takut untuk memberikan buah kepada anak untuk tumbuh kembang mereka. Tetapi harus tetap dalam takaran yang masih normal ya KLovers. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 jenis buah yang baik untuk pertumbuhan si kecil yang wajib kalian ketahui.

 

1. Alpukat

Buah pertama yang baik bagi pertumbuhan anak ada buah alpukat. Buah ini diketahui memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. Lemak tersebut terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk perkembangan otak, terutama otak anak.

Selain itu kadar mineral di dalam alpukat juga sangat tinggi, mineral tersebut berupa seng yang menjadi salah satu elemen penting bagi metabolisme tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh anak dapat meningkat baik dengan mengonsumsi alpukat. Tidak hanya itu saja, serat yang tinggi di dalam alpukat juga dapat mengatasi sembelit pada anak dan menyehatkan saluran pencernaan.

2. Pisang

Buah pisang menjadi salah satu buah yang juga baik dikonsumsi untuk pertumbuhan anak. Hal tersebut karena di dalam pisang terdapat banyak sekali kandungan seperti, kalium, zat besi, asam folat, vitamin B6, B12, dan tembaga. Dengan mengonsumsi buah pisang maka dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh si kecil. Selain itu pisang juga dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh anak sehingga mereka dapat berkonsentrasi dengan baik.

Buah pisang juga memiliki kandungan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi tubuh dengan cepat, itulah mengapa mengonsumsi pisang di pagi hari sangat dianjurkan. Selain dapat membuat anak berkonsentrasi ketika beraktivitas, pisang juga rendah kalori jadi sangat baik untuk pertumbuhan anak agar tidak terkena obesitas.

3. Apel

Buah selanjutnya yang baik bagi pertumbuhan anak ada buah apel. Karena di dalam buah apel terdapat kandungan pectin, baron, dan juga vitamin C. Kandungan pectin merupakan salah satu kandungan serat yang sangat baik untuk tubuh, tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Hal ini karena pectin bisa larut di dalam air, sehingga dapat menstimulasi bakteri baik untuk hidup di usus anak dan melawan bakteri jahat yang tinggal di sana.

Itulah mengapa mengonsumsi apel pada pagi dan malam hari sangat baik bagi tubuh. Lalu kandungan boron yang merupakan salah satu kandungan mineral pada buah apel ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak agar tetap sehat dan juga kuat. Lalu kandungan vitamin C yang ada pada buah apel bisa menjadi kandungan vitamin harian anak untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat.

4. Pepaya

Selanjutnya ada buah pepaya yang baik bagi pertumbuhan tubuh si kecil. Selain dapat membuat pencernaan lancar, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibanding dengan jeruk. Lalu ada pula vitamin A yang dapat memberikan kesehatan pada mata, serta kandungan vitamin B kompleks dan juga asam folat di dalam pepaya dapat membantu memperkuat metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan potasium di dalam pepaya juga sangat baik untuk cairan di dalam tubuh. Serta dapat mengontrol tekanan darah dan jantung dengan stabil. Jumlah kalsium serta kandungan magnesium yang tinggi pada pepaya juga membantu pembentukan tulang dan gigi yang baik pada anak. Selain itu kandungan zat besi pada pepaya dapat menjaga kandungan darah merah tetap baik dan juga sehat.

5. Mangga

Buah yang baik bagi pertumbuhan anak selanjutnya yaitu ada buah mangga. Di dalam buah mangga terdapat kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata anak. Kemudian kandungan enzim pencernaan pada mangga juga dapat memecah protein serta meningkatkan pencernaan pada anak sehingga anak tidak mudah terkena sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada mangga juga dapat mencegah risiko asam pada pencernaan dan mencegah adanya penyakit pencernaan yang serius atau obesitas.

6. Berry

Dan buah yang baik bagi pertumbuhan si kecil yang terakhir yaitu ada buah berry. Berry memiliki banyak sekali jenisnya, seperti strawberry, blueberry, cherry, blackberry, dan masih banyak lagi. Semakin gelap warna pada berry, maka semakin banyak nutrisi yang ada pada berry tersebut.

Di dalam buah berry terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, hal itu karena antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, berry juga dapat meningkatkan fungsi otak serta memori. Hal tersebut karena di dalam berry terdapat kandungan omega 3 yang menjadi salah satu komponen penting untuk pertumbuhan otak, dan tentu saja hal ini baik untuk anak di masa pertumbuhan mereka.

Lalu buah berry juga dapat mencegah stress jangka panjang yang sangat berbahaya untuk tubuh. Jadi kalian tidak perlu sungkan untuk memberikan buah berry sebagai buah yang baik untuk masa pertumbuhan anak.

Itulah 6 buah yang baik bagi anak di masa pertumbuhan mereka. Selain memiliki rasa yang segar dan lezat, ternyata buah memiliki banyak kandungan baik untuk pertumbuhan anak dari otak, mata, tulang hingga gigi mereka. Tapi perlu diingat jangan berlebihan ya KLovers, selain itu pola hidup sehat juga harus tetap diterapkan kepada anak sejak dini.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI