6 Jenis Batu Bata yang Umum Digunakan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Rabu, 20 Januari 2021 12:11 Penulis: Dita Tamara
6 Jenis Batu Bata yang Umum Digunakan, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Batu bata menjadi salah satu bahan terpenting dalam pembangunan. Umumnya, batu bata digunakan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar, dan elemen rumah lainnya. Batu bata sendiri banyak digunakan karena materialnya memiliki ketahanan dan kekuatan yang baik. Bahkan, kebanyakan besar rumah di Indonesia, bata digunakan sebagai pondasi karena strukturnya yang kokoh.

Namun, tahukah kalian jika terdapat berbagai macam jenis batu bata dengan karakteristik yang berbeda. Batu bata merah menjadi salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Tak hanya batu bata merah saja, akan tetapi banyak pilihan material lainnya. Sebelum kalian salah pilih, ada baiknya kalian mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis batu bata. Dengan mengetahui jenis batu bata, kalian pun akan mudah menentukan alternatif batu bata manakah yang akan kalian beli. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Bata Merah

Jenis batu bata yang umum digunakan yaitu batu bata merah. Bata merah sendiri paling banyak ditemukan di pasaran. Sebagian besar bangunan rumah biasanya menggunakan jenis batu bata ini. Adapun kelebihan dari batu bata merah yaitu sangat tangguh, awet, dan kuat untuk penyokong bangunan. Bata merah sendiri terbuat dari tanah liat melalui proses pemanasan suhu yang sangat tinggi. Selain itu bata ini memiliki ciri fisik berbentuk balok yang biasanya ketika digunakan dengan cara ditumpuk kemudian dieratkan menggunakan semen.

2. Bata Putih

Selanjutnya jenis batu bata yang paling banyak dicari yaitu batu bata putih. Warna putih inilah yang membuat batu bata jenis ini banyak diburu orang lantaran memunculkan nuansa modern dan minimalis. Ciri fisik dari bata putih yaitu berbentuk balok dengan permukaannya yang lebih halus dibandingkan bata merah.

Kelebihan dari batu bata ini sangat ringan dan tidak seberat bata pada umumnya. Selain itu, kekuatan batu bata putih memang tidak perlu diragukan lagi. Diketahui bata ini sangat tahan terhadap serangan jamur dan awet dalam jangka waktu yang lama. Meskipun begitu, kekurangan dari batu bata putih yaitu untuk pemakaian eksterior tidak semaksimal bata merah.

3. Bata Kapur Putih

Bata kapur putih menjadi salah satu jenis batu bata yang ditambang langsung dari gunung kapur alam. Awalnya, setelah ditambang batu kapur masih berupa bongkahan besar yang kemudian dipotong kecil-kecil berbentuk balok yang bisa langsung digunakan tanpa melalui proses pembakaran.

Ada banyak kelebihan yang perlu kalian ketahui dari bata kapur putih. Lantaran berasal dari alam, tak heran jika bata yang satu ini sangat kuat dan tahan asam. Bahkan, kekuatannya pun melebihi bata merah dan batako lho. Bata kapur putih sendiri biasa digunakan untuk dinding hunian, pabrik, bahkan konstruksi bangunan berat seperti jembatan karena kuat, tahan lama, tahan di lingkungan berair, dan tidak mudah keropos.

4. Bata Hebel

Tahukah kalian dengan jenis batu bata yang satu ini? Bata hebel banyak digunakan di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh tren industri yang berkembang pesat. Pemilik nama lain batu bata ringan ini merupakan produk pabrikan yang dibuat dengan melalui proses kimiawi. Adapun campuran material dari jenis batu bata yang satu ini yaitu terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pengembangnya.

Kelebihan jika kalian memilih bata hebel yaitu sangat baik dalam menyerap panas, sehingga hunian kalian akan terasa lebih sejuk. Selain itu, karena pembuatannya dilakukan oleh pabrik, batu bata ini lebih rapi sehingga memudahkan pada saat proses pemasangan.

5. Batu Bata Ekspos

Terakhir, jenis batu bata yang perlu kalian ketahui yaitu batu bata ekspos. Jenis bata yang satu ini banyak sekali diburu untuk digunakan hunian modern. Hal ini lantaran bata yang satu ini memang menciptakan kesan natural sekaligus bisa di dekorasi dengan berbagai macam konsep. Bata ekspos sendiri terbuat dari tanah liat uang kemudian di press untuk menghasilkan beragam ukuran yang presisi.

Kelebihan dari batu bata ekspos yaitu memiliki tekstur lebih halus, padat, dan kuat. Meski begitu, kekurangan bata jenis ini yaitu risiko retak dan menyebabkan debu, ditumbuhi jamur dan lumut, serta dibutuhkan waktu yang lama dalam pemasangan.

6. Bata Batako

Bata batako menjadi salah satu jenis batu bata yang umum kalian jumpai. Bata batako sendiri terbuat dari campuran semen dan pasir yang kemudian dicetak. Kelebihan dari batako ini mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga membuat pemasangan bata ini menjadi lebih cepat dibandingkan jenis batu bata yang lain. Adapun kelebihan lainnya yaitu memiliki sifat yang kedap air sehingga cocok untuk melindungi rumah yang dikelilingi banyak air. Meski begitu, bata batako memiliki kelemahan yaitu kurang cocok digunakan dalam pembangunan tembok rumah di daerah tropis.

Itulah sederet jenis batu bata yang bisa menjadi referensi dalam memilih material untuk hunian kalian. Semoga bermanfaat ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI