Ketahui 4 Tips Memasak Cumi, Tidak Alot dan Bau Amis Hilang

Kamis, 25 Juni 2020 13:44 Penulis: Nurul Wahida
Ketahui 4 Tips Memasak Cumi, Tidak Alot dan Bau Amis Hilang
Ilustrasi cumi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Cumi-cumi menjadi salah satu hidangan laut yang miliki banyak peminat. Berbagai olahan makanan dapat dibuat dari bahan cumi. Namun ada sebagian orang kerap menemukan masalah saat memasak cumi. Apalagi kalau bukan tekstur alot dan bau amisnya. Sebenarnya ada cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis sehingga hidangan cumi terasa lebih nikmat dan lezat.

Tentunya bagi penggemar hidangan laut atau seafood, cumi masuk dalam daftar sajian favorit mereka. Mulai dari olahan makanan goreng berbahan cumi hingga oseng sangat lezat untuk dinikmati. Apalagi cumi-cumi ini cukup mudah dijumpai di berbagai gerai pasar penjualan makanan laut.

Mengolah cumi-cumi tidak hanya sekedar mengolah secara biasa. sebab ada cara khusus agar olahan cumi miliki tekstur daging empuk dan tidak alot. Sebagian yang lain juga punya masalah bau amis cumi yang terkadang kerap terjadi.

Lalu bagaimana cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis?

Adapun cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis sangat mudah diterapkan. Pada dasarnya memasak cumi agar terasa lebih nikmat juga dimulai dengan pemilihan cumi yang segar. Selain pemilihan cumi cara lainnya adalah dari pembersihan cumi hingga pengolahan tepatnya.

Untuk mengetahui cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. berikut cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis bersumber dari liputan6.com, merdeka.com, bbc.co.uk.

 

1. Ketahui Cara Memilih Cumi

Cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis lagi berkualitas salah satunya memperhatikan pemilihan cumi yang tepat. Adapun cara memilih cumi agar makanan lebih berkualitas saat dimasak sebagai berikut seperti bersumber dari merdeka.com:

- Perhatikan warna kulit cumi, cumi yang segar memiliki ciri kulit putih kelabu dengan bintik kemerahan. Sebab warna kulit cumi yang sudah berubah menjadi ungu tua menandai bahwa cumi sudah tidak segar.

- Selain warna kulitnya perlu juga memerhatikan mata cumi yang terlihat masih cukup jernih atau tidak pucat.

- Dilihat dari tekstur daging mentahnya, cumi segar akan terasa lebih kenyal ketika ditekan menggunakan jari.

- Bau amis pada cumi segar sewajarnya seperti ikan pada umumnya. Apabila tidak berbau dan tidak dihinggapi lalat patut diwaspadai cumi tersebut sudah direndam dengan zat pengawet.

- Badan cumi masih utuh lengkap dengan kepalanya.

- Masih mengeluarkan cukup banyak tinta.

2. Bersihkan Secara Tepat

Cara memasak cumi sebelum diolah menjadi makanan terlebih dahulu harus dibersihkan dengan cara yang tepat. Adapun cara membersihkan cumi sebelum diolah adalah sebagai berikut:

- Siapkan cumi yang akan dimasak.

- Selanjutnya tekan dan tarik kantung tinta yang menempel pada tubuh bagian dalam cumi dan buang.

- Lalu membersihkan bagian dalam cumi dengan menggunakan air dingin.

- Tarik sayap yang mirip tulang rawan menempel pada kulit tubuh cumi. Pastikan semua sayap seperti tulang rawan tersebut terlepas dari tubuh cumi dengan menyisakan daging putihnya saja.

- Untuk hasil lebih lebih bersih dan putih dapat juga mengupas kulit ari berwarna kemerahan tersebut dengan pisau secara perlahan.

- Lalu potong cumi sesuai selera.

- Bersihkan kembali cumi tersebut agar bersih dari tinta dan kotoran lainnya.

- Lalu tiriskan cumi dari sisa air tersebut untuk siap dimasak.

3. Cara Memasak Cumi Agar Tak Bau Amis

Bau amis cumi dapat dihilangkan dengan metode perendaman beberapa bahan dapur. diantaranya parutan jahe, air jeruk nipis atau air asam jawa. Adapun cara memasak cumi agar tak bau amis adalah sebagai berikut:

- Siapkan cumi yang akan dimasak.

- Pilih salah satu bahan diantara tiga bahan di atas.

- Larutkan airnya menggunakan salah satu bahan tersebut.

- Lumuri daging cumi dengan air tersebut dan diamkan sejenak.

- Selanjutnya cuci Kembali cumi yang sudah direndam dengan beberapa bahan di atas.

4. Cara Memasak Cumi Agar Tak Alot

Cara memasak cumi agar tak alot dapat dilakukan dengan pengolahan yang benar. selain itu ada juga tips merendam terlebih dahulu cumi dengan susu tawar dan air perasan jeruk nipis kurang lebih 30 menit untuk membuat cumi lebih empuk.

Namun cara lainnya dapat dilakukan juga dengan cara memasak yang tepat. Adapun cara memasak cumi agar tak alot sebagai berikut:

- Rebus cumi terlebih dahulu selama beberapa saat.

- Masukkan ke dalam air dingin agar dagingnya empuk.

- Perhatikan waktu memasak dan jangan terlalu lama memasak cumi, waktu yang tepat setidaknya selama 3 menit menggunakan api besar. waktu tersebut dilakukan agar cumi tetap terasa segar dan tidak alot. Sedangkan waktu yang lama sebaiknya masak lebih dari 30 menit menggunakan api kecil. Namun semakin lama dimasak kesegaran dan kenikmatan cumi akan berkurang.

- Jika ingin membuat beberapa jenis masakan cumi seperti sop, maka lebih baik untuk memasukkan cumi paling akhir untuk menghindari dagingnya yang alot.

- Begitu pula dengan olahan lainnya baik tumis ataupun goreng.

Nah itulah 4 cara memasak cumi biar tak alot dan bau amis agar lebih lezat dan nikmat. Mudah banget bukan, tentunya hidangan cumi akan terasa lebih segar dan nikmat dengan dagingnya yang empuk dan tak bau amis. Selamat mencoba.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI