7 Efek Samping Mengonsumsi Petai Secara Berlebihan, Salah Satunya Memicu Rematik

Minggu, 18 Oktober 2020 10:33 Penulis: Dita Tamara
7 Efek Samping Mengonsumsi Petai Secara Berlebihan, Salah Satunya Memicu Rematik
Ilustrasi (credit: instgaram.com/herbsencyclopedia)


Kapanlagi Plus - Meski petai mengeluarkan aroma yang tak sedap selesai mengonsumsinya, namun kelezatan petai memang tidak bisa ditolak nih. Petai yang merupakan jenis sayuran ini kerap dinikmati secara mentah sebagai lalap, atau diolah sebagai campuran dalam sayuran. Rasanya yang gurih ini pun membuat petai menjadi makanan favorit kebanyakan orang. Selain itu, petai juga memiliki manfaat bagi tubuh yakni kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah penyakit hipertensi dan diabetes.

Akan tetapi, kalian juga harus berhati-hati. Pasalnya, makanan yang tergolong polong-polongan ini juga mempunyai dampak buruk apabila dikonsumsinya secara berlebihan. Bisa dikatakan mengonsumsi petai secara berlebihan apabila kalian memakannya lebih dari 2 papan sekali makan. Itulah mengapa ada baiknya untuk mengonsumsi petai dalam jumlah sewajarnya saja. Sebab, apabila kelewat batas, hal tersebut dapat memicu penyakit seperti rematik.

Tak hanya itu saja lho, ada sederet penyakit lainnya yang bisa timbul akibat mengonsumsi petai secara berlebihan. Apa saja? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Asam Urat Meningkat

Efek samping mengonsumsi petai secara berlebihan yang pertama yakni dapat menyebabkan asam urat meningkat. Sebab, di dalam petai sendiri terdapat kandungan zat purin. Adanya kandungan dari zat purin tersebut yang sebenarnya menjadi sumber penyebab timbulnya kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat. Apabila kadar asam urat dalam tubuh tinggi, maka tubuh akan mengalami nyeri sendi tak tertahankan. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian mengatur jumlah petai yang dikonsumsi supaya tidak berlebihan.

2. Munculnya Tophi

Efek samping mengonsumsi petai secara berlebihan bisa menyebabkan munculnya tophi. Mungkin bagi sebagian orang awam akan terdengar asing dengan penyakit ini. Tophi sendiri merupakan sebuah benjolan kecil yang memiliki warna putih yang terbentuk akibat penumpukan asam urat di bawah kulit. Apabila kadar asam urat tinggi, maka tophi akan terasa sangat nyeri.

3. Memicu Rematik

Rasa dari petai yang menggoda selera, seringkali seseorang akan merasa ketagihan untuk terus menerus mengonsumsinya. Padahal, mengonsumsi petai dalam jumlah banyak dapat memicu penyakit rematik. Hal ini menyebabkan penderitanya merasakan rasa sakit akibat otot persendian mengalami peradangan dan pembengkakan. Untuk menghindarinya, sesekali kalian bisa mengkombinasikan sajian lalapan lainnya yang tak kalah nikmat.

4. Sakit Kepala

Apakah kalian pernah merasa pusing setelah makan petai? Jika pernah, hal tersebut merupakan efek samping apabila kalian berlebihan mengonsumsi petai. Untuk mengatasinya, kalian hanya perlu untuk menghindari. Sebab jika sudah timbul rasa sakit kepala, biasanya akan timbul juga rasa pusing dan menyebabkan rasa mual hingga muntah.

5. Bau Mulut

Sehabis memakan petai, seseorang akan merasakan efek samping bau mulut. Tak heran, jika banyak orang yang menjauhi petai lantaran bau yang ditimbulkan. Apalagi kalau kalian mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Bau petai inilah yang dapat mengganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

6. Risiko Gangguan Ginjal

Selanjutnya, mengonsumsi petai secara berlebihan mempunyai efek samping meningkatkan risiko timbulnya gangguan pada ginjal. Sebab, petai mengandung kadar asam amino yang tinggi sehingga menyebabkan munculnya masalah kesehatan pada ginjal. Meski petai memiliki bentuk yang kecil, namun ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh.

7. Sakit Perut

Jarang disadari, seseorang bisa saja sakit perut apabila mengonsumsi petai mentah. Apalagi jika kalian mengonsumsi tidak dalam keadaan bersih. Sebab, metai mentah memungkinkan masih terdapat cacing petai dan bakteri. Selain itu, Kandungan karbohidrat kompleks juga dapat membentuk gas di perut yang bisa menimbulkan sensasi tersengat dan kembung.

Itulah sederet efek samping apabila mengonsumsi petai secara berlebihan. Meski terasa lezat di mulut, kalian juga harus memperhatikan kesehatan tubuh untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI