Tips Olahraga di Luar Ruangan Selama New Normal, Agar Tetap Sehat dari Virus Corona Covid-19

Selasa, 09 Juni 2020 08:22 Penulis: Puput Saputro
Tips Olahraga di Luar Ruangan Selama New Normal, Agar Tetap Sehat dari Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - New normal akan membuat masyarakat kembali bisa beraktivitas di luar rumah, termasuk olahraga. Terlebih, belakangan olahraga luar ruangan seperti bersepeda dan jogging sedang banyak digemari. Dengan diberlakukannya new normal, orang-orang jadi lebih bebas untuk menjalankan olahraga tersebut. Meski begitu, ada sejumlah tips olahraga luar ruangan selama new normal agar tetap aman.

Menjaga kesehatan di tengah situasi pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini adalah suatu hal yang penting. Sebab, kondisi tubuh yang prima akan membuat kita lebih terhindar dari tertular virus corona covid-19. Agar tetap aman, olahraga di luar ruangan selama new normal harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Berikut beberapa protokol kesehatan dan tips olahraga di luar ruangan selama new normal.

1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan diri jadi hal pokok dalam menjalani berbagai aktivitas di masa new normal. Sejak adanya pandemi virus corona covid-19, kita sudah dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri, dengan lebih rajin cuci tangan. Begitu pula saat berolahraga, pastikan kalian menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.

Selain menjaga kebersihan diri, sebaiknya kalian juga memastikan kebersihan peralatan olahraga yang dipakai. Salah satunya bisa dilakukan dengan menyemprotkan disinfektan ke peralatan olahraga yang akan dipakai. Siapkan pula handuk untuk lap keringat sendiri. Pastikan handuk yang akan kalian pakai tersebut juga sudah dicuci bersih dan steril.

2. Gunakan Masker

Untuk mencegah penularan virus corona covid-19, selama ini kita juga disarankan untuk senantiasa memakai masker. Masker selama ini memang terbukti bisa mencegah penularan virus corona covid-19, sebab masker yang dipakai akan menahan terjadinya droplet.

Selain itu, pemakaian masker juga akan mencegah kita untuk menyentuh area wajah. Dengan begitu, risiko penularan virus corona covid-19 saat olahraga di luar selama new normal akan lebih kecil. Itulah sebabnya, mengapa memakai masker termasuk dalam tips olahraga di luar ruangan selama new normal.

3. Lakukan Olahraga Sendiri atau Berkelompok Sekecil Mungkin

Untuk menghindari risiko penularan virus corona covid-19, selama masa new normal sebaiknya hindari kerumunan, termasuk saat berolahraga. Artinya, selama new normal sebaiknya olahraga luar ruang dilakukan sendiri. Atau jika memang harus berkelompok, sebaiknya dilakukan dalam kelompok sekecil mungkin. 

4. Tetap Terapkan Jaga Jarak

Tips olahraga di luar ruangan saat new normal berikutnya adalah dengan tetap jaga jarak. Termasuk dengan teman atau keluarga yang berolahraga bersama. Di samping itu, sebaiknya saat melakukan olahraga di luar, pilihlah tempat olahraga yang sepi dan jauh dari kerumunan. Hindari memilih tempat olahraga yang ramai dan banyak orang berlalu-lalang. 

5. Membawa Bekal Air Putih

Tips olahraga di luar ruangan yang kelima adalah membawa bekal air putih. Air putih juga sangat disarankan untuk diminum setiap kali setelah berolahraga. Tidak hanya menyegarkan, air putih juga terbukti bisa menyehatkan tubuh dan mencegah dehidrasi. Jadi, untuk mendapatkan manfaat air putih tersebut, ada baiknya kalian membawa bekal air putih dari putih dari rumah.

Membawa bekal air putih yang cukup juga akan menghindarkan kalian dari kontak dengan orang lain saat membeli minuman. Sehingga, membawa air putih saat olahraga selama new normal tidak hanya akan menyehatkan, tapi juga bisa lebih menghindarkan kita dari virus corona covid-19.

6. Setelah Berolahraga

Setelah selesai berolahraga, sebaiknya kalian segera kembali ke rumah, melepas pakaian, kemudian mandi. Jangan lupa untuk segera mencuci pakaian yang sudah digunakan berolahraga.

Itulah beberapa tips olahraga di luar rumah selama new normal. Kalian bisa ikuti tips-tips di atas agar lebih terhindar dari penularan virus corona covid-19. Tapi ingat, selain berolahraga agar tubuh tetap sehat juga dibutuhkan asupan gizi yang seimbang.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI