Meski Sehat, 7 Jenis Sayuran Ini Punya Efek Samping Kurang Baik Jika Dikonsumsi Berlebihan

Rabu, 16 September 2020 09:11 Penulis: Dita Tamara
Meski Sehat, 7 Jenis Sayuran Ini Punya Efek Samping Kurang Baik Jika Dikonsumsi Berlebihan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sudah bukan menjadi rahasia umum jika sayuran merupakan makanan wajib untuk dikonsumsi setiap harinya. Jika kekurangan asupan sayuran, badan akan mudah lesu, hingga mengalami gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, asupan makanan berserat dari sayuran harus terpenuhi untuk memperoleh tenaga yang maksimal. Tubuh memang membutuhkan kandungan nutrisi dan serat di dalamnya guna mendukung kesehatan secara keseluruhan. Sayuran juga kaya akan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan bagi tubuh.

Namun tidak disangka, ternyata ada beberapa jenis sayuran yang memberi dampak negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, sayuran tertentu juga bisa membahayakan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi setiap harinya. Meski sayur tergolong jenis makanan yang sehat, bukan berarti kalian juga bebas mengonsumsinya dalam jumlah yang tak terkendali. Lalu, jenis sayur apa saja yang memiliki efek samping kurang baik apabila dikonsumsi secara berlebihan? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Bayam

Sayuran bayam memang banyak menjadi favorit. Selain rasanya yang lezat, cara memasak bayam pun tergolong mudah. Namun, bagi kalian yang mengonsumsi bayam setiap hari secara berlebihan, tentu hal ini akan mempunyai efek kurang baik bagi kesehatan. Sebab, Bayam mengandung asam oksalat tinggi yang berpotensi mengiritasi lambung hingga berisiko batu ginjal. Meski begitu, bukan berarti kalian harus meninggalkan sayur bayam untuk tidak mengonsumsinya. Sebab, bayam memiliki kandungan zat besi yang sangat diperlukan bagi tubuh.

2. Wortel

Wortel menjadi salah satu sayuran yang digunakan untuk campuran makanan. Wortel juga sayuran yang begitu baik bagi kesehatan lantaran mengandung karoten yang berperan penting saat diet karena mencegah kulit terbakar sinar matahari. Namun, kalian juga harus membatasi mengonsumsi wortel supaya tidak berlebihan. Sebab, kelebihan wortel berakibat pada perubahan warna kulit atau carotenemia pada tubuh. Kondisi medis jenis ini terlihat nyata pada area telinga, kaki dan telapak tangan.

3. Kangkung

Salah satu jenis sayuran hijau yang sangat mudah ditemukan di Indonesia adalah kangkung. Selain rasanya nikmat, kangkung juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan seperti mengatasi anemia, mencegah dehidrasi, mencegah munculnya penyakit kronis, mencegah kerusakan hati, menyehatkan mata, hingga mencegah diabetes. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, kangkung bisa menjadi bahaya bagi kesehatan seperti memicu asam urat, munculnya alergi berupa gatal dan ruam, hingga menyebabkan kantuk lantaran kandungan kalium cukup tinggi yang ada pada kangkung.

4. Jagung

Keberadaan jagung memang menjadi salah satu sayuran favorit bagi sebagian orang. Namun sayangnya, jagung sangat tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi jagung secara berlebihan dapat menimbulkan sensitivitas dan timbulnya alergi. Selain itu, jagung juga punya kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dan susah untuk dicerna. Belum lagi kandungan gula pada jagung yang cukup tinggi dapat meningkatkan gula darah. Perlu kalian ketahui juga, mengoleskan mentega pada jagung juga mempunyai efek buruk bagi kesehatan.

5. Asparagus

Rasa sedap dari asparagus membuat sayuran ini banyak digemari. Namun, rupanya setelah mengonsumsi asparagus akan memiliki efek samping yakni kencing berbau yang begitu menyengat. Bahkan, bau tersebut hanya berselang 15 menit setelah memakan asparagus. Hal ini disebabkan senyawa yang dikenal dengan methanethiol. Sehingga membuat urin kalian menjadi berbau.

6. Lobak

Lobak biasanya kerap menjadi campuran sayur bening dengan cita rasanya yang begitu lezat. Selain itu, lobak juga memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi yang baik bagi kesehatan. namun, lobak salah satu sayuran yang tidak mempunyai nutrisi. Bahkan, apabila mengonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan perut kalian menjadi bermasalah seperti kembung dan membuat tubuh menjadi dehidrasi parah.

7. Selada

Selada merupakan sayuran hijau yang cukup populer. Selada juga banyak disukai lantaran mempunyai rasa yang segar. Tak heran jika selada banyak dikonsumsi sebagai lalapan ataupun dijadikan salad. Namun, ternyata selada juga mempunyai nutrisi yang rendah dibandingkan sayuran lainnya.

Itulah sederet jenis sayuran yang mempunyai efek samping kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, mulai sekarang kalian juga harus membatasinya supaya sayuran yang dimakan tetap pada porsinya. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI