8 Cara Ampuh Basmi Tikus di Rumah, Pakai Bahan Alami dan Praktis

Jum'at, 10 Juli 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Cara Ampuh Basmi Tikus di Rumah, Pakai Bahan Alami dan Praktis
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Tikus menjadi hewan pengerat yang keberadaannya cukup mengganggu apabila terdapat di sekitar rumah. Sebab seringnya tikus berada di lokasi kotor membuatnya identik dengan hewan pembawa kuman penyakit. Sehingga banyak orang kerap melakukan berbagai cara membasmi tikus di rumah agar terbebas dari gangguan tikus tersebut.

Tikus merupakan golongan hewan pengerat yang sering dijumpai hidup pada lingkungan kotor dan lembab. Biasanya tikus memang cukup banyak ditemukan di sawah ataupun gorong-gorong. Namun tidak menuntut kemungkinan tikus juga sering ditemukan di rumah penduduk.

Keberadaan tikus di rumah tentunya sangat tidak diharapkan oleh banyak orang. Kondisi inilah yang membuat mereka melakukan cara membasmi tikus di rumah dengan berbagai macam cara. Sebab, tikus bukan saja dapat membawa kuman penyakit apabila sudah mengontaminasi makanan, melainkan dapat merusak sejumlah fasilitas rumah tangga seperti kabel listrik hingga pakaian.

Hampir tiap rumah dapat dijumpai hewan pengerat ini yang biasanya menyukai tempat lembab seperti Gudang, dapur, tempat sampah dan saluran air. Tentunya mengetahui cara membasmi tikus di rumah perlu dilakukan agar terbebas dari gangguan tikus.

Lalu bagaimana cara membasmi tikus di rumah?

Adapun cara membasmi tikus di rumah dapat dilakukan dengan bahan alami seperti terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. cara membasmi tikus dengan bahan alami ini terbilang sangat praktis dan ampuh mengusir tikus di rumah. berikut cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami, praktis dan ampuh bersumber dari lvpest.com, how-to-get-rid-of-mice.com.

 

1. Kulit Durian

Cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami salah satunya bisa menggunakan kulit durian. Dimana aroma durian tersebut rupanya tak disukai oleh tikus. Cara membasmi tikus dengan kulit durian ini terbilang praktis dilakukan. Adapun caranya seperti beberapa Langkah di bawah ini:

- Siapkan durian lalu ambil kulitnya saja.

- Potong kulit durian dalam beberapa bagian.

- Letakkan kulit durian tersebut pada tempat-tempat yang sering dilewati tikus atau menjadi sarang tempat tinggal tikus.

- Aroma durian yang menyengat ini ampuh membasmi tikus di rumah agar terbebas dari gangguannya.

2. Gunakan Minyak Peppermint

Dimana aroma minyak ini rupanya tak disukai oleh tikus. Sehingga minyak peppermint bisa menjadi pilihan tepat untuk membasmi tikus di rumah dengan praktis dan ampuh. Adapun cara menggunakannya cukup mudah yakni sebagai berikut:

- Siapkan minyak peppermint dan kapas secukupnya.

- Lalu celupkan kapas ke dalam minyak peppermint tersebut.

- Tempatkan kapas yang sudah dilumuri minyak peppermint pada tempat yang sering dilewati tikus atau menjadi sarang tempat tinggal tikus.

3. Cuka Sari Apel

Cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami juga bisa mencampurkan cuka sari apel dengan air. Cuka sari apel ini digunakan dengan cara menyemprotkan ke sudut tempat yang sering dilewati tikus ataupun diperkirakan menjadi sarang tikus. Cara menggunakan cuka sari apel untuk membasmi tikus terdapat dalam beberapa Langkah di bawah ini:

- Siapkan cuka sari apel dan air secukupnya.

- Campurkan kedua bahan tersebut.

- Masukkan ke dalam botol penyemprot.

- Lalu semprotkan campuran tersebut pada sudut atau titik akses tikus di rumah.

- Lakukan secara rutin hingga tikus benar-benar hilang.

4. Bubuk Cabai

Bubuk cabai juga termasuk salah satu bahan yang tak disukai oleh tikus. Sehingga bubuk ini dapat digunakan sebagai cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami. Cara menggunakan bubuk cabai terbilang mudah yakni sebagai berikut:

- Siapkan bubuk cabai, air, dan detergen.

- Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk sampai rata.

- Masukkan dalam botol semprot.

- Semprotkan campuran tersebut pada sudut tempat yang sering dilewati tikus atau menyemprotkan langsung pada tubuh tikus.

- Larutan cabai dan detergen dapat membuat tubuh tikus merasa panas dan ampuh membasminya.

5. Bawang

Cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami selanjutnya juga bisa memakai bawang sebagai pilihan lainnya. Sebab tikus tak menyukai aroma menyengat bawang hingga membuat tikus enggan untuk mendekat. Adapun cara menggunakan bawang untuk membasmi tikus sebagai berikut:

- Siapkan bawang lalu iris menjadi beberapa bagian.

- Lalu tempatkan irisan bawang tersebut pada sudut tempat yang sering dilewati tikus atau menjadi sarang tikus.

- Pastikan untuk selalu mengganti bawang tersebut apabila sudah terlihat kering dan layu agar efektif membasmi tikus di rumah.

6. Lada Bubuk

Lada bubuk tergolong bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan sebagai cara membasmi tikus di rumah. sama seperti aroma cabai dan bawang, lada bubuk juga miliki aroma menyengat yang tak disukai tikus. Sehingga lada bubuk cocok digunakan untuk membasmi tikus di rumah.

Cara menggunakan lada ini cukup dengan meletakkannya di tempat yang sering dilewati tikus ataupun sarang tikus. Tikus akan pergi setelah mencium aroma menyengat dari lada bubuk.

7. Kantung Teh

Kantung teh dapat digunakan sebagai cara membasmi tikus di rumah dengan praktis dan ampuh. Sebab aroma teh tersebut sama halnya dengan peppermint yang tak disukai oleh tikus.

Cara menggunakan kantung teh ini cukup mudah yakni dengan meletakkan kantung teh di beberapa sudut tempat yang sering dilewati tikus. Aroma kantung teh tersebut bisa mengacaukan indra penciuman tikus sehingga akan langsung pergi.

8. Baking Soda

Mencampurkan makanan dengan baking soda diyakini bisa efektif membasmi tikus. Sebab baking soda ini dapat membuat perut tikus menggembung akibat reaksi gas dari baking soda. Saat tikus memakan makanan yang telah dicampurkan baking soda otomatis tikus akan menahan gas sebelum akhirnya mati.

Nah itulah 8 cara membasmi tikus di rumah pakai bahan alami praktis dan ampuh. Namun untuk benar-benar dapat membasmi tikus secara ampuh di rumah lainnya juga perlu melakukan beberapa Langkah pendukung lainnya seperti menjaga kebersihan, menutup lubang saluran air dengan wol baja, dan menyimpan makanan pada tempat tertutup agar aman.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI