4 Fakta Seputar Telur yang Perlu Diketahui, Ternyata Kuningnya Tidak Tinggi Kolesterol

Selasa, 09 Juni 2020 15:33 Penulis: Dhia Amira
4 Fakta Seputar Telur yang Perlu Diketahui, Ternyata Kuningnya Tidak Tinggi Kolesterol
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Telur merupakan salah satu makanan dari hewani yang tinggi dengan protein. Biasanya telur yang banyak dikonsumsi berasal dari jenis unggas seperti burung, ayam, bebek, dan juga angsa. Walaupun banyak juga yang gemar mengonsumsi telur ikan, tetapi telur ikan lebih kecil dari pada telur dari unggas dan terkadang menjadi salah satu campuran dalam hidangan. Telur unggas memiliki cangkang yang bulat dan juga lumayan rapuh. Cangkang telur memiliki warna berbeda-beda ada warna putih, coklat, hingga biru.

Gizi pada satu butir telur sangatlah banyak, seperti lemak jenuh, lemak tak jenuh, natrium, kalium, karbohidrat, protein, vitamin A, kalsium, vitamin D, serat vitamin B12. Manfaat telur mamang beragam, namun banyak yang mengatakan bahwa telur dapat menyebabkan kolesterol apalagi bila mengonsumsi kuningnya saja, tapi fakta telur yang sebenarnya tidak seperti itu loh KLovers.

Daripada salah memperkirakan apakah benar telur dapat menyebabkan kolesterol, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah fakta fakta telur yang sebenarnya yang wajib kamu ketahui.

 

1. Tinggi Akan Kolesterol

Fakta telur yang pertama yaitu, apakah telur atau kuning telur tinggi akan kolesterol dan dapat langsung membuat kolesterol dalam tubuh meningkat? Jawabannya tidak. Karena setelah mengonsumsi telur tidak langsung berdampak akan meninggikan kolesterol di dalam tubuh. Dalam satu butir telur terdapat 185 miligram kolesterol, sedangkan kolesterol yang dibutuhkan tubuh standarnya adalah 300 miligram, dan standar ini merupakan standar baik yang harus kita konsumsi untuk memberikan kolesterol di dalam tubuh.

Walaupun banyak yang mengira bahwa kolesterol memiliki pandangan buruk, nyatanya kolesterol juga memiliki fungsi yang penting bagi tubuh kita loh. Dan salah satunya yaitu untuk melindungi sel di dalam tubuh dari berbagai macam zat asing seperti virus serta bakteri. Kolesterol juga berfungsi untuk membantu produksi hormon steroid seperti testosteron, estrogen dan kortisol. Untuk itu, tak ada salahnya mengonsumsi telur dalam jumlah normal. Tetapi bila kalian memiliki kolesterol tinggi, maka disarankan untuk berkonsultasi pada dokter berapa takaran jumlah telur yang aman untuk kalian konsumsi.

2. Lebih Baik Makan Putih Telurnya?

Banyak yang mengira bahwa putih telur lebih baik dari segala hal dibanding dengan kuning telur. Mereka percaya bahwa seseorang yang memiliki kolesterol tinggi hanya boleh mengonsumsi putih telur saja. Lalu ada yang percaya bahwa putih telur baik dalam membentuk otot. Fakta telur yang sebenarnya, walaupun protein di dalam putih telur lebih besar tetapi kuning telur memiliki lebih banyak zat, seperti zat besi, folat, vitamin A, vitamin B12, luteain, dan zeaxhanthin.

Di dalam 1 butir telur hanya memiliki kalori sebesar 71 kalori dan bila kuningnya kalian buang, maka kalian hanya mengonsumsi 15 kalori saja. Itulah mengapa kuning telur juga dapat membantu pembentukan otot tubuh lebih baik dibandingkan putih telur. Jadi kalian tak perlu takut untuk mengonsumsi keduanya. Kalian bisa mengonsumsi satu butir telur utuh bersama dengan 2 butir telur hanya dengan putihnya. Selain rendah kalori, dapat memberikan banyak vitamin, protein dan juga rasa kenyang lebih lama.

3. Pemicu Jantung Koroner

Banyak yang mengira bahwa, bila mengonsumsi telur dapat memicu adanya jantung koroner. Hal tersebut karena telur memiliki kolesterol yang tinggi dan kolesterol akan dapat memicu adanya penyakit jantung. Tetapi faktanya salah ya KLovers, karena risiko jantung koroner bisa terjadi akibat faktor genetik atau keturunan. Bukan itu saja, pola hidup yang tidak baik serta jarang berolahraga merupakan salah satu faktor besar terjadinya penyakit jantung. Karena pada dasarnya telur, bahkan kuning telur dapat melindungi kita dari penyakit jantung.

Bahkan seseorang yang mengonsumsi satu butir telur berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan juga stroke. Hal tersebut karena, di dalam telur terdapat kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu kandungan kolin pada kuning telur juga dapat mengatur fungsi kardiovaskular, agar kerja jantung lebih baik. Lalu fakta telur lainnya yaitu diungkapkan oleh studi oleh University of North Carolina di Chapel Hill yang menemukan bahwa wanita dengan asupan kolin lebih tinggi memiliki risiko lebih kecil terkena kanker payudara.

4. Membantu Fungsi Mata

Banyak dari orang tua akan menghindar dari mengonsumsi telur, tetapi ternyata salah ya KLovers. Fakta telur yang sebenarnya adalah, kuning telur berfungsi baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut karena di dalam kuning telur terdapat kandungan karotenoid lutein dan zeaxanthin, dan zat ini bertanggung jawab terhadap kesehatan pada mata. Tak hanya itu saja, zat tersebut dapat mengurangi risiko penyakit pada orang tua seperti degenerasi makula dan katarak. Lalu zat karotenoid ini juga dapat menjadi antioksidan pada mata sehingga dapat melindungi retina mata dari zat-zat yang dapat merusak mata serta pandangan.

Untuk itulah tak ada salahnya mengonsumsi telur bagi orang tua, selagi jumlah yang dikonsumsi sesuai dan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan juga tidak akan baik.

Itulah fakta telur yang sebenarnya yang wajib kalian ketahui. Walaupun banyak yang menjadi mitos serta dianggap kurang baik bagi tubuh, nyata kuning telur sangat baik untuk tubuh serta kesehatan. Jadi jangan takut untuk mengonsumsi kuning telur ya KLovers.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI