7 Makanan Sehat yang Dapat Dikonsumsi Selama New Normal Corona Covid-19

Rabu, 10 Juni 2020 08:22 Penulis: Dhia Amira
7 Makanan Sehat yang Dapat Dikonsumsi Selama New Normal Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini new normal sudah banyak dilakukan oleh beberapa daerah salah satunya ibu kota. Banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan setelah beberapa bulan masyarakat melakukan kegiatan di rumah atau stay at home. Untuk memulai kembali kegiatan yang telah tertunda dengan kondisi saat ini, ada baiknya kita mengonsumsi makanan sehat untuk memberikan stamina serta daya tahan tubuh.

Karena selain membiasakan diri dengan keadaan yang terjadi saat ini, kita juga harus kembali membiasakan diri dengan pekerjaan yang sudah lama tidak kita lakukan. Kadang kita akan mengantuk dan juga mudah lelah karena sudah terbiasa dengan istirahat yang terlalu panjang. Untuk itu agar dapat memberikan semangat, stamina, dan daya tahan tubuh, inilah 7 makanan sehat yang dapat kalian konsumsi selama new normal berlangsung.

 

1. Buah

Makanan sehat pertama yang dapat kalian konsumsi selama new normal yaitu ada buah-buahan. Hampir seluruh manusia mengetahui bahwa buah sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dalam buah terdapat banyak sekali kandungan vitamin yang baik untuk kulit hingga daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan daya tahan tubuh secara alami, kalian bisa mengonsumsi buah secara rutin dengan kandungan vitamin C, vitamin D, vitamin A, vitamin E, dan vitamin B6.

Banyak sekali buah yang mengandung vitamin tersebut. Selain menambah daya tahan tubuh, kalian juga bisa mengonsumsi pisang dan juga alpukat untuk sarapan pagi. Hal ini agar kalian tidak mengantuk saat berada di kantor atau untuk melakukan aktivitas lainnya. Selama ini selalu berada di rumah pasti akan membuat kalian cepat mengantuk serta lelah, dan untuk memulai aktivitas seperti biasa maka kalian bisa menggunakan buah alpukat dan juga pisang sebagai sumber semangat dan energi.

2. Gandum

Makanan sehat selanjutnya untuk melakukan aktivitas selama new normal yaitu gandum. Selain sarapan dengan buah alpukat serta pisang, kalian bisa menambahkan gandum sebagai teman sarapan. Selain dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat dan tahan lama, gandum juga tidak akan membuat kita cepat mengantuk saat akan beraktivitas. Selain itu, rasa kenyang akibat mengonsumsi gandum akan mengurangi kita untuk mencari cemilan saat sedang melakukan aktivitas.

Selama melakukan kegiatan di rumah aja, banyak orang yang mengonsumsi makanan dengan jumlah yang banyak. Dan hal ini akan terbawa ketika kalian mulai melakukan kegiatan saat new normal. Bila kalian banyak mengonsumsi makanan, maka akan cepat lelah dan ngantuk. Tentu saja hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh kalian. Untuk itulah mengapa gandum bisa menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi saat new normal.

3. Telur

Telur menjadi salah satu makanan sehat yang wajib kalian konsumsi saat new normal. Hal tersebut karena kandungan protein yang sangat banyak di dalam telur dapat memberikan kalian energi yang cukup untuk memulai hari. Tak hanya itu saja, kalori yang kecil pada telur tidak akan membuat kalian gemuk serta tidak mudah mengantuk saat akan melakukan aktivitas kalian.

Telur juga memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh sehingga dapat menjadi sumber vitamin yang baik untuk dikonsumsi. Tak hanya itu saja, telur juga dapat menjadi makanan yang bisa memberikan kalian mood baik untuk melakukan berbagai macam aktivitas di luar.

4. Makanan Laut

Makanan sehat selanjutnya yaitu ada makanan laut, dan makanan ini akan sangat cocok untuk menu makan siang. Makanan laut dapat memberikan kita daya tahan tubuh selama menjalani kegiatan new normal. Selain mengonsumsi buah-buahan kalian dapat menjadikan makanan laut salah satu sumber vitamin. Banyak sekali makanan laut yang dapat kita konsumsi seperti ikan, udang, hingga kerang.

Selain itu juga makanan laut dapat memberikan kita suasana hati yang baik loh. Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa makanan laut dapat secara positif menghilangkan depresi dan dapat menjadi obat anti depresi secara alami. Untuk itu, agar mendapatkan mood yang baik selama new normal, kalian dapat menjadikan makanan laut sebagai pilihan makan siang kalian.

5. Sayuran Hijau

Tubuh memang membutuhkan banyak serat, karena itulah mengonsumsi sayuran hijau dapat memperlancar pencernaan. Selain itu sayuran hijau juga menjadi salah satu makanan sehat yang wajib kita konsumsi selama menjalankan aktivitas di saat new normal. Sayuran hijau juga dapat memberikan kalian energi lebih untuk menjalani aktivitas pada saat ini.

Hal tersebut karena di dalam sayuran hijau terdapat zat besi dan juga serat untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dan dalam hal ini oksigen dalam diri kalian pun meningkat, serta secara otomatis akan memberikan stamina di dalam tubuh. Selain itu dalam sayuran hijau terdapat banyak sekali vitamin, sehingga dapat memperkuat sistem imun. Kalian bisa mengonsumsi sayuran hijau bersama dengan hidangan laut saat akan makan siang.

6. Yoghurt

Makanan sehat selanjutnya yang dapat kalian konsumsi saat akan melakukan aktivitas di kala new normal yaitu ada yoghurt. Hal ini karena di dalam yoghurt memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti memperlancar pencernaan, memberikan protein untuk tubuh, sumber mineral, sumber vitamin, dan dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Semua hal tersebut memang sangat dibutuhkan untuk tubuh dan juga sistem imun.

Kalian bisa menjadikan yoghurt sebagai makanan saat pagi hari, setelah makan siang, atau malam hari. Kalian bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung, dibuat jus, atau dicampurkan dengan buah-buahan.

7. Jamur

Dan makanan sehat yang terakhir yaitu ada jamur. Bila kalian alergi jamur, tidak disarankan makan ini ya KLovers, kalian bisa mengonsumsi makanan yang lainnya. Jamur bisa kalian jadikan menu makan siang pengganti ikan ataupun telur. Cara mengolah jamur juga cukup mudah, bisa kalian tumis, menjadi campuran sop tahu, atau goreng crispy. Jamur memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh, itulah mengapa jamur dipilih sebagai makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperkuat sistem imun.

Karena di dalam jamur terdapat antioksidan yang tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh. tak hanya itu saja, jamur juga memiliki banyak vitamin seperti B dan juga D, serta mengandung banyak sekali serat yang membuat kita cepat kenyang.

Itulah 7 makanan sehat yang dapat kalian konsumsi saat new normal untuk memperkuat sistem imun di dalam tubuh. Tidak perlu takut untuk menjalani aktivitas kembali di situasi saat ini, kalian bisa melindungi diri dengan menjaga kebersihan, menggunakan masker, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI