8 Jenis Kamera Beserta Fungsinya, Kenali Sebelum Membeli

Senin, 11 Januari 2021 13:33 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Kamera Beserta Fungsinya, Kenali Sebelum Membeli
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Di jaman yang serba modern ini, kecanggihan teknologi seperti kamera semakin memudahkan seseorang untuk mengabadikan setiap momennya terutama bagi kalian pecinta fotografi. Bahkan, semakin banyak pula berbagai jenis kamera sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Pada dasarnya, kamera sendiri merupakan perlengkapan yang dapat mengabadikan suatu obyek menjadi sebuah gambar.

Perlu kalian ketahui pula jika ada beragam jenis kamera di dunia ini. Mengetahui jenis kamera pun menjadi penting bagi kalian yang berkeinginan untuk membeli kamera. Bagi sebagian orang awam pasti tahunya cuma kamera digital dan DSLR/SLR, dan juga kamera analog. Padahal kalau kalian telusuri lagi, ada beragam jenis kamara yang mempunyai fungsi berbeda-beda. Supaya tidak bingung untuk membeli, berikut ini jenis kamera beserta fungsinya.

 

 

1. Jenis Kamera DSLR

Jenis kamera pertama yang paling banyak diminati yaitu kamera Digital Single Lens Refrex (DSLR). Jenis kamera ini sangat populer lantaran memiliki kualitas gambar yang baik sehingga menjadikan kamera jenis ini sangat laku di pasaran. Tak hanya itu saja, kamera DSLR juga sangat terkenal dengan fleksibilitasnya, sehingga dapat ditukar-tukar sesuai kebutuhannya. Selain itu, kelebihan dari kamera DSLR yaitu fleksibel dalam penggunaan, kualitas gambar yang memuaskan, mudah untuk diupgrade, dan sangat mumpuni untuk fotografi.

 

 

2. Compact Camera

Compact camera atau yang sering digunakan kamera saku ini masih banyak dicari meskipun sudah banyak kamera digital. Kelebihan dari kamera jenis ini yaitu mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, jenis kamera ini juga telah diprogram secara otomatis, sehingga memudahkan bagi pengguna awam.

 

 

3. Kamera Mirrorless

Selanjutnya, jenis kamera yang perlu kalian ketahui yaitu kamera mirrorless. Dibandingkan dengan kamera DSLR, jenis kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, kalian nggak perlu khawatir tentang kualitasnya. Diketahui jenis kamera ini memiliki kemampuan yang dapat disetarakan dengan DSLR level middle-end.

Adapun kelebihan dari kamera jenis mirrorless yaitu lensanya dapat dilepas sehingga sangat mudah menyesuaikan kebutuhan saat sesi pengambilan gambar. Selain itu, kamera mirorless juga menampilkan gambaran yang lebih akurat mengenai foto yang dihasilkan.

 

 

4. Jenis Kamera Bridge

Jenis kamera Digital Prosumer atau disebut juga Bridge CDC (Compact Digital Camera) juga menjadi salah satu jenis kamera yang banyak diidolakan. Kamera ini berfungsi untuk menjembatani pengguna kamera saku untuk mendapatkan fitur dan kualitas foto yang baik.

Ciri dari kamera bridge sendiri memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, serta memiliki kemampuan mengambil foto dan video yang stabil. Selain itu, apabila kalian berniat membeli kamera ini, mempunyai kelebihan yang ringan dan body yang sedikit lebih kecil. Selain itu, harga dari kamera ini lebih murah dibandingkan dengan kamera DSLR.

 

 

5. Jenis Kamera Analog

Bagi sebagian orang, tentu sudah tidak asing lagi dengan kamera analog. Ya, kamera ini diketahui jenis kamera yang sudah berumur. Namun, di serba jaman yang serba modern ini, justru banyak orang yang gemar dan mencari kamera untuk dibeli. Pasalnya, kamera ini memiliki hasil foto yang unik dan memberikan kesan vintage. Kamera ini menggunakan rol film untuk memotret gambar. Kamera film 135 (35mm, full frame) merupakan yang paling umum digunakan dan memiliki ukuran body yang lebih kecil dibanding kamera film lainnya.

 

 

6. Kamera Aksi (Action)

Selanjutnya bagi kalian anak muda yang memiliki hobi nge-vlog ada baiknya untuk membeli kamera aksi. Jenis kamera ini memang sangat digandrungi dikalangan anak muda untuk merekam video ketimbang foto. Ciri dari kamera saku ini bisa dipasang di atas kendaraan atau di atas helm. Kualitas gambar yang dihasilkan sudah masuk dalam level High Definition yang tajam. Selain itu, adanya fitur image stabilization membuat kamera ini menghasilkan gambar yang nyaris tanpa goncangan lho.

 

 

7. Kamera Polaroid

Kamera polaroid menjadi salah satu kamera yang sudah banyak dikenal oleh kalangan anak muda. Hal ini lantaran kamera ini mempunyai kemampuan dapat mencetak foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan sebagai film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan sebagai film polacolor. Belum lagi desain dan model yang unik dari kamera ini membuat jenis kamera polaroid banyak dicari di pasaran.

 

 

8. Jenis Kamera Butik (Boutique Camera)

Boutique camera merupakan jenis kamera yang identik mempunyai body yang tidak besar dari kamera saku. Meski bentuknya ringkas, kamera butik punya sensor fullframe yang bahkan melebihi kemampuan DSLR. Kamera butik sendiri memiliki harga dan lensa yang terbilang mahal. Adapun kelebihan dari jenis kamera ini yaitu memiliki kualitas gambar yang sangat baik, stylish, elegan, dan powerfull.


Itulah sederet jenis kamera beserta fungsinya. Sebaiknya, pahami betul fitur kamera sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak salah ketika membeli kamera. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI