Padahal Tidak Mengantuk, Ini 8 Masalah Kesehatan Apabila Sering Menguap

Sabtu, 17 Oktober 2020 12:55 Penulis: Dita Tamara
Padahal Tidak Mengantuk, Ini 8 Masalah Kesehatan Apabila Sering Menguap
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Selama ini, menguap selalu erat kaitannya dengan mengantuk. Menguap sendiri merupakan hal alami yang terjadi setiap saat. Kegiatan ini seringkali tidak disadari lantaran sudah diatur oleh pusat saraf. Menguap kerap menjadi tanda tubuh yang kelelahan dan membutuhkan istirahat. Namun pada kondisi tertentu, hal ini bisa terjadi akibat beberapa hal lain. Kondisi kesehatan yang kalian miliki juga dapat menjadi penyebab mengapa kalian sering menguap. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari masalah ini.

Seseorang yang menguap terus menerus bisa jadi karena indikasi kesehatan tubuh yang perlu kalian perhatikan. Maka dari itu, kalian juga harus mengetahui penyebab lainnya mengapa keseringan menguap. Nah, apabila kalian menguap lebih dari sekali dalam kurun waktu 1 menit, itu tandanya, kalian sudah mengalami keseringan menguap. Apalagi jika menguap ditandai gejala lainnya seperti pusing dan sesak napas. Lalu, apa saja penyebab sering menguap itu? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Masalah Jantung

Penyebab kesehatan tubuh akibat sering menguap bisa jadi tubuh mengalami masalah jantung. Dalam beberapa kasus, penyebab sering menguap berpotensi disebabkan adanya pendarahan di sekitar jantung, atau bahkan serangan jantung. Untuk itu, kalian harus mulai waspada apabila menguap disertai gejala lainnya seperti mual, pusing, sakit dada, sesak napas, hingga rasa sakit pada tubuh bagian atas.

2. Epilepsi

Epilepsi merupakan salah satu gangguan kesehatan dimana aktivitas saraf di otak terganggu. Akibatnya, orang yang mengalami epilepsi akan menyebabkan kejang. Selain itu, epilepsi juga menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan menguap berlebihan. Hal ini terjadi karena otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat menguap secara berlebihan.

3. Asma

Asma merupakan salah satu gangguan kesehatan dimana saluran udara meradang, sempit, dan membengkak, sehingga menyulitkan bernapas. Perlu kalian ketahui, jika salah satu gejala asma yakni sering menguap.

Mengapa hal ini terjadi? Sebab, menguap bagi penderita asma bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen masuk ke tubuh dan lebih banyak karbon dioksida dikeluarkan. Secara tidak sadar, hal ini merupakan usaha keras bagi penderita asma untuk memperbaiki saluran udara yang menyempit.

4. Penyakit Hati

Ketika kalian menguap beberapa kali namun tidak merasa mengantuk, kemungkinan hal ini bisa terjadi karena kalian memiliki masalah penyakit hati. Menurut beberapa penelitian, mengapa penyakit hati menyebabkan sering menguap, hal ini disebabkan oleh rasa letih yang diakibatkan oleh gagal hati. Ketika hal ini kalian alami, sebaiknya segera memeriksakan diri ke tenaga medis.

5. Stroke

Selanjutnya, masalah kesehatan apabila sering menguap bisa jadi lantaran penyakit stroke. Tak hanya itu, seseorang yang mempunyai riwayat stroke juga berpotensi menguap. Menurut penelitian, menguap melibatkan bagian batang otak atau pangkal otak yang terhubung ke sumsum tulang belakang mengalami peradangan. Kebiasaan sering menguap juga bisa terjadi sebelum maupun sesudah mengalami stroke.

6. Efek Samping Obat-obatan

Konsumsi beberapa obat-obatan tertentu bisa membuat tubuh memberikan efek mengantuk yang menyebabkan sering menguap. Bisa jadi, apabila kalian sering menguap terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan seperti anti depresi. Selain itu, obat-obatan yang sering membuat mengantuk yakni yang mengandung SSRI (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines.

7. Gangguan Tidur

Salah satu masalah lain yang mungkin kalian alami ketika keseringan menguap adalah karena gangguan tidur. Gangguan tidur seperti insomnia yang dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Kelelahan akibat kurang tidur ini lah yang bisa membuat kalian tetap terjaga akan tetapi berulang kali menguap.

8. Sclerosis Multiple

Sclerosis multiple merupakan suatu penyakit saat sistem kekebalan tubuh menggerogoti lapisan pelindung saraf. Akibatnya, seseorang memiliki kecenderungan untuk menguap secara berlebihan. Hal ini disebabkan orang yang menderita ini tidak bisa mengontrol suhu tubuh sendiri, sehingga otomatis menguap menjadi salah satu cara untuk mendinginkan suhu tubuh.

Itulah sederet masalah kesehatan apabila kalian sering menguap. Jadi, kalian perlu waspada apabila kalian terus menerus menguap padahal tubuh tidak mengantuk. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan tenaga medis. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI