Cepat Berjamur, Ini 5 Cara Menyimpan Roti Tawar yang Baik Agar Lebih Tahan Lama

Minggu, 09 Agustus 2020 12:22 Penulis: Dhia Amira
Cepat Berjamur, Ini 5 Cara Menyimpan Roti Tawar yang Baik Agar Lebih Tahan Lama
Cara menyimpan roti (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Siapa yang di sini sangat suka dengan roti? Bila kalian suka dengan roti, maka mungkin cara ini akan sangat bermanfaat. Yup! ada loh cara menyimpan roti tawar yang praktis agar tidak mudah berjamur.

Biasanya roti tawar akan berjamur sebelum atau sudah mendekati masa waktu kadaluwarsa. Sebenarnya cara-cara ini digunakan agar roti tawar bertahan sedikit lebih lama dan masih layak untuk dikonsumsi.

Kira-kira apa saja ya caranya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 cara menyimpan roti tawar yang baik, agar bertahan sedikit lebih lama. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Alumunium Foil

Cara menyimpan roti tawar yang pertama yaitu dengan menggunakan alumunium foil. Hal ini karena alumunium foil dapat tetap terus memberikan kelembapan pada roti dan tidak membuat roti menjadi keras.

Selain itu alumunium foil juga tetap membuat roti tetap kering sehingga tidak mudah berjamur. Dan kalian bisa meletakkan roti dalam suhu ruangan dengan aman, serta tidak membuat keras maupun kering.

2. Plastik Hampa Udara

Cara menyimpan roti tawar yang kedua yaitu dengan menggunakan plastik hampa udara. Hal ini karena udara dapat menjadi salah satu alasan roti cepat rusak dan mudah berjamur. Pasalnya partikel udara kecil dapat tumbuh di pori-pori roti dan membuat roti berjamur.

Untuk menghindari hal tersebut kalian bisa menggunakan plastik yang dapat ditutup dengan kuat. Kalian juga bisa menghisap udara pada plastik tersebut menggunakan sedotan agar udara dalam plastik menghilang. Hal ini juga menjadi sebuah cara mengemas roti secara praktis bila kalian tidak memiliki mesin press.

3. Simpan Pada Suhu Ruangan

Kemudian cara menyimpan roti tawar selanjutnya yaitu, dengan menyimpan pada suhu ruangan. Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh kalian yang sering menyimpan roti dalam sebuah tempat dengan suhu ruangan. Biasanya roti akan disimpan pada sebuah lemari atau sebagainya.

Tapi jangan lupa, pastikan bahwa ruangan dalam lemari tersebut berada sekitar 20 derajat celcius, atau 68 derajat fahrenheit. Bila kalian melakukan hal ini makan roti akan bertahan hingga 2 hari ke depan.

4. Lemari Pembeku

Bila kalian ingin membuat roti tawar bertahan beberapa hari atau lebih dari 2 hari, maka dapat kalian simpan dalam lemari pembeku. Sama seperti makanan lainnya, roti juga bisa bertahan antara 7 hingga 14 hari dengan kondisi yang masih baik saat akan dikonsumsi.

Tetapi perlu diingat bahwa sebelum menyimpan roti dalam lemari pembeku, kalian bisa memotong roti terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar udara di dalam roti tidak tersimpan terlalu banyak dalam keadaan yang masih utuh dan besar.

Setelah dipotong, kalian bisa memasukkan roti tersebut ke dalam sebuah kantong plastik biasa. Bila ada kertasnya, maka kertas pada roti tersebut dapat dibuang saja. Kemudian roti dapat kalian masukkan ke microwave atau dibuat toast bila ingin dikonsumsi.

5. Wadah Roti

Dan cara menyimpan roti tawar yang terakhir yaitu dengan menyimpan pada wadah roti. Wadah roti memang dibuat agar roti dapat bertahan lama dan juga tetap dalam kondisi yang lembut. Bila kalian pecinta roti maka kalian pasti memiliki wadah ini di rumah.

Dan pastikan untuk kalian menggunakan wadah ini agar roti yang kalian beli dapat bertahan lama, setidaknya 3 hingga 4 hari. Dan pastikan wadah roti tertutup dengan rapat setelah dikonsumsi ya, karena udara dapat merusak roti bila wadah roti dibiarkan terbuka.

6. Hindari Hal Ini

Perlu diingat bahwa roti tidak akan bertahan bila dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini karena proses pembekuan yang setengah-setengah akan membuat roti cepat lembab dan mudah rusak karena jamur. Jadi bila ingin disimpan langsung saja di lemari pembeku atau freezer.

Kemudian jangan biarkan roti dibungkus menggunakan kertas begitu saja ya KLovers. Buang kertas pembungkus pada roti tersebut, dan masukkan roti di dalam plastik. Karena kertas dapat membuat udara mudah untuk masuk dan membuat roti menjadi keras. Jadi lebih aman dimasukkan ke dalam plastik, sehingga roti tetap lembut dan tidak mudah berjamur.

Dan yang terakhir jangan masukkan roti ke dalam kantung kain, karena kantung kain juga sangat mudah untuk masuk udara. Serta dapat menyebabkan roti menjadi keras, kemudian berjamur.

Itulah 5 cara menyimpan roti tawar yang baik dan juga benar. Cara di atas dapat membuat roti bertahan lebih lama. Selain itu, cara menyimpan roti ini juga dapat mempengaruhi kondisi roti tetap lembut atau keras.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI