8 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Puasa Ramadhan

Selasa, 19 Mei 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Puasa Ramadhan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Meskipun kerap diremehkan, perut kembung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup mengganggu kenyamanan beraktivitas. Bahkan, perut kembung juga sering menyerang saat puasa dengan gejala yang dialami adalah sendawa, buang air terus-menerus, dan rasa bergejolak di perut. Cara mengatasi perut kembung saat puasa menjadi langkah yang efektif untuk melakukan penanganan. Sebab, jika tidak di atasi, kerap kali perut kembung menjadi pemicu masalah kesehatan lainnya.

Sebagian besar penyebab perut kembung adalah karena faktor konsumsi makanan dan minuman. Apalagi, saat pusa Ramadan, harus selalu peduli dengan asupan makanan yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi kalian untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat buka puasa maupun sahur. Agar, saat menjalankan ibadah puasa, membuat perut tidak merasakan penuh dan sesak, yang menimbulkan rasa tak nyaman. Ada beberapa cara mengatasi perut kembung saat puasa. Lakukan tips berikut ini agar terhindar dari perut kembung dan puasa menjadi lancar.

 

1. Hindarilah Makanan Mengandung Gas

Untuk mencegah perut kembung saat puasa, ada baiknya kalian menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung gas pada saat sahur. Makanan yang mengandung gas diantaranya kacang-kacangan, kubis, buncis, cumi serta kopi. Sebab, beberapa makanan ini mempunyai kandungan gas yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan yang mengandung gas dapat menyebabkan perut terasa penuh dan menyebabkan kembung.

2. Hindari Susu dan Produk Olahan

Susu bagus bagi tubuh dan juga salah satu makanan yang direkomendasikan saat berbuka puasa dan makan sahur. Namun, jika kalian mempunyai masalah ketidakmampuan untuk sepenuhnya mencerna gula atau yang sering disebut (intoleransi laktosa) dalam produk susu, maka hal ini akan menjadi pemicu kalian mengalami mual dan perut kembung. Oleh sebabnya, tidak dianjurkan minum susu dan juga produk olahannya setelah berbuka puasa atau pun makan sahur bagi kalian yang memiliki masalah pencernaan.

3. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang dikonsumsi saat sahur sering kali menjadi alternatif saat malas memasak di pagi hari. Meskipun terbilang praktis, namun tidak disarankan mengonsumsi makanan cepat saji pada waktu sahur dan berbuka puasa. Mengapa demikian? Karena makanan cepat saji seperti nugget, sosis, dan lainnya memiliki kandungan garam yang lebih tinggi. Sodium yang terdapat pada garam bisa mengikat garam yang ada di perut dan memicu terjadinya perut kembung.

4. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Memenuhi asupan cairan tubuh sangat penting dilakukan guna menjaga diri agar tetap sehat selama berpuasa. Selain itu, asupan cairan tubuh dapat mengatasi perut kembung karena terbatasnya asupan air yang masuk ke tubuh kamu. Kalian bisa melakukan dengan mengatur pembagian minum setiap harinya yaitu dengan dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur dapat membantu mengatasi terjadinya perut kembung saat puasa.

 

5. Kelola Stres

Selanjutnya, cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan mengelola stres. Kondisi pikiran dan mental dapat memicu sistem kerja pencernaan dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan akan bekerja lebih keras dari biasanya. Selain itu, kondisi stres biasanya akan menyebabkan pernapasan menjadi tidak teratur. Hal ini kemudian berdampak pada penumpukan gas di dalam perut dan menyebabkan kembung. Untuk itu, tetap jaga pikiran terus berpikir positif agar puasa tetap lancar.

6. Konsumsi Buah Strawberry

Mengatasi perut kembung saat puasa bisa dilakukan dengan hal yang sederhana yaitu memakan buah strawberry. Buah berwarna merah yang satu ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung saat puasa. Ada baiknya kalian mengonsumsi buah strawberry 4 hingga 6 buah setelah makan sahur. Hal tersebut dipercaya dapat mengatasi perut kembung selama puasa.

7. Jangan Berbaring Setelah Makan

Banyak orang yang mengetahui larangan berbaring setelah makan. Namun, sering kali hal tersebut masih dilakukan beberapa orang setelah santap sahur. Padahal, hal tersebut bisa memicu perut menjadi kembung. Oleh sebabnya, hindari berbaring ataupun tidur setelah  sahur maupun berbuka. Ada baiknya memberikan jeda selama 1-2 jam untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi sudah dicerna dengan baik.

8. Kurangi Makanan atau Minuman Manis

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya yakni kurangi makanan atau minuman manis. Hal ini karena makanan dan minuman manis, baik yang menggunakan pemanis buatan ataupun pemanis alami, merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jika kalian kerap mengalami perut kembung saat puasa dan gemar mengonsumsi makanan manis saat berbuka, sebaiknya mulai dihindari.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung saat puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI