8 Makanan Penambah Tinggi Badan, Konsumsi Selagi dalam Masa Pertumbuhan

Rabu, 23 September 2020 14:44 Penulis: Puput Saputro
8 Makanan Penambah Tinggi Badan, Konsumsi Selagi dalam Masa Pertumbuhan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai badan tinggi ideal menjadi dambaan banyak orang. Tinggi badan yang ideal memang membuat penampilan semakin menarik. Selain itu, postur tubuh tinggi juga kerap menjadi syarat untuk sejumlah pekerjaan. Oleh karena itu, banyak orang melakukan berbagai cara agar mempunyai badan tinggi. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi makanan penambah tinggi badan.

Tinggi badan ideal sebenarnya dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, aktivitas fisik seperti olahraga. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi saat masa pertumbuhan, juga diyakini bisa membantu seseorang mendapatkan tinggi badan ideal. Lantas, makanan bergizi apa saja yang berkhasiat bisa menambah tinggi badan?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan penambah tinggi badan.

 

1. Kacang-Kacangan

Protein menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan pertumbuhan. Sebagaimana yang kita tahu, kacang-kacangan seperti kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein.

Dilansir dari healthline.com, kacang-kacangan juga mengandung zat besi dan vitamin B yang juga diperlukan untuk pertumbuhan jaringan. Zat besi juga berkhasiat mencegah anemia defisiensi besi yang dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak.

2. Sayuran Hijau

Selama ini kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran. Bukan tanpa alasan, sebab sayuran memang mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, sayuran-sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kubis dipercaya bisa membantu menambah tinggi badan.

Pasalnya, jenis-jenis sayuran hijau ini kaya akan vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang. Tak hanya itu saja, vitamin K juga berguna untuk mendukung pertumbuhan yang lebih baik dan membantu menambah tinggi badan. Konsumsi jangka panjang, sayuran hijau juga dapat menjaga kesehatan tulang.

3. Daging Ayam

Makanan penambah tinggi badan berikutnya ialah daging ayam. Daging ayam merupakan salah satu jenis makanan yang juga kaya akan protein. Selain itu, daging ayam juga menyimpan banyak nutrisi lain seperti vitamin B12 yang juga berguna mendukung pertumbuhan. Tak hanya itu saja, dalam daging ayam juga terdapat asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

4. Telur

Tidak saja dagingnya, telur ayam ternyata juga menawarkan manfaat yang sama. Telur juga dikenal sebagai salah satu sumber protein yang umum dikonsumsi masyarakat. Telur juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk pertumbuhan.

Salah satu vitamin yang terdapat dalam telur ialah vitamin D. Jenis vitamin ini dipercaya bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalsium jadi salah satu mineral penting untuk kekuatan dan kepadatan tulang.

5. Yogurt

Yogurt selama ini dikenal sebagai salah satu produk olahan susu yang menyehatkan. Yogurt yang mengandung bakteri baik atau probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jadi siapa sangka, ternyata yogurt juga termasuk salah satu makanan penambah tinggi badan?

Sebuah fakta yang tak banyak orang tahu, yogurt juga merupakan sumber mineral seperti termasuk kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Sehingga, yogurt sangat bermanfaat untuk mendukung kekuatan dan kepadatan tulang.

6. Susu

Susu jadi salah satu minuman menyehatkan yang paling dipercaya baik untuk pertumbuhan tulang. Dalam susu terdapat beberapa nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, seperti protein kalsium, fosfor, dan magnesium. Susu sapi menjadi salah satu jenis susu yang paling baik untuk pertumbuhan.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian mengungkap bahwa susu sapi dipercaya dapat merangsang pertumbuhan pada anak-anak, serta dapat mendukung pembentukan otot. Sayangnya, tak sedikit orang yang mengalami alergi susu sapi.

7. Ubi

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya enak, ubi juga sangat menyehatkan. Ubi mengandung banyak vitamin dan juga serat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan serat dalam ubi akan menjaga kesehatan pencernaan. Dengan begitu, proses penyerapan nutrisi dan mineral oleh usus bisa berjalan lebih maksimal dan terjaga. Sehingga, pertumbuhan tubuh juga akan lebih maksimal.

8. Oatmeal

Oatmeal jadi salah satu makanan yang dikenal menyehatkan. Oatmeal sering disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Sebagai makanan sehat, oatmeal mengandung banyak protein serta rendah lemak dan kalori. Artinya, oatmeal akan bisa jadi solusi bagi kalian yang menambah tinggi badan, tanpa harus menambah berat badan. Jadi, jangan ragu untuk memilih oatmeal sebagai salah satu menu sarapan pilihan kalian.

Itulah sederet makanan penambah berat badan. Kalian, yang mendambakan tinggi badan ideal bisa mengonsumsinya. Namun jangan lupa untuk tetap olahraga demi hasil yang lebih maksimal!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI